Pengertian General Manager Meliputi Tugas dan Tanggung Jawab Kerja General Manager (Manejer Umum)

Tugas dan Tanggung Jawab Kerja General Manager  dan Gajinya

Pengertian General Manager

General manager adalah manajer yang memiliki semua tanggung jawab semua pejabat dalam suatu organisasi atau perusahaan. Beberapa unit fungsional yang mengelola beberapa atau semua manajer fungsional dikelola oleh general manager.General manager berkewajiban untuk memikul tanggung jawab dan membuat keputusan tentang pencapaian tujuan perusahaan serta fungsi utama dan kendali semua kegiatan perusahaan.




Tugas dan Tanggung Jawab General Maneger  

Berikut ini tugas dan tanggung jawab general manager :
  • Memimpin perusahaan dan menjadi motivator bagi karyawannya
  • Mengelola operasional harian perusahaan
  • Merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasi, mengawasi dan mengalisis semua aktivitas bisnis perusahaan
  • Mengelola perusahaan sesuai dengan visi dan misi perusahaan
  • Merencanakan, mengelola dan mengawasi proses penganggaran di perusahaan
  • Merencanakan dan mengontrol kebijakan perusahaan agar dapat berjalan degan maksimal
  • Memastikan setiap departemen melakukan strategi perusahaan dengan efektif dan optimal
  • Mengelola anggaran keuangan perusahaan
  • Memutuskan dan membuat kebijakan untuk kemajuan perusaahan
  • Membuat prosedur dan standar perusahaan
  • Membuat keputusan penting dalam hal investasi, integrasi, aliansi dan divestasi
  • Merencanakan dan mengeksekusi rencana startegis perusahaan jangka menengah dan jangka panjang untuk kemajuan perusahaan
  • Menghadiri pertemuan, seminar, konferensi maupun pelatihan

 Ada beberapa Kriteria yang menempel di general manege yaitu :
  • Memiliki pengalaman dalam manajemen bisnis, perencanaan dan pengawasan keuangan
  • Memiliki pengalaman dalam manajemen personalia termasuk perekrutan, pengevaluasian dan administrasinya
  • Memiliki kemampuan yang sudah terbukti dalam bisnis dan manajemen keuangan
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan semua lapisan dalam perusahaan
  • Berperilaku baik, komunikasi lisan dan tertulis baik serta memiliki keterampilan interpersonal
  • Berjiwa pemimpin, dapat mengelola dan mengawasi karyawan
  • Dapat memecahkan permasalahan, konflik maupuan situasi krisis dalam perusahaan dengan cepat dan tepat
  • Dapat melakukan berbagai tugas dan pekerjaan secara cepat dan efektif
  • Dapat bertanggung jawab pada tugas-tugasnya serta dapat menjadi panutan bagi karyawanya
  • Dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat


Kualifikasi & Keterampilan yang dibutuhkan General Manager

Manajemen kinerja, Staffing, Manajemen Proficiency, Koordinasi, Coaching, Mengembangkan Standar, Perencanaan Keuangan dan Strategi, Perbaikan Proses, Pengambilan Keputusan, Perencanaan Strategis, Manajemen Mutu


Fungsi penting General Manager

  • Berpartisipasi dalam merumuskan dan mengelola kebijakan perusahaan, mengarahkan dan mengkoordinasikan semua kegiatan departemen divisi untuk mengembangkan dan menerapkan tujuan jangka panjang dan tujuan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan pertumbuhan profitabilitas tujuan.
  • Ulasan analisis kegiatan, biaya, operasi dan data perkiraan untuk menentukan departemen atau kemajuan divisi menuju tujuan dan sasaran yang dinyatakan.
  • Memberikan wewenang kepala petugas administrasi dan tenaga administrasi lainnya untuk meninjau prestasi dan mendiskusikan perubahan yang diperlukan dalam tujuan atau sasaran yang dihasilkan dari status dan kondisi saat ini.
  • Mengembangkan, ulasan, update dan mengimplementasikan perencanaan strategis bisnis, termasuk penjualan, kinerja keuangan dan pengembangan produk baru.
  • Mengawasi manufaktur dan bahan departemen untuk meninjau laporan produksi dan operasi dan menyelesaikan operasional, manufaktur dan fasilitas masalah untuk memastikan biaya minimum dan mencegah penundaan operasional dan untuk memenuhi pertumbuhan di masa depan.
  • Mengawasi proyek penting, proses dan laporan kinerja, dan analisis data.
  • Ulasan dan mendukung teknik dan penjualan untuk mengawasi konsep desain dengan teknologi fundamental atau baru digunakan untuk produk baru atau yang sudah ada atau perbaikan untuk memberikan pengurangan biaya, keselamatan, kebutuhan pelanggan dan pertumbuhan pasar.
  • Ulasan operasi dan rencana untuk memenuhi persyaratan untuk perencanaan penjualan dan untuk memastikan manufaktur atau outsourcing persyaratan untuk mengembangkan pasar baru.
  • Ulasan dan menyetujui penyusunan analisis akuntansi untuk perencanaan anggaran dan pelaksanaan, efisiensi produksi, pelaporan keuangan, perencanaan anggaran dan pengajuan untuk belanja modal.


Syarat General Manager

Syarat untuk menjadi general manager tidaklah mudah. General manager memiliki sejumlah tugas penting dan tanggung jawab besar sehubungan dengan kelancaran perusahaan. Tanpa kontrol yang baik dari seorang manajer, perusahaan dapat mencapai kinerja “negatif” baik dalam hal produktivitas orang-orang yang mendasarinya maupun secara tidak langsung di sisi keuangan.
Seorang general manager harus memiliki keterampilan dan gagasan yang cerdas untuk menyelesaikan berbagai masalah manajemen yang kompleks, bertanggung jawab atas perencanaan strategis kebijakan perusahaan, dan menerapkan kebijakan ini untuk bawahannya.

Keahlian yang Dibutuhkan General Manager

  1. Pakar dalam program pengoperasian komputer yang mendukung pembagian tugas utamanya, sepert perangkat lunak analisis, perangkat lunak presentasi dan perangkat lunak pengolah kata.
  2. Keterampilan presentasi dan analisis yang baik.
  3. Seorang general manager harus selalu sangat optimis agar selalu ditiru oleh semua manager bawahan maupun oleh semua karyawan.
  4. Melalui proses pemantauan semua bawahannya, ia harus mampu menjadi mesin sumber daya, motivator, pemecah masalah, dan pengatur strategi perusahaan.
  5. Kemampuan untuk memantau secara langsung dan tidak langsung semua bawahannya. Bawahan langsung, kepala departemen seperti manajer keuangan, manajer operasi, manajer produksi, dan manajer lainnya.
  6. Seorang general manager harus memiliki keterampilan manajemen dan kepemimpinan yang baik yang tidak sombong tetapi masih menunjukkan otoritas.
  7. Keahlian komunikasi yang baik, baik secara horizontal maupun vertikal.
  8. Selain keahlian tersebut, lowongan pekerjaan manajer umum yang diterbitkan oleh perusahaan membutuhkan kandidat untuk memiliki beberapa tahun pengalaman sebagai kepala departemen, meskipun manajer latar belakang dapat berasal dari berbagai bidang. Misalnya, Anda mendatangi manajer keuangan, akuntan, manajer produksi, atau manajer pemasaran.



Gaji General Manager di Indonesia

Taksiran gaji berdasarkan 443 karyawan, pengguna, dan pekerjaan dalam 36 bulan terakhir. Terakhir diperbarui pada tanggal 27 Juni 2019.
Gaji rata-rata : Rp5.420.933/bulan
Namun, seiring waktu gaji general manager dapat meningkat, seperti yang ditunjukkan di atas, bahwa gaji hanya rata-rata tergantung pada perusahaan tempat ia tinggal. Gaji GM bisa mencapai 75 juta hingga 100 juta jika itu adalah perusahaan yang besar.


Demikian Penjelasan Tentang Pengertian General Manager Meliputi Tugas dan Tanggung Jawab Kerja General Manager (Manejer Umum) .Semoga Bermanfaat

Penelusuran yang terkait dengan Tanggung Jawab Kerja General Manager
  • tugas dan tanggung jawab general manager hotel
  • syarat menjadi general manager
  • struktur general manager
  • general manager hotel adalah
  • general manager adalah
  • general manager dan manager
  • pengertian general manager
  • bawahan general manager

Tidak ada komentar untuk "Pengertian General Manager Meliputi Tugas dan Tanggung Jawab Kerja General Manager (Manejer Umum) "

Berlangganan via Email