Pengertian Tentang Penulis (Writer) , Karaker, Keterampilan, Peran dan Tanggung Jawab Secara Lengkap

Bidang Pekerjaan yang membutuhkan Penulis
Penulis merupakan pelaku kreatif yang menciptakan suatu karya tulis baik berupa karya fiksi (novel, cerpen, puisi) maupun non-fiksi (karya ilmiah, makalah, jurnal, artikel). Karya-karya yang diciptakan oleh penulis biasanya mewakili ide, pikiran, dan perasaannya. Bidang pekerjaan penulis tidak hanya sebatas buku dan teks lho. Ada juga penulis yang terlibat dalam penulisan naskah skenario iklan. Nah penulis yang bekerja di industri periklanan ini biasanya tergabung di divisi creative and scriptwriter. Para penulis skenario ini tugasnya menulis naskah iklan supaya pesan yang ingin disampaikan lewat suatu produk bisa dimengerti oleh khalayak. Lain lagi dengan content writer, profesi ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan khususnya yang sedang mengembangkan platform digital. Para content writer ini punya tanggung jawab untuk mengelola isi konten dari website perusahaan, termasuk mengisi deskripsi produk yang diperdagangkan perusahaan.



Karakter Seorang Penulis

1. Peduli terhadap Orang Lain
Seorang penulis akan membagikan pengetahuannya dalam bentuk tulisan karena ingin memperbaiki kehidupan orang lain. Ini membuatnya terus belajar seraya berupaya memahami kebutuhan, bahkan kesulitan orang lain, dengan tujuan agar dapat memberikan informasi yang akurat demi kepentingan orang lain.

2. Kritis
Seorang penulis selalu mengajukan pertanyaan kepada orang lain, bahkan kepada dirinya sendiri. Ia akan selalu berupaya mencari tahu alasan di balik setiap pernyataan, kejadian, atau pun tindakan.

3. Peka
Seorang penulis akan selalu mencari dan menemukan apa yang disukai orang lain. Kepekaannya membuat ia dapat menuliskan tentang berbagai macam orang, baik itu baik atau buruk, membosankan atau menarik. Saat seorang penulis gagal mempelajari berbagai karakter manusia, ia tidak akan dapat memotret sebuah karakter dalam tulisannya dengan baik dan wajar. Ya, dalam sebuah tulisan, bahkan hewan imajinasi yang tidak pernah ada di dunia nyata pun harus memiliki karakter dari seorang manusia.

4. Imajinasi
Seorang penulis harus memiliki imajinasi yang tinggi. Daya imajinasi ini dapat ditumbuhkan melalui buku, film, gambar, orang, bahkan tempat tertentu.

5. Suka Membaca
Seorang penulis harus suka membaca, baik itu membaca artikel, berita, buku, majalah, puisi. Selain itu, penulis juga harus dapat membaca suatu situasi, keadaan, atau pun apa saja yang tidak tertulis dan terucap. Seorang penulis juga harus membaca tentang menulis. Mereka harus membaca tulisan orang lain, bahkan tulisannya sendiri berulang kali.

6. Pengamat
Seorang penulis adalah pengamat yang terampil karena ia harus dapat memperhatikan hal-hal yang bahkan tidak diperhatikan oleh orang lain. Mereka juga harus memperhatikan secara detil tentang suatu hal sehingga dapat menemukan hal lainnya lagi.

7. Empati Tinggi
Seorang penulis sering merasakan diri mereka berada di situasi yang sedang dialami orang lain. Mereka suka menginstropeksi diri dengan selalu menanyakan MENGAPA ia merasa seperti ini. Ia juga selalu membuat catatan tentang bagaimana suatu kejadian atau apa yang orang lain katakan membuatnya merasakan sesuatu. Bahkan dalam beberapa kasus, seorang penulis dapat menuliskan perasaannya dalam sebuah tulisan.

8. Analitis
Seorang penulis harus memiliki keterampilan untuk menganalisa dirinya sendiri, orang lain, bahkan segala sesuatu. Saat seorang penulis melihat suatu kejadian, ia memecahkan situasi tersebut dalam kejadian-kejadian yang lebih kecil dan sederhana, menyelidikinya berulang kali, membuatnya menjadi suatu ide, dan menuliskannya.

9. Disiplin Diri
Jika seorang penulis mudah disimpangkan, tidak dapat menyelesaikan tulisannya, mudah menjadi bosan, selalu membuat alasan untuk tidak duduk dan berkonsenterasi, maka ia akan tidak dapat mendisiplin dirinya sendiri. Ini berarti ia bukanlah penulis yang ulet dan tekun untuk duduk dan menulis .


10. Menulis Ulang
Ada saat-saat tertentu dimana ide awal dalam tulisan bisa jadi merupakan kesalahan dan itu HARUS dibuang. Ya, seorang penulis harus selalu mengingat Aturan #1 Penulisan: Ide awal adalah sampah. Dan kebanyakan penulis tahu pasti bahwa aturan ini memang benar. Mereka akan memikirkan kembali apa yang telah mereka tulis, sehingga ini terkadang membuat mereka harus membuang, memperbaiki, atau pun menulis kembali.

11. Menerima Kritikan
Seorang penulis harus dapat menerima, bahkan senang, dikritik. Tidak semua buku disukai, ini berarti tidak semua orang akan menyukai tulisan yang ditulis oleh penulis tertentu. Ya, tidaklah mungkin untuk membuat semua orang menyukai tulisan yang ditulis

12. Tidak Mudah Menyerah
Para penulis sering menerima penolakan dari agen, percetakan, editor, jurnal, majalah, perlombaan, dan sebagainya .


Keterampilan yang Harus dimiliki Penulis

1. Menemukan Objek yang Akan di Tulis

Sebelum kalian membuat sebuah tulisan, tentu perlu adanya sebuah objek yang akan kalian tulis. Objek sangat penting, karena objek merupakan peran utama dalam sebuah penulisan. Tanpa adanya objek tentu kalian tidak akan bisa mengahsilkan tulisan.

2. Peka Terhadap Kondisi Pembaca

Apa tujuan kalian membuat sebuah tulisan? Pasti karena kalian ingin karya kalian dinikmati oleh orang lain kan. Untuk tau buku kalian berpotensi atau tidak, kalian harus menempati posisi sebagai pembaca. Apakah kalian nyaman membaca tulisan itu? Jika iya, itu artinya buku kalian berpotensi untuk dinikmati orang lain.

3. Bahasa Indonesia

Tentu kalian setuju kan, jika seorang penulis harus memiliki kemampuan Bahasa Indoensia yang memadai. Coba bayangkan jika kemampuan Bahasa Indonesia seorang penulis berantakan? Bagaimana bisa karyanya dinikmati orang lain? Nah, makanya kemampuan Bahasa Indonesia kalian harus terus diasah, agar karya kalian menjadi sempurna.

4. Memeriksa Hasil Karya

Apa kalian pernah merasa bahwa karya kalian jelek? Atau malah kalian merasa karya kalian adalah yang terbaik? jangan berfikir terlalu berlebihan. Tentu kalian setuju jika setiap karya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebagai penulis yang baik kalian harus selalu memeriksa hasil karya yang telah kalian buat. Kalian harus memiliki kemampuan memeriksa karya kalian. Tujuannya adalah untuk meminimalisir kesalahan kalian


Peran dan Tanggung Jawab

  • Menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan, serta mengembangkannya menjadi sebuah karya untuk dinikmati pembaca.
  • Melakukan penyuntingan naskah bersama editor pada final draft sebelum naik cetak.
  • Memberi informasi kepada pembaca tentang apa yang seharusnya diketahui dan dipahami pembaca tersebut.
  • Mengumpulkan bahan-bahan yang akan dijadikan rujukan dalam tema tulisan.

Keahlian Yang Dibutuhkan Penulis

Sebagian besar penulis lebihmenyukai penulis freelance "paruh waktu". Penulis yang bekerja permanen sebagai penulis biasanya pada penulis teknis, akademik atau jurnalis peran, penulis buku. Pada umumnya seorang penulis harus memiliki tiga keterampilan dasar:
  • Keterampilan berbahasa dalam merekam bentuk lisan ke tulisan, termasuk kemampuan menggunakan ejaan, tanda baca, dan pemilihan kata.
  • Keterampilan penyajian, seperti pengembangan paragraf, merinci pokok bahasa menjadi sub bahasan pokok, dan susunan secara sistematis.
  • Keterampilan perwajahan, termasuk kemampuan pengaturan tipografi seperti penyusunan format, jenis huruf, kertas, tabel dan lain sebagainya.
Sedang keterampilan tambahan adalah sebagai berikut:
  • Ketekunan
  • Komunikasi tertulis yang sangat baik
  • Sebuah pemahaman yang baik dari narasi
  • Kesadaran khalayak
  • Kemampuan menggunakan media lain untuk menulis seperti penggunaan gambar, sampul, media online dll

Tugas utama seorang penulis

  • Menulis, editing dan proofreading teks
  • Penghubung dengan profesional lainnya seperti printer, fotografer dan seniman
  • Pemasaran dan distribusi kerja
  • Meneliti dan mengembangkan kontak
  • Mencari kontrak penerbitan
  • Negosiasi syarat dan ketentuan kontrak
  • Administrasi Umum

Bidang Pekerjaan yang membutuhkan Penulis

Bidang profesional :
  • Webmaster (penulis untuk konten blog/ web profesional)
  • Penerbit
  • Koran dan majalah
  • Radio atau televisi drama
  • Studio film
  • Buku
  • Penulis naskah (drama /perfilman)
  • Penulis karya ilmiah, akademik, penelitian, jurnalistik, opini dll


Jurusan Terkait

Jika kamu ingin berkarier pada profesi ini, maka ilmu yang harus kamu kuasai adalah: Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Semua bidang keilmuan
  1. Sastra Indonesia
  2. Sastra Inggris

Penelusuran yang terkait dengan Tentang Penulis (Writer)
  • pekerjaan penulis
  • dimana penulis bekerja
  • tugas penulis adalah
  • profesi penulis
  • sebutan untuk penulis novel
  • apakah yang dimaksud penulis dengan momen terlemahnya
  • lingkup pekerjaan penulis
  • pengertian penulis

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Tentang Penulis (Writer) , Karaker, Keterampilan, Peran dan Tanggung Jawab Secara Lengkap"

Berlangganan via Email