Pengertian Office Boy Beserta Tugas dan Tanggung Jawab Office Boy di Perusahaan Secara Lengkap

Tugas dan Tanggung Jawab Office Boy Beserta Gajinya

Pengertian Office Boy

Hal pertama yang harus anda pahami adalah pengertian Office Boy itu sendiri. Perlu diketahui, Office Boy ini berasal dari bahasa Inggris. Office memiliki arti kantor sedangkan Boy ini sendiri bisa diartikan sebagai Pemuda atau Laki-laki. Secara harfiah, office boy bisa diartikan sebagai pria yang memenuhi segala kebutuhan di dalam kantor.
Seperti diketahui, ada banyak sekali kebutuhan yang diperlukan oleh para pegawai yang ada di dalam sebuah kantor. Entah itu makanan, kebersihan, dukungan dokumen, dan berbagai bantuan lain di dalamnya. Sebagai Office Boy, anda berperan serta dalam membantu pemenuhan kebutuhan tersebut. Hanya saja seringkali office boy diperbantukan pada pekerjaan yang bersifat non administratif.



Tugas Rutin Office Boy

  1. Membersihkan dan merapikan meja, kursi, komputer dan perlengkapan lainnya. 08.00
  2. Membersihkan/vacuum karpet/lantai (bergiliran). 08.15
  3. Menyediakan minuman untuk karyawan. 09.00
  4. Mengirim/mengambil dokumen antar Divisi/Bagian. Tak Tentu
  5. Melayani permintaan fotokopi/faksimili. Tak Tentu
  6. Membelikan dan menyiapkan makan siang karyawan. 11.00
  7. Membereskan piring, gelas, & perlengkapan makan siang karyawan. 13.00
  8. Mengambil & membereskan gelas minum & perlengkapan makan/minum karyawan. 17.30
  9. Membuang sampah yang ada di ruang kerja dan areal tanggung jawabnya. 17.30
  10. Membersihkan/vacuum karpet/lantai (bergiliran). 18.00
  11. Mencuci piring, gelas & perlengkapan makan/minum lain (bergiliran). 18.00-18.30

Tugas Berkala

  1. Membersihkan kaca ruang kerja. 2x/Minggu
  2. Menyiram/merawat tanaman. 2x/Minggu

Tugas Inseintal 

  1. Menyediakan minuman/makanan & melayani keperluan tamu-tamu perusahaan. Tak Tentu
  2. Menyediakan minuman/makanan & melayani keperluan rapat/pertemuan/training. Tak Tentu
  3. Mengangkat/memindahkan meja, kursi & perabotan lainnya. Tak Tentu
  4. Melaksanakan tugas tertentu sesuai permintaan karyawan Divisi yang dilayani.  Tak Tentu
  5. Melaksanakan tugas tertentu sesuai permintaan Koordinator OB atau Staff GA. Tak Tentu

Tugas Tambahan

Melaksanakan tugas-tugas lain di luar tanggung jawabnya (karyawan Divisi lain)
dengan seijin dari Divisi yang dilayani atau Koordinator OB (Staff GA). Tak Tentu
CATATAN :
  • OB diwajibkan datang jam 08.00 dan pulang jam 18.30 dengan waktu istirahat jam 12.00-13.00 (kecuali Jumat jam 12.00-13.30).
  • Kelebihan jam kerja (8 jam/hari) selama 1,5 jam akan diperhitungkan sebagai lembur.
  • Datang sebelum jam 08.00 akan dianggap/dihitung sebagai lembur sejak jam datang.
  • Datang antara jam 08.00-08.30 akan dianggap/dihitung datang jam 08.30 atau tidak ada lembur.
  • Pulang setelah jam 18.30 akan dianggap/diperhitungkan sebagai lembur apabila disertai bukti SPL (Surat Perintah Lembur) dari Koordinator OB (Staff GA).
  • Agar mudah dicari untuk mengerjakan tugas selanjutnya, maka setelah selesai mengerjakan tugas tertentu OB harus stand-by di tempat tertentu yang ditunjuk pada areal kerja yang menjadi tanggung jawabnya (misalnya di dekat Sekretaris).
  • Sekretaris Direksi/Senior Management atau Staff Divisi/Bagian tertentu berkewajiban mengatur & mengawasi pelaksanaan tugas-tugas harian OB yang ditempatkan pada areal kerjanya, kemudian melaporkan perkembangan/keluhan/hasil kerja OB kepada Koordinator OB (Staff GA).
  • Koordinator OB bertanggung jawab terhadap pengaturan tugas dan lembur OB untuk melaksanakan/melayani kegiatan yang bersifat menyeluruh (seperti rapat/pertemuan/training, acara pesta/perayaan, perpindahan ruangan kerja, dan lain-lain) serta melakukan penilaian prestasi kerja tahunan terhadap OB.
  • Bagi OB yang tidak melaksanakan tugas & tanggung jawabnya dengan baik (tanpa alasan yang masuk akal) akan diberikan sanksi mulai dari Teguran Lisan, Teguran Tertulis, Surat Peringatan Pertama (SP-I), SP-II, SP-III/Terakhir atau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sesuai dengan kadar dan akumulasi pelanggaran yang dilakukan (Jenis Pelanggaran & Sanksi terlampir).
  • Bagi OB yang melaksanakan tugas & tanggung jawab dengan baik akan dipilih yang terbaik setiap bulannya untuk dinobatkan sebagai “OB of The Month” (OB Teladan Bulanan) serta menerima penghargaan dari Perusahaan.
  • Areal tugas dan tanggung jawab OB akan dirolling (diputar) setiap 3 (tiga) bulan sekali.


Tanggung Jawab Office Boy

Berdasarkan tugas tugas yang sudah kita paparkan di atas, bisa ditarik kesimpulan kalau Office Boy memiliki tanggung jawab seperti di bawah ini :
1. Memastikan semua kebutuhan teknis karyawan di kantor terpenuhi dengan baik
2. Memastikan kebersihan perangkat dan ruang kerja karyawan
3. Memastikan kebersihan lingkungan perusahaan 
4. Memastikan tugas yang dibebankan terlaksana dengan baik

Kualifikasi Office Boy

Untuk menjadi seorang office boy, kualifikasi yang diminta tidak terlalu tinggi. Biasanya dibutuhkan sosok yang memiliki mental kuat, dan bisa konsisten dalam melakukan pekerjaannya. Dari segi pendidikan, biasanya perusahaan mematok minimum ijazah SMA. 
Office boy yang berpengalaman lebih disukai oleh perusahaan, terlebih jika bidang kerja perusahaan sebelumnya juga sama. Menjadi office boy tidak selalu melakukan pekerjaan "bawah". Tapi seringkali diminta membantu para staff untuk membereskan pekerjaannya.  Karenanya office boy dengan skill yang baik memiliki peluang untuk dipromosikan jabatannya.

Jam Kerja Office Boy 

Secara umum, Office boy ini memiliki jam kerja normal dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00. Hanya saja karena pekerjaannya yang begitu penting, seringkali jam kerja seorang Office Boy menjadi fleksibel. Mereka dituntut untuk datang lebih pagi dibanding staff dan pulang paling akhir. Mayoritas perusahaan tidak memberikan gaji lembur untuk Office Boy. Hanya saja peluang untuk mendapatkan tips harian di posisi satu ini sangatlah besar.

Estimasi Gaji Office Boy

Untuk saat ini Office Boy biasanya memiliki gaji sesuai dengan UMK di wilayahnya masing-masing. Office boy juga berhak mendapatkan tunjangan berupa BPJS dan makan.


Perbedaan Office Boy dan Cleaning Service

Berikut ini ulasan lengkap mengenai perbedaan office boy dan cleaning service.
  • Pelayanan yang diberikan
Salah satu perbedaan utama antara office boy dan cleaning service adalah pelayanan yang diberikan. Umumnya, cleaning service memberikan pelayanan berupa jasa pembersihan pada perkantoran atau rumah. Sementara itu, office boy melayani para karyawan di perkantoran untuk memudahkan pekerjaannya. Sehingga, bisa dikatakan bahwa cleaning service berfokus pada pelayanan untuk gedung atau fasilitas yang ada sementara office boy berfokus pada pelayanan untuk karyawan yang bekerja.
  • Pekerjaan yang dilakukan
Berbeda pelayanan yang diberikan maka berbeda pula pekerjaan yang dilakukan. Cleaning servicemelakukan pekerjaan berupa pembersihan pada ruangan. Proses pembersihan tersebut bertujuan untuk menciptakan lingkungan tempat tinggal atau lingkungan tempat kerja yang bersih dan nyaman. Selain itu, petugas cleaning service juga melakukan pekerjaan pembersihan kamar mandi agar nyaman untuk digunakan dan bebas penyakit.Sementara itu, office boy memiliki pekerjaan yang lebih luas. Meskipun biasanya office boyberkutat di pantry dengan menyediakan minuman untuk para karyawan dan melayani kebutuhan karyawan, tak jarang office boyjuga berperan untuk membersihkan peralatan makan di pantry tersebut. Selain itu, aktivitas pekerjaan yang berkaitan dengan karyawan membuat office boy biasanya lebih dikenal karyawan dibandingkan cleaning service.
  • Jumlah pekerja yang dibutuhkan
Di dalam gedung perkantoran, jumlah office boy dan cleaning service yang dibutuhkan tidaklah sama. Biasanya, jumlah petugas cleaning service yang dibutuhkan lebih banyak dibandingkan office boy. Hal ini tak lepas dari luas bangunan dan jumlah ruangan di gedung tersebut. Tapi, bukan berarti jumlah office boy selalu lebih sedikit. Karena, jumlah office boy juga ditentukan oleh jumlah karyawan di perusahaan tersebut. Sehingga, bisa dikatakan jumlah cleaning servicemaupun office boy yang dibutuhkan dalam sebuah gedung perkantoran cenderung fleksibel.
  • Peran dilihat dari gender
Baik pria maupun wanita sama-sama bisa menjadi seorang office boy/girl atau cleaning service. Akan tetapi, khusus untuk petugas cleaning service, ada peran berbeda yang harus diperhatikan berdasarkan gendernya. Umumnya, petugas cleaning service wanita sangat dibutuhkan untuk membersihkan kamar mandi wanita. Begitu pula petugas cleaning service pria yang dibutuhkan untuk membersihkan kamar mandi pria.Sementara itu, untuk posisi office boy/girl, baik pria maupun wanita sama-sama memiliki tugas yang sama. Keduanya tidak ditempatkan pada lokasi kerja yang berbeda karena sama-sama bisa melakukan pekerjaan yang dibutuhkan oleh karyawan. Sehingga, office boy tidak memiliki peran khusus berdasarkan gender petugasnya.




Penelusuran yang terkait dengan Tugas Office Boy
  • checklist tugas office boy
  • hak dan kewajiban office boy
  • contoh checklist pekerjaan office boy
  • tugas office boy dalam proyek
  • uraian tugas office boy proyek
  • analisis jabatan office boy
  • standar operasional prosedur office boy
  • perjanjian kerja office boy

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Office Boy Beserta Tugas dan Tanggung Jawab Office Boy di Perusahaan Secara Lengkap"

Berlangganan via Email