Pengertian Kerja Part Time / Paruh Waktu Meliputi Jenis Pekerjaan Part Time, Keuntungan dan Kekurangan Kerja Part Time

Apa itu kerja part time?

Kerja part time / paruh waktu adalah pekerjaan yang memiliki jam kerja kurang dari 30 -35 jam per minggunya. Beberapa contoh pekerjaan part time seperti penjaga loket tempat rekreasi, pramusaji, bartender dll. Jadi intinya pekerjaan paruh waktu atau part time adalah pekerjaan yang tidak dilakukan secara jam kerja penuh melainkan pekerjaan yang memiliki jam kerja kurang dari 30-35 jam kerja tiap minggunya.



Jenis Pekerjaan Part Time

Hampir semua pekerjaan memiliki jalur part time yang dibuka untuk memenuhi kebutuhan. Kamu bisa mencari sesuai dengan kemampuan atau mencoba hal-hal yang baru. Berikut beberapa pekerjaan part time yang bisa kamu dapatkan, yaitu:

  • Personal Assistant

Pernah dengar istilah personal assistant? personal assistant ini bertugas untuk membantu seseorang terkait dengan urusan bisnis maupun personalnya. Contoh seorang artis atau publik figur tertentu, memerlukan personal assistant untuk membantunya mengatur jadwal, memesankan tiket pesawat, atau apa pun sesuai kebutuhan artis atau publik figur tersebut. Lowongan kerja part-time personal assistant ini biasanya diumumkan melalui jejaring pribadi artis atau publik figur tersebut, misalnya media sosial instagramnya. Coba ikuti media sosial para artis atau publik figur, siapa tahu mereka membuka kesempatan kerja part time personal assistant!
  • Tutor atau Guru Les

Ini salah satu kerja part time yang banyak diambil oleh mahasiswa. Untuk tutor di beberapa kampus ada yang menyediakan layanan untuk menjadi tutor bagi junior yang masih di semester awal. Jika kamu cukup menguasai materi-materi perkuliahan, boleh dicoba untuk menjadi tutor, sekaligus bisa berbagi ilmu dan pengalaman selama kuliah kepada junior. Biasanya, akan ada bayaran tersendiri atau berupa beasiswa dan potongan SKS. Lumayan bukan? Uang yang seharusnya buat SKS bisa jadi tambahan uang jajan untuk beli barang idaman. Kerja part time menjadi guru les pun bukan hal yang sulit, berikan saja les mata pelajaran untuk anak-anak SD, SMP, dan SMA, yang materinya kan sudah pernah kamu lalui. Tentunya akan lebih mudah untuk mengajarkannya. Atau jika memiliki kemampuan bahasa asing, memberikan les bahasa asing bisa memberikan kamu tambahan uang lebih . Bisa melalui lembaga les tertentu atau kamu sendiri yang membuka jasanya.
  • Desainer

Buat kamu yang kuliahnya jurusan desain atau suka dan bisa mendesain, bisa dimanfaatkan juga loh. Misalnya, buka jasa untuk desain CV temanmu atau desain logo, kartu nama, dan website jika temanmu mau buka bisnis tertentu. Untuk awal mula kerja part time ini, kamu bisa buat sendiri logo dan profil diri sendiri sebagai portofolio yang nantinya bisa ditunjukkan kepada orang-orang lain, supaya mereka semakin yakin untuk menggunakan jasa desain kamu.
  • Waiter atau Barista

Di tahun ini, keberadaan coffee shop sedang menjadi trend, yang ternyata memberikan juga peluang untuk kamu sebagai mahasiswa untuk kerja part time loh! Untuk kerja part time ini, kamu bisa menjadi barista di tempat tersebut. Tugasnya adalah membuatkan makanan dan minuman, menyajikannya, sampai membersihkan toko. Biasanya, kerja part time di coffee shop akan dibayar dengan hitungan per jam, tapi harinya bisa menyesuaikan dengan jadwal kuliah atau sekolah kamu. Untuk penikmat kopi, bisa nih kerja part time di coffee shop.

  • Penulis Lepas

Banyak bisnis yang membuka lowongan kerja part time penulis lepas, bisa untuk website kecantikan, website karier, sampai website untuk co-working space. Karena nyatanya, masyarakat milenial sekarang lebih memilih mencari informasi tentang suatu hal melalui genggaman tangannya, dan melalui apa yang mereka lihat dan baca.
  • Fotografer

Setiap momen spesial tentunya ingin diabadikan untuk kenang-kenangan di masa yang akan datang. Dan sekarang semakin banyak orang yang memiliki platform media sosial untuk menunjukkan momen-momen pentingnya. Seiring dengan hal ini, banyak orang yang mulai membutuhkan jasa fotografer untuk mengabadikan momen apa pun. Kerja part time fotografer bisa loh, dijadikan pilihan untuk kamu karena sekarang hampir semua kegiatan memerlukan jasa foto. Contoh pembukaan restoran baru yang memerlukan jasa fotografer untuk memotret menu-menunya, acara seminar, ulang tahun, sampai pernikahan bisa menjadi acara yang baik bagi yang ingin kerja part time fotografer. Kamu bisa membuka jasa sendiri atau bergabung dengan komunitas ataupun agensi penyedia jasa fotografer untuk kerja part time fotografer.
  • Penerjemah

Menguasai bahasa asing bisa memberikan kamu banyak keuntungan. Ada banyak konten berbahasa asing yang ternyata dibutuhkan dan memerlukan perantara penerjemah untuk bisa dimengerti. Contohnya, materi kuliah dari bahasa Inggris yang sulit dimengerti. Kamu bisa memanfaatkan ini dan menawarkan kepada teman-temanmu, bahwa kamu membuka jasa untuk menerjemahkan materi kuliah mereka.
  • Pemandu Wisata

Kamu tinggal di daerah wisata yang banyak didatangi turis?  Kerja part time sebagai pemandu wisata bisa juga menjadi opsi yang menyenangkan untuk kamu lakukan. Memperkenalkan keindahan serta kuliner di daerahmu dan menceritakan budaya akan menjadi kerja part time yang sangat


Keuntungan Kerja Part Time

  • Dapatkan Uang Saku
Uang adalah alasan yang jelas mengapa orang pergi bekerja, namun menghasilkan uang saku sendiri selama kuliah pasti akan sangat berguna. Jumlah yang didapat biasanya cukup untuk ukuran pelajar yang biasanya digunakan hanya untuk kebutuhan pribadinya saja.

Pekerjaan paruh waktu tidak akan cukup membayar untuk hidup Anda begitu Anda lulus dan memasuki dunia nyata, tapi untuk saat ini Anda dapat membayar uang buku, makanan, kos dan sesekali Anda bisa mulai membangun dana tabungan untuk setelah kuliah. Biasanya Anda akan dibayar berdasarkan lama waktunya bekerja misalnya per jam, per hari atau per shift, jadi kebanyakan tidak ada gaji yang stabil.
  • Meningkatkan Nilai
Ini mungkin mengejutkan, tetapi hal ini benar adanya! Bila satu-satunya komitmen Anda adalah studi, Anda mungkin berpikir bahwa Anda memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan kuliah. Hal ini dapat menghasilkan etos kerja yang kurang efektif. Memiliki pekerjaan memaksa Anda mengatur waktu Anda dan mengatur tugas Anda secara produktif dan efektif.
  • Meningkatkan Keterampilan Manajemen Waktu Anda

Pergi ke kelas, belajar dan bekerja sudah pasti membuat  jadwal harian yang padat. Banyak pekerjaan paruh waktu bersifat fleksibel, namun Anda harus dapat mengatur waktu dan prioritas Anda dengan baik. Anda harus komitmen dan bertanggung jawab dengan pekerjaan Anda, namun juga Anda tidak bisa melupakan tugas dan pendidikan yang sedang Anda tempuh.Manajemen waktu dapat dibantu oleh keterampilan, peralatan dan teknik yang digunakan untuk mengelola waktu dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pekerjaan, proyek dan tujuan sesuai dengan tanggal jatuh tempo. Dengan Anda bekerja paruh waktu maka Anda akan meningkatkan kemampuan diri Anda untuk mengatur waktu Anda sebaik mungkin.
  • Menerima Pelatihan Berbayar Dan Mendapatkan Pengalaman Baru

Meskipun Anda membayar untuk belajar di sekolah, Anda akan dibayar untuk belajar di tempat kerja. Setelah pelatihan di tempat kerja dan Anda menguasai apa pun yang Anda lakukan, Anda masih akan belajar dari semua pengalaman Anda seperti kerja tim, belajar menghadapi berbagai karakter dari para pelanggan dan sebagainya.
  • Lihat Bagaimana Segala Sesuatunya Berjalan Dan Melihat Manajemen
Anda tidak akan diizinkan untuk menulis buku tentang semua kebijakan dan praktik perusahaan, namun bekerja di perusahaan akan memberi Anda gambaran langsung tentang bagaimana segala sesuatunya berjalan. Anda juga dapat mengamati berbagai sifat manajer dan tindakan atau reaksi mereka terhadap karyawan dan pelanggan. Anda bahkan mungkin bisa mempraktikkan keterampilan kepemimpinan Anda sendiri jika Anda melatih karyawan lain.
  •  Peluang untuk Networking
Bahkan jika Anda tidak mendapatkan pengalaman kerja di bidang karier yang Anda rencanakan, Anda tidak akan pernah tahu siapa yang mungkin Anda temui. Anda bisa mendapatkan teman baik, referensi, koneksi atau bahkan klien-klien yang baru. Membangun jaringan merupakan salah satu karakteristik orang-orang sukses.
  • Mengembangkan Keterampilan yang Berguna

Meskipun Anda mungkin tidak berpikir bahwa keterampilan yang Anda kembangkan pada pekerjaan paruh waktu akan bermanfaat bagi karir Anda, itu bisa terjadi! Pekerjaan paruh waktu mengajarkan keterampilan yang dicari setiap bos: komitmen, manajemen waktu, kerja tim, kepemimpinan, organisasi, layanan pelanggan, dan daftarnya terus berlanjut.
  •  Memberi Anda Istirahat
Saat Anda di sekolah, mudah untuk merasa seolah-olah Anda sedang dalam lingkaran yang dipenuhi kelas, belajar, proyek, teman dan kerja tugas hingga larut malam. Ini bukan lingkaran yang bisa terjadi, tapi terkadang kita semua membutuhkan sedikit istirahat dari kehidupan mahasiswa. Memiliki pekerjaan paruh waktu memungkinkan Anda keluar dari perpustakaan atau rumah dan jauh dari teman kos Anda, memberi Anda istirahat yang sangat dibutuhkan dari stres karena menjadi mahasiswa.


Kekurangan Pekerjaan Part Time

Lalu apa saja sebenarnya kekurangan yang ada dalam pekerjaan part time? Nah yuk kita bahas pada tulisan di bawah ini:
  • Gaji yang didapatkan tidak sebanyak pekerjaan full time
Sudah menjadi rahasia umum ketika kamu bekerja secara part time maka penghasilan yang kamu dapatkan lebih rendah daripada bekerja secara full time. Hal ini adalah wajar, karena kamu tidak bekerja secara penuh waktu.
  • Tidak ada jenjang karir yang jelas
Mengambil pekerjaan part time buka keputusan tepat jika kamu ingin mengambil jenjang karir yang lebih tinggi dalam perusahaan tempat kamu bekerja. Hal ini didasarkan pada sifat pekerjaan part time yang lebih kearah sebagai tenaga pembantu tambahan dari perusahaan. Sehingga biasanya perusahaan tidak akan terlalu memperhatikanmu dengan memberikan jenjang karir yang lebih tinggi ketika kamu sudah lama bekerja di perusahaan tersebut.
  • Tidak ada Serikat Pekerja untuk perlindungan karyawan part time
Karyawan full time memang diuntungkan dengan adanya serikat kerja yang biasanya ada di setiap perusahaan dan jaringan serikat pekerja tersebut sampai ke Nasional. Biasanya serikat pekerja sangat memperhatikan hak-hak pekerja penuh di suatu perusahaan, dan menuntut kenaikan yang lebih layak.
Namun jika kamu bekerja secara part time, maka tidak akan ada serikat pekerja.
  • Kamu Menjadi Tidak Fokus dengan Sekolah atau Pekerjaan Utama
Sebaiknya dipikir secara matang-matang jika kamu sedang sekolah atau memiliki pekerjaan utama ingin mengambil sebuah pekerjaan part time, karena walaupun tidak membutuhkan waktu kerja selama pekerjaan full time, namun pekerjaan part time juga tetap akan menguras otak dan tengamu, sehingga kamu harus pintar membagi waktu dan energimu untuk kegiatan lainnya.



Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Kerja Part Time / Paruh Waktu Meliputi Jenis Pekerjaan Part Time, Keuntungan dan Kekurangan Kerja Part Time. Semoga Bermanfaat


Penelusuran yang terkait dengan Kerja part time
  • lowongan kerja part time di cafe pekanbaru
  • kerja part time di pekanbar
  • lowongan kerja part time sabtu minggu di pekanbaru
  • lowongan kerja part time untuk mahasiswa di pekanbaru
  • lowongan kerja part time di pekanbaru untuk mahasiswa
  • lowongan kerja part time untuk mahasiswa di cirebon
  • lowongan kerja part time untuk mahasiswa malang
  • lowongan kerja part time untuk mahasiswa purwokerto

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Kerja Part Time / Paruh Waktu Meliputi Jenis Pekerjaan Part Time, Keuntungan dan Kekurangan Kerja Part Time"

Berlangganan via Email