Pengertian Sales Representative Beserta Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Sales Representative

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Representative Beserta Gajinya
Peran Sales Representative adalah memamerkan dan menjual produk, layanan, atau ide menggunakan keterampilan komunikasi yang mereka miliki.Dengan dilengkapi dengan materi pemasaran yang dikembangkan oleh perusahaan, Sales Representative sering kali mengadakan pertemuan “On The Road” dengan calon pembeli, memberikan arahan, dan membangun hubungan atau menyambut pelanggan secara ramah di toko.Bakat alami yang dimiliki Sales Representative untuk bisa membangun komunikasi yang menyenangkan, akan mempermudah terjalinnya hubungan baik dengan pelanggan, sehingga menunjang bidang penjualan untuk meraih pencapaian yang tinggi.


Apa yang Diperlukan Seorang Sales Representative?

Jika kamu tertarik akan pekerjaan ini, berikut beberapa keterampilan yang wajib kamu punya:
  1. Keterampilan customer service - Keterampilan yang pertama adalah customer service. Sales representative harus dapat berkomunikasi dengan ramah kepada konsumen agar konsumen merasa nyaman. 
  2. Keterampilan mendengar - Tidak hanya kemampuan untuk mendekati dan berkomunikasi dengan ramah kepada konsumen. Melainkan, sales representative juga memerlukan keterampilan mendengar apa yang diperlukan dan dibutuhkan oleh konsumen. 
  3. Keterampilan berkomunikasi - Sales representative harus dapat mendeskripsikan fitur dan keunggulan sebuah produk atau jasa yang mereka jual. Selain itu, sebagai penjual kamu harus fasih menjawab pertanyaan yang akan diajukan oleh konsumen. Pentingnya memiliki kemampuan berkomunikasi, bertujuan agar mampu menjelaskan secara komprehensif dan persuasif pada konsumen. 
  4. Fleksibel - Sales representative mungkin harus bekerja di luar jam kerja orang-orang lainnya. Mereka perlu menyesuaikan dengan waktu klien, yang mungkin beberapa diantaranya berada di luar zona waktu sales representative berada, contoh selesai jam kerja. Mereka diperlukan untuk bekerja sampai malam hari bahkan di akhir pekan. Oleh karena itu, fleksibilitas di sini sangatlah diperlukan. 
  5. Gigih - Dalam praktiknya, transaksi jual beli tidak akan selalu berjalan mulus. Akan ada banyak calon pembeli yang bersikap diluar ekspektasi. Mungkin, beberapa transaksi baru akan berhasil di pertemuan ke-3 atau ke-4. Di sinilah kemampuan untuk tetap gigih sangat diperlukan. Mereka sebaiknya tidak mudah menyerah dan dapat menghadapi tantangan yang ada dalam transaksi dengan klien dan konsumen. 
  6. Berpikiran kritis - Menyambung poin sebelumnya, sales representative memerlukan kemampuan critical thinking untuk mencari solusi pada tiap masalah yang sedang datang. Mereka harus dapat mempertimbangkan segala kemungkinan dan mengambil keputusan yang bijak dalam menyelesaikan masalah.


Tugas Sales Representative

Seorang Sales Representative memiliki banyak tugas dan multitasking. Namun, ada beberapa kegiatan utama yang perlu dilakukan dan berhasil diselesaikan. Di bawah ini adalah deskripsi dari beberapa kegiatan Sales Representative yang perlu Anda ketahui.

1. Membuka Pasar Baru

Tugas utama seorang Sales Representative adalah untuk memastikan bahwa produk yang dipatenkan dalam bentuk layanan atau bawang tertentu semakin diakui oleh masyarakat umum. Jenis peluncuran juga tergantung pada spesialisasi penjualan. Beberapa menggunakan media sosial sebagai senjata utama, ada yang menggunakan metode canvassing, ada yang menggunakan metode door to door, dan banyak cara lain yang umumnya digunakan untuk menyampaikan pengetahuan produk kepada pelanggan baru yang potensial.

2. Melakukan Pengenalan Produk Terhadap Konsumen

Pekerjaan selanjutnya untuk Sales Representative adalah memastikan bahwa masyarakat mendapat informasi tentang informasi terperinci dan spesifikasi produk perusahaan. Oleh karena itu, Sales Representative harus memiliki pengetahuan produk di atas rata-rata. Dengan cara ini, mereka dapat menanggapi antusiasme dan keingintahuan masyarakat umum yang mendengarkan informasi produk di mana-mana. Bagaimana mungkin seseorang bisa menjadi penjual bisa tidak memahami produk dengan baik.

3. Menjual Produk Dan Mencapai Target Penjualan Yang Ditentukan

Selain itu, Anda perlu tahu bahwa kegiatan penting lainnya sebagai Sales Representative adalah melakukan penjualan reguler ke konsumen yang telah menjadi pelanggan dan pelanggan baru. Mereka diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk perusahaan tempat mereka bekerja dan mencapai tujuan perusahaan. Kami tidak dapat memberikan informasi spesifik tentang tujuan ini karena setiap perusahaan memiliki standar yang berbeda.

4. Menjaga Hubungan Baik Dengan Konsumen

Sales Representative keempat bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen. konsumen yang berlangganan dan yang baru. Bahkan dengan pelanggan potensial yang belum melakukan pembelian, mereka perlu mempertahankan hubungan yang baik karena berdasarkan prinsip penjualan, semua pelanggan potensial melakukan pembelian suatu produk atau layanan tergantung pada kemampuan mereka.

5. Membantu Proses Pengiriman Dan Pengembalian Produk Yang di Retur

Selain itu, Anda perlu tahu bahwa kendaraan itu selalu tersedia di dunia penjualan atau di tempat kerja di area mana pun. Keterbatasan dalam dunia perwakilan penjualan, misalnya ada yang cacat pada produk baik dari segi kualitas maupun dari segi kuantitas atau bahkan jika ada barang yang harus dikembalikan, misalnya perwakilan penjualan harus segera menyelidiki dan menyelesaikan masalah dan mencari solusi sampai semua masalah yang terkait dengan pelanggan diselesaikan.

6. Menjaga Reputasi dan Nama Baik Perusahaan

Terakhir, seorang sales representative diwajibkan untuk menjaga nama baik dan reputasi perusahaan tempat mereka beroperasi dan ini harus dilakukan di semua bidang kehidupan mereka, seperti dalam kehidupan sehari-hari dan juga berkenaan dengan media sosial. Seorang perwakilan penjualan harus memilih bahasa yang baik sebagai bentuk representasi untuk perusahaan tempat dia bekerja.


Tanggung Jawab Sales Representative

Jika tugas sales representative sudah anda pahami dengan baik, sekarang anda perlu tahu juga beberapa tanggung jawab yang mutlak diemban oleh seorang sales representative.
  1. Memastikan kalau produk yang dimiliki oleh perusahaan dikenal oleh halayak luas dan target audiens yang dituju.
  2. Memastikan penjualan berlangsung sesuai ekspektasi perusahaan dan memastikan kalau target yang dia emban bisa tercapai setiap bulannya.
  3. Memastikan kalau hubungan baik dengan konsumen perusahaan terjaga dengan baik
  4. Memastikan segala proses yang terkait dengan proses penjualan berjalan sebagaiana mestinya
  5. Memastikan kalau nama baik perusahaan terjaga dengan baik.


Persyaratan Sales Representative

  1. Maksimal umur 50 tahun
  2. Siap meninggalkan kota
  3. Pengalaman di bidang penjualan minimal 1 tahun
  4. Menyenangi bidang penjualan
  5. Komunikasi, inisiatif, negosiasi dan presentasi yang baik
  6. Pekerja keras, jujur, gigih, dan bertanggung jawab untuk pekerjaan itu
  7. Dapat bekerja di bawah tekanan
  8. Kerja tim
  9. Terlihat menarik.

Fasilitas Sales Representative

  1. Gaji pokok
  2. Uang Makan
  3. Insentif
  4. Jenjang karir.


Kualifikasi Sales Representative

Seorang sales representative biasanya tidak dipatok dari segi pendidikan. seorang yang memiliki kapastitas dan pengalaman penjualan yang baik akan didapuk menjadi seorang sales representative oleh perusahaan manapun karena disini yang dilihat adalah kemampuan dari orang tersebut, bukan pendidikannya. Tapi secara umumkebanyakn perusahaan meminta minimal pendidikan SMA sederajat sebagai calon karyawan mereka yang akan mengisi posisi sales representative. 
Pada sisi lain, sales representative haruslah memiliki kemampuan bicara di atas rata rata dan memiliki kemampuan menjual yang baik. terlebih, mereka juga harus memiliki passion dan mental yang kuat agar bisa bertahan di ranah persaingan pasar. Seorang sales representative juga harus memiliki karakter yang supel dan mudah berbaur.

Gaji Sales Representative

Rata-rata gaji Sales Representative di Indonesia adalah Rp. 54,000,000 per tahun atau Rp. 27,692 per jam. Gaji awal posisi tersebut dimulai di kisaran Rp. 24,000,000 per tahun sementara bagi karyawan berpengalaman, gaji berada di kisaran Rp. 74,100,000 per tahun.


Penelusuran yang terkait dengan Sales Representative
  • gaji sales representative
  • sales representative wardah
  • sales representative coca-cola
  • perbedaan sales representative dan sales executive
  • sales representative coca-cola amatil
  • sales representative gudang ada
  • sales representative pharos
  • pengalaman kerja sales representative

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Sales Representative Beserta Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Sales Representative"

Berlangganan via Email