Widget HTML Atas

Universitas dengan Jurusan Teknik Kimia Terbaik di Indonesia

Jurusan Teknik Kimia terbaik menjadi idaman bagi para calon mahasiswa baru yang akan mendaftar perguruan tinggi negeri maupun swasta.Dalam memilih suatu program studi atau jurusan, tentu akan mempertimbangkan berbagai macam faktor. Terutama faktor akreditasi jurusan yang dipilih calon mahasiswa tersebut.Setiap tahun jurusan teknik kimia menjadi pilihan favorit karena dibutuhkannya insinyur kimia untuk bekerja di berbagai perusahaan.Teknik Kimia mempelajari mengenai cara mengubah suatu bahan mentah menjadi suatu produk yang memberikan keuntungan bagi masyarakat.
Selain itu, teknik kimia merupakan program studi yang mempelajari teknologi perancangan pabrik yang dapat berupa pabrik kimia, bioproses, makanan, dan lainnya.

Sebagai contoh yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah proses fermentasi seperti pembuatan keju, susu, dan kecap.Berikut ini merupakan kampus dengan 12 Jurusan Teknik Kimia terbaik di Indonesia. Tertarik untuk mendaftar? 

1. Institut Teknologi Bandung

Teknik Kimia ITB merupakan bagian dari FTI (Fakultas Teknologi Industri) dan telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT.Pada tahun 2003, program studi teknik kimia ITB membuka jalur studi, sehingga menjadikan program studi Teknik Kimia terbaik terdiri atas tiga jalur studi baru.
Ketiga jalur studi tersebut adalah TKU (Teknologi Kimia Umum), BP (Bioproses), dan TP (Teknologi Pangan). Program studi Teknik Kimia membutuhkan kemampuan dasar berupa pengetahuan fisika, kimia, matematika dan biologi (khusus untuk jalur studi bioproses dan teknologi pangan).

2. Universitas Indonesia

Kampus UI sendiri terletak di Depok, Jawa Barat. Teknik Kimia UI merupakan bagian dari fakultas teknik Universitas Indonesia.Teknik Kimia UI sendiri telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT dan akreditasi ASEAN University Network (AUN) 2010.Prodi sarjana teknik kimia UI juga menyelenggarakan program fast track. Untuk mahasiswa yang memenuhi syarat dimungkinkan dapat menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 dalam waktu 5 tahun saja.
Sehingga lebih singkat dibandingkan dengan masa studi kurikulum reguler.

3. Universitas Gadjah Mada

Kampus UGM sendiri terletak di Yogyakarta.Teknik Kimia UGM telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT.Selain itu, teknik kimia UGM juga sudah berhasil mendapatkan akreditasi dari Institution of Chemical Engineers (IChemE).Teknik kimia UGM telah menghasilkan berbagai macam tokoh terkenal seperti Prof. Panut Mulyono yang telah menjabat sebagai Rektor UGM sendiri. 

4. Institut Teknologi Sepuluh November

Kampus ITS sendiri terletak di Surabaya, Jawa Timur. Program studi Teknik Kimia ITS telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT dan saat ini juga sudah tersertifikasi AUN QA, lembaga sertifikasi se-ASEAN.Teknik Kimia ITS mempunyai mahasiswa dengan segudang prestasi seperti menjadi runner-up mewakili Student Petroleum Engineer Chapter ITS di India.Selain itu, teknik kimia ITS juga menghasilkan alumni yang berpengaruh dalam industri maupun pemerintahan. Misalnya Dwi Sucipto yang sempat menjadi CEO PT Semen Indonesia dan sempat menjadi Dirut PT Pertamina.Departemen Teknik Kimia memiliki kolaborasi dengan perusahaan baik BUMN maupun swasta. Dintaranya adalah BUMN seperti PT. Pembangkit Jawa-Bali, PT Pertamina (PERSERO) dan PT Petrokimia Gresik. 

5. Universitas Sebelas Maret

Kampus UNS sendiri terletak di Surakarta, Jawa Tengah.
Teknik Kimia UNS telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.

6. Universitas Diponegoro

Kampus UNDIP sendiri terletak di Semarang, Jawa Tengah.
Teknik Kimia UNDIP telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT dalam 15 tahun terakhir.
Selain itu, juga sedang berproses dalam penilaian internasional oleh ASEAN University Network (AUN) Assessment Committee.

7. Universitas Sumatera Utara

Kampus USU sendiri terletak di Medan, Sumatera Utara.
Teknik kimia USU mendapatkan akreditasi A dari BAN PT dan termasuk jurusan favorit di USU.
Saat ini mempunyai lebih dari 30 orang staf pengajar yang seluruhnya telah memiliki sertifikat pendidik dengan kualifikasi S2 dan S3.

8. Universitas Sriwijaya

Kampus UNSRI merupakan kampus negeri yang terletak di Palembang, Sumatera Selatan.
Teknik kimia UNSRI telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.

9. Universitas Surabaya

Universitas Surabaya adalah sebuah universitas di Surabaya, Jawa Timur. UBAYA merupakan penerus Universitas Trisakti.Program studi teknik kimia UBAYA sendiri telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT.UBAYA telah memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang pendidikan bagi mahasiswanya seperti laboratorium.

10. Universitas Syiah Kuala

UNSYIAH sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Banda Aceh, Indonesia.Teknik Kimia UNSYIAH sendiri telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. 

11. UPN Veteran Jawa Timur

Teknik Kimia UPN Veteran Jatim ini juga telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT.

12. Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Katolik Parahyangan atau dikenal dengan UNPAR adalah salah satu perguruan tinggi swasta tertua dan paling prestisius di Indonesia yang terletak di kota Bandung.Teknik Kimia dari kampus ini juga telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT.





Mungkin Yang Kamu Cari:

Tidak ada komentar untuk "Universitas dengan Jurusan Teknik Kimia Terbaik di Indonesia"