Pengertian Kerja freelance - Jenis Pekerjaan Freelance Terpopuler, Tipe Pekerja Freelance, Keuntungan dan Kerugian Bekerja Freelance (Paruh Waktu) Secara Lengkap

Kerja freelance atau kerja lepas Beserta Kelamahan dan Kelebihannya

Apa itu pekerjaan freelance?

Kerja freelance atau kerja lepas merupakan istilah yang biasa digunakan untuk orang yang bekerja sendiri dan tidak harus berkomitmen untuk jangka panjang kepada perusahaan, owner bisnis maupun pemilik usaha tertentu sehingga kerjaan sebagai freelance tidak bersifat terikat dengan aturan perusahaan. Dan orang yang melakukan pekerjaan freelance disebut sebagai freelancer.

Bidang pekerjaan yang paling umum menggunakan pekerja lepas (freelancer) ini biasanya dalam bidang penjualan (marketing, sales, SPG/SPB,dll), musik, menulis, pemrograman komputer, desain web, desain grafis, , fotografi, menerjemahkan /translate, editing dsb.


Jenis Pekerjaan Freelance Terpopuler

  • Penulis


Jika Anda merasa memiliki talenta dalam menulis, jangan sia-siakan begitu saja. Menulis adalah salah satu pekerjaan freelance atau paruh waktu yang paling banyak dibutuhkan, dan juga sekaligus diminati. Kalau Anda merasa dapat mengekspresikan apa yang diketahui melalui penyusunan kata-kata, cobalah untuk menjadi seorang penulis lepas. Selain pekerjaan tersebut tidak banyak memakan waktu dan tenaga, hobi Anda pun tersalurkan. Setidaknya kini tulisan tidak hanya duduk berdebu di buku harian, tetapi dapat di share untuk banyak orang di luar sana, kan? Menulis freelance cocok untuk dilakukan bagi kalian para mahasiswa, pekerja paruh waktu, atau bahkan yang sudah pensiun. Fleksibel, kan?
  • Analis dan konsultan bisnis

Profesi pertama yang cukup dicari adalah analis dan konsultan bisnis. Tapi sayangnya, tidak sembarang orang bisa melakukannya. Bahkan profesi ini dihargai dengan gaji yang cukup besar.Tugasnya adalah untuk mengumpulkan dan menganalisis data dan informasi dari suatu permasalahan bisnis. Profesi ini adalah jenis pekerjaan freelance dengan tingkat stres yang cukup beragam, namun menawarkan jadwal kerja yang cukup fleksibel.
  • Voice over

Pekerjaan yang satu ini memang nampak menyenangkan. Tidak perlu memiliki suara yang bagus, yang terpenting adalah suaramu sesuai dengan yang dicari oleh perusahaan atau produk tersebut.Kamu mungkin akan terkejut dengan banyaknya peluang yang ada, untuk suara video game, pembacaan audiobook, instruksi e-learning, dan banyak lagi. Asyiknya, pekerjaan macam ini bisa dilakukan dari tempatmu sendiri atau tergantung kesepakatan dengan klien.
  • Pemandu Wisata

Jika Anda berasal dari perguruan tinggi pariwisata, pekerjaan freelance sebagai pemandu wisata di travel agent atau tempat-tempat wisata adalah pilihan yang cocok. Bukan dari jurusan pariwisata? Tidak apa-apa. Kalau Anda menyukai dan adalah penggiat travelling dan memiliki wawasan luas mengenai dunia pariwisata, Anda bisa tetap coba melamar sebagai pemandu wisata.
Cobalah ambil waktu di akhir pekan, agar fleksibel dan bebas, dan juga tidak menggangu jadwal perkuliahan atau kerja tetap Anda, karena seorang pemandu wisata membutuhkan waktu sangat banyak. Tapi jangan khawatir, karena pekerjaan ini memberikan Anda kesempatan jalan-jalan gratis dan bertemu banyak orang baru setipa minggunya, kan? Lowongan pekerjaan sebagai pemandu wisata sangat banyak untuk musim liburan. Layak dicoba, kan?
  • Guru Les Privat


Anda memiliki ilmu salah satu pelajaran atau mata kuliah yang Anda telah pelajari? Karena selain uang yang didapatkan, Anda pun menimba tambahan ilmu lagi. Ingat, mengajari orang adalah salah satu cara belajar untuk diri Anda sendiri yang ampuh, loh. Memiliki kemampuan berbahasa asing yang mumpuni? Coba lamar kerja di tempat kursus bahasa asing. Pandai matematika? Banyak anak SMA yang membutuhkan les privat pelajaran tersebut.
  • Reporter atau Kontributor


Kalau Anda kuliah di bidang jurnalistik, atau setidaknya memiliki minat di dunia jurnalistik, coba untuk bekerja sebagai reporter freelance di media. Zaman sekarang seorang jurnalis tidak harus bekerja full time dan tetap di satu kantor. Berkat internet, citizen jurnalis sekarang mampu memberikan kontribusi untuk memberitakan berita pula. Banyak media cetak maupun elektronik yang membuka lowongan part time atau freelance di daerah-daerah lokal.
Tugasnya cukup sederhana namun menantang, yaitu seperti memberikan laporan kejadian di tempat yang telah ditentukan, atau membuat berita mengenai daerah tempat tinggal Anda.
  • Data entry

Buat kamu yang masih kuliah atau fresh graduate, pekerjaan ini cukup banyak diminati. Data entry merupakan jenis pekerjaan yang cukup diminati di situs pekerja lepas karena tugasnya sangat mudah. Jika kamu mendapatkan proyek semacam ini biasanya kamu hanya diberi tugas untuk memasukkan data ke database lewat form online yang sudah mereka sediakan. Mudah, kan?
  • Desainer grafis

Pekerjaan freelance yang satu ini cocok bagi kamu yang senang menggambar dan memiliki kemampuan desain grafis. Tidak sembarang orang memiliki keahlian desain grafis. Sehingga, tidak heran jika desain grafis merupakan salah satu keahlian yang dihargai cukup mahal. Pekerjaan yang memerlukan keahlian desain grafis sangat banyak misalnya saja membuat logo, ilustrasi, brosur, dan sebagainya.
  • Web designer


Menjadi freelance web designer memiliki tuntutan yang cukup tinggi. Penguasaan HTML, JavaScript dan CSS wajib hukumnya kamu kuasai. Selain itu, kamu juga harus mahir menggunakan berbagai tool untuk mendesain grafis seperti Photoshop dan Corel Draw.Pekerjaan freelance di bidang ini harus bisa merancang sebuah website yang tidak hanya mempunyai tampilan indah tapi juga unik, menarik dan efektif. Namun semua itu sebanding dengan tingginya bayaran yang diterima oleh seorang desainer web.
  • Digital marketer

Pernah dengar profesi digital marketer? Di era yang serba online seperti sekarang ini, profesi digital marketing semakin banyak dicari terutama oleh perusahaan-perusahaan besar maupun kecil yang memasarkan produk dan layanannya lewat Internet.Profesi ini dituntut untuk menguasai berbagai macam strategi pemasaran secara online. Freelancer ini harus memahami email marketing, pay per click atau PPC, search engine marketing, media sosial, SEO management, dan sebagainya.
  • Proofreader

Anda merasa diri cukup teliti dalam editing atau proofreading sebuah karya tulisan? Ada loh beberapa media atau penerbit yang membutuhkan part time dan freelance sebagai proofreader! Tugas Anda adalah mengecek dan mengoreksi naskah untuk penggunaan bahasa, mencari apakah terdapat kesalahan penulisan, apakah sesuai EYD, dan lainnya. Maka dari itu dibutuhkan ketelitian dan kejelian yang tinggi.
  • Barista


Suka nongkrong di coffee shop bareng teman-teman, dan mencoba beragam jenis minuman baru? Kenapa tidak coba jadi baristanya saja? Lowongan sebagai barista banyak ditawarkan di coffee shop, khususnya untuk part time. Persyaratannya juga cukup mudah kok. Kirimkan CV dan resume, dan biasanya tidak dibutuhkan pengalaman khusus. Jam kerja pun disesuaikan dengan jam kuliah atau jadwal keseharian Anda.
  • Fotografer


Di zaman kini banyak kebutuhan foto yang semakin mendesak, untuk keperluan berbagai macam acara. Mulai dari pesta pernikahan, pesta ulang tahun, acara wisuda, dan event-event khusus lainnya. Jika hobi fotografi Anda didukung dengan kemampuan memotret dan skill editing foto yang baik, kenapa tidak coba tawarkan jasa foto?
Mulailah dengan menawarkannya kepada teman-temanmu dahulu. Dengan bermodalkan kamera DLSR dan kemampuan-kemampuan di atas sudah cukup, kok. Lagi pula, bekerja sebagai fotografer kamu juga bisa sekaligus mengembangkan skill fotografimu. Bisa juga ini jadi salah satu upaya dan usahamu untuk merintis bisnis kecil-kecilanmu nanti ‘kan?
  • Ahli SEO

Nah, profesi freelance yang satu ini juga tak kalah populer dengan digital marketer. SEO adalah suatu teknik untuk meningkatkan posisi sebuah situs atau halaman web di hasil mesin pencarian. Tujuannya sudah jelas, yaitu agar situs atau halaman web tersebut mudah ditemukan oleh pengguna Internet.Para pemilik situs web berani membayar mahal untuk mempekerjakan ahli SEO karena pekerjaan tersebut memang sangat susah dan butuh waktu yang cukup lama untuk mempelajari teknik-teknik SEO tersebut.
  • Java programmer

Java merupakan bahasa pemrograman multiplatform. Artinya, programming language ini bisa dijalankan di berbagai platform. Di masa depan, programmer yang menguasai bahasa pemrograman ini bisa dibilang prospeknya sangat cerah. Mengapa demikian? Karena yang membutuhkan sangat banyak. Selain itu, yang pasti bayaran yang diterima oleh programmer Java termasuk tinggi.


Tipe Pekerja Freelance

Meski secara demografi tersebar, para pekerja lepas itu secara umum bisa dibagi ke dalam 4 tipe berikut ini.
  1. Free Agents - Mereka yang dengan sadar memilih untuk menjadi pekerja lepas dan sepenuhnya menggantungkan pemasukan dari situ.
  2. Casual Earners  - Mereka yang melakukan pekerjaan lepasan untuk mendapatkan pemasukan tambahan, namun hanya sebagai sampingan saja.
  3. The Reluctants - Mereka yang menggantungkan hidup dari pekerjaan lepasan, tetapi sebenarnya ingin menjadi pekerja kantoran.
  4. The Financially Strapped - Mereka yang melakukan pekerjaan tambahan karena terpaksa untuk memenuhi kebutuhan.

Keuntungan Bekerja Freelance (Paruh Waktu)


Mengutip dari Wikipedia, freelance atau tenaga lepas merupakan adalah seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada majikan jangka panjang tertentu.Melalui definisi tersebut saja kita sudah bisa melihat bahwa seorang freelance adalah tenaga “lepas” artinya tidak terikat. Jadi, tentunya banyak keuntungan dari bekerja lepas seperti ini.Misalnya saja beberapa keuntungan berikut ini:
  • Adanya Kebebasan
Teknologi modern memungkinkan Anda untuk menjalankan pekerjaan di mana saja tanpa repot. Dengan bantuan internet, laptop, dan aplikasi, kini menyelesaikan pekerjaan semudah membalikkan telapak tangan.Kebebasan ini adalah salah satu keuntungan yang sangat jelas dari bekerja freelance. Anda tidak terikat jam kerja dan ruang kantor. Anda bebas!
Kebebasan ini dapat menjadi sebuah motivasi untuk bekerja lebih keras, karena kenyataannya jam kerja dan aturan yang membatasi Anda biasanya hanya menjadi pemicu kemalasan dan mengakibatkan pekerjaan tidak efektif.
  • Potensi Perkembangannya Sangat Tinggi
Menjadi freelance merupakan cara mudah dan tercepat dalam memperoleh kesuksesan. Perkembangannya yang tumbuh secara eksponensial mungkin terjadi akibat sistem yang mendukungnya secara sempurna.
  • Fleksibel
Seperti telah diungkapkan sebelumnya, bekerja freelance artinya Anda tidak terikat pada satu majikan saja. Anda bebas mengambil beberapa pekerjaan sekaligus, yang artinya Anda juga bisa bekerja sebanyak yang Anda mau.Jadi kelebihan utamanya, tentu Anda bisa mendapatkan penghasilan lebih besar daripada karyawan biasa. Semua tergantung pada kemampuan dan ketekunan diri kita sendiri.Meskipun Anda tidak mempunyai kontrak jangka panjang dengan perusahaan, tapi boleh jadi Anda mengangkut lebih banyak uang daripada karyawan tetap perusahaan.
  • Akses Tanpa Batas
Keindahan internet adalah kemungkinan akses 24/7 tanpa batas. Internet tidak dibatasi oleh letak geografis dan waktu operasional.Bekerja freelance artinya Anda bisa menghasilkan uang kapan saja, Anda bisa melakukan pekerjaan kapan saja dan dengan cara apapun.
  • Banyak Pengalaman dan Networking
Dengan bekerja freelance, artinya Anda akan bekerja untuk beberapa klien atau perusahaan sekaligus. Anda tidak melulu bekerja demi kepentingan satu perusahaan saja.Dengan demikian, Anda memperoleh pengalaman jauh lebih banyak dibandingkan saat bekerja penuh waktu untuk satu perusahaan. Pengalaman ini tentunya akan meningkatkan kemampuan Anda dari waktu ke waktu.
  • Menjadi Bos atas Diri Sendiri
Kelebihan lainnya dari bekerja freelance adalah Anda tidak memiliki atasan langsung. Memang betul Anda bekerja untuk klien atau perusahaan tertentu, tapi tentunya Anda tidak terikat dengan peraturan perusahaan akan atasan dan bawahan.
  • Freelancer dapat bekerja di beberapa perusahaan sekaligus
Pekerjaan freelance lebih beragam daripada pekerjaan karyawan tetap pada sebuah perusahaan. Freelancer dapat menerima beberapa pekerjaan sejenis dari beberapa perusahaan . Penulis freelance dapat menulis untuk sebuah situs online, menulis buku cerita anak (penerbitan), atau menulis artikel untuk koran (surat kabar).


Kerugian Bekerja Sebagai Freelancer

Kerugian Bekerja Sebagai Freelancer – Keuntungan dan Kelemahan Bekerja sebagai Freelancer – stil.kurir.rs
  • Frekuensi pekerjaan tidak menentu
Seorang freelancer belum tentu mendapatkan pekerjaan secara rutin atau datang silih berganti setiap bulannya. Apalagi jika ia hanya mengandalkan pekerjaan dari satu klien saja. Hal ini memengaruhi pendapatan yang diperoleh seorang freelancer, kadang penghasilannya besar atau tak ada sama sekali. Atau kadang ia merindukan proyek meski bernilai kecil tetapi tidak ada satu pun pekerjaan yang ia dapatkan.
  • Tidak mendapatkan asuransi kesehatan
Seorang freelancer tidak mendapatkan jaminan asuransi kesehatan jika sakit seperti yang otomatis diterima karyawan kantoran ketika sakit. Jika sakit mungkin saja bisa menghabiskan tabungan untuk berobat. Maka harus memiliki asuransi dari perusahaan swasta atau bisa membuat BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial)
  • Tertipu sang pemberi kerja
Freelancer terkadang menerima pekerjaan dari internet saat berselancar di media sosial atau mengunjungi situs pemberi proyek online. Tidak semua pemberi kerja berlaku jujur, terkadang freelancer tidak mendapatkan bayaran atas kerja kerasnya karena sang pemberi kerja ingkar janji.
  • Jam kerja melebihi delapan jam
Terkadang jam kerja freelancer melebihi jam kerja harian seorang karyawan kantor. Seorang freelancer seringkali bergadang sampai larut malam demi menyelesaikan dateline yang harus ia selesaikan. Hal ini bisa diantisipasi dengan pengaturan timeline dan measurement yang tepat sehingga tak ada istilah kebut semalam.



Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Kerja freelance - Jenis Pekerjaan Freelance Terpopuler, Tipe Pekerja Freelance, Keuntungan dan Kerugian Bekerja Freelance (Paruh Waktu) Secara Lengkap. Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Kerja freelance - Jenis Pekerjaan Freelance Terpopuler, Tipe Pekerja Freelance, Keuntungan dan Kerugian Bekerja Freelance (Paruh Waktu) Secara Lengkap"

Berlangganan via Email