Widget HTML Atas

Universitas Terbaik Dengan Akreditas A di Yogyakarta 2020 Rekomendasi Buat Kamu!!

Universitas Terbaik di Yogyakarta menjadi salah satu pilihan dalam menentukan tempat belajar atau kuliah bagi calon mahasiswa baru.
Yogyakarta adalah kota pelajar dan budaya yang terkenal di Indonesia, maka tak heran banyak sekali perguruan tinggi baik negeri maupun swasta berlomba-lomba untuk mendapatkan akreditasi A.
Berikut ini merupakan daftar 10 Universitas Terbaik di Yogyakarta yang dapat dijadikan pilihan dalam mendaftar perguruan tinggi atau perkuliahan.

Baca Juga: Daftar Kampus Teknik Sipil Terbaik di Indonesia

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM (Universitas Gadjah Mada) - Universitas Terbaik di Yogyakarta
UGM – gambar : ugm.ac.id
Universitas Gadjah Mada adalah salah satu universitas tertua di Indonesia yang ada sejak tahun 1949. UGM menjadi salah satu universitas terbaik di Yogyakarta dan juga di Indonesia.
Sekarang UGM mempunyai 18 fakultas, satu sekolah pascasarjana, dan satu sekolah vokasi. Dimana masing-masing fakultas tersebut terdiri dari departemen yang berisi <a>program studi UGM.
UGM sendiri dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) telah mendapatkan peringkat A secara institusi. Selain itu, akreditasi program studi UGM juga mayoritas sudah banyak yang mendapatkan akreditasi A.
Pada tahun 2018, berdasarkan QS World University Rangking, UGM mendapatkan sekitar peringkat 401-410 dari universitas seluruh dunia. Program studi yang paling favorit di UGM antara lain Pendidikan Dokter, Teknik, Akuntansi, Manajemen, dan masih banyak lagi.

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) - Universitas Terbaik di Yogyakarta
UNY – gambar : uny.ac.id
Universitas Negeri Yogyakarta adalah universitas yang didirikan pada 21 Mei 1964, dimana sebelumnya universitas ini bernama IKIP Yogyakarta. Sehingga tak heran universitas ini lebih dikenal sebagai sekolah untuk para calon guru, walaupun ada yang non pendidikan.
UNY sekarang telah mempunyai 8 fakultas yang terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), dan Program Pascasarjana (PPs)
UNY telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT secara institusi. Selain itu, akreditasi program studi UNY mayoritas sudah mendapatkan akreditasi A. Program studi favorit UNY antara lain adalah PGSD, Pendidikan Matematika, Pendidikan Teknik Informatika, dan masih banyak lagi.

3. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA)

UIN SUKA (UIN Sunan Kalijaga) - Universitas Terbaik di Yogyakarta
UIN YK- gambar : www.hidayatullah.com

UIN Sunan Kalijaga adalah salah satu universitas terbaik di Yogyakarta, dimana universitas ini berdiri pada 26 September 1951. Kampus UIN berada di perbatasan antara Kota Yogyakarta dan kabupaten Sleman yakni di Jalan Marsda Adisucipto No. 1.
UIN SUKA sekarang mempunyai 8 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana, dimana masing-masing fakultas tersebut mempunyai banyak pilihan program studi. Terdiri dari Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pascasarjana.
Saat ini UIN SUKA telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Selain itu, akreditasi program studi UIN Jogja juga sudah banyak yang mendapatkan akreditasi A. Tertarik untuk kuliah di universitas ini?

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) - Universitas Terbaik di Yogyakarta
UMY – gambar : umy.ac.id

UMY adalah universitas swasta dan menjadi salah satu universitas terbaik di Yogyakarta. UMY didirikan pada 1 Maret 1981 yang berlokasi di Jalan Lingkar Selatan, Kasihan, Bantul, DIY.
Sekarang UMY mempunyai 9 Fakultas dan Program Pascasarjana. Fakultas UMY terdiri dari Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Isipol, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Pendidikan Bahasa, Program Vokasi/Politeknik UMY (D III).
Masing-masing fakultas tersebut terdiri dari berbagai macam jurusan. Saat ini UMY telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT dan sudah banyak akreditasi program studi UMY telah A. Untuk program studi favorit di UMY adalah Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi.

5. Universitas Sanata Dharma (USD)

USD (Universitas Sanata Dharma) - Universitas Terbaik di Yogyakarta


Universitas Sanata Dharma atau sering dikenal dengan USD adalah salah satu universitas swasta terbaik di Yogyakarta. Kampus USD sendiri tersebar di beberapa wilayah di Yogyakarta dan terdiri dari 5 Kampus.
Saat ini USD telah mempunyai 7 fakultas dan satu program pascasarjana. Fakultas USD terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Farmasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Sastra, Fakultas Teologi, dan
Program Pasca Sarjana.
Selain itu, Universitas Sanata Dharma telah memperoleh akreditasi A secara institusi oleh BAN PT. Program studi terkenal di USD antara lain Farmasi, Psikologi, dan Akuntansi.

6. Universitas Islam Indonesia (UII)

UII (Universitas Islam Indonesia) - Universitas Terbaik di Yogyakarta
UII – gambar : www.uii.ac.id

Universitas Islam Indonesia atau yang lebih dikenal dengan UII adalah salah satu perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia dan berada di Yogyakarta. UII berdiri pada tanggal 8 Juli 1945 dengan nama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang berada di Jakarta.
UII terdiri dari 8 fakultas dan satu program internasional. Fakultas UII terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Agama Islam, Fakultas Kedokteran, Fakultas MIPA, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakutas Teknologi Industri, dan International Program.
Sekarang ini UII telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Mayoritas akreditasi program studi UII telah mendapatkan akreditasi A. Sehingga tak heran UII masuk dalam universitas terbaik di Yogyakarta.

7. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

UKDW (Universitas Kristen Duta Wacana) - Universitas Terbaik di Yogyakarta
UKDW – gambar : maps.google.com

Universitas Kristen Duta Wacana atau yang bisa dipermudah dengan sebutan UKDW, adalah sebuah perguruan tinggi kristen swasta yang terletak di Yogyakarta, Jawa Tengah. Universitas ini resmi berdiri pada tahun 1985, sebelum resmi berdiri sebagai UKDW universitas ini dulunya adalah Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana yang merupakan gabungan dari Akademi Theologia Jogjakarta dan Sekolah Theologia Bale Wiyata, Malang Dari segi akreditasinya, universitas ini telah mendapatkan akreditasi kampus sejak tahun 1988, untuk program studinya sendiri, pada saat ini Universitas Kristen Duta Wacana tercatat telah memiliki 6 fakultas dan 12 program studi yang terdiri dari berbagai jenjang pendidikan, yaitu 9 prodi untuk Strata 1 dan sisanya adalah program Magister / S2.

8. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

UAD (Universitas Ahmad Dahlan) - Universitas Terbaik di Yogyakarta
UAD – gambar : okezone.com
Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adalah pengembangan dari IKIP Muhammadiyah Yogyakarta yang merupakan pengembangan FKIP Muhammadiyah Cabang Jakarta, yang berdiri pada 18 November 1960. UAD telah memiliki sebuah saluran televisi, yaitu Televisi Universitas Ahmad Dahlan (TV UAD). Jika Quipperian merasa tertarik dalam dunia broadcasting, maka UAD memiliki sebuah keunggulan tersendiri.



9. Universitas Atma Jaya (UAJY)

UAJY (Universitas Atma Jaya) - Universitas Terbaik di Yogyakarta
UAJY – gambar : www.uajy.ac.id

Universitas Atma Jaya Yogyakarta atau sering dikenal dengan UAJY adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. UAJY sekarang telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT secara institusi.
UAJY terdiri dari beberapa fakultas antara lain Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknobiologi, Fakutas Teknologi Industri, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Program Magister.

10. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPN)

UPN Veteran Yogyakarta - Universitas Terbaik di Yogyakarta
UPN YK – gambar : upnyk.ac.id

UPN Yogyakarta adalah salah satu universitas terbaik di Yogyakarta. UPN sebelumnya adalah kampus swasta, akan tetapi setelah tahun 2014 berubah menjadi berstatus kampus negeri.
Saat ini UPN “Veteran” Yogyakarta mempunyai 5 fakultas yakni Fakultas Teknologi Mineral, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Saat ini UPN Yogyakarta mempunyai akreditasi institusi B, namun sudah banyak akreditasi program studi UPN Y yang sudah A. Jurusan yang terkenal dan favorit di UPN Jogja adalah Teknik Geologi, Agribisnis, Teknik Pertambangan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Kampus Dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia



Penelusuran yang terkait dengan Universitas Terbaik Dengan Akreditas A di Yogyakarta
  • universitas negeri di yogyakarta yang murah
  • universitas di jogja
  • jurusan universitas negeri yogyakarta
  • kampus tertua di yogyakarta
  • universitas atma jaya yogyakarta
  • jumlah universitas di jogja
  • universitas terbaik di jawa tengah dan yogyakarta
  • universitas terbaik di indonesia

Tidak ada komentar untuk "Universitas Terbaik Dengan Akreditas A di Yogyakarta 2020 Rekomendasi Buat Kamu!!"