Pengertian Manajer - Fungsi, Keahlian, Tugas dan Tangung Jawab Manajer (Manager) Beserta Gajinya

Tugas dan Tangung Jawab Manajer Beserta Gajinya
Tugas manajer adalah beberapa hal yang harus dipahami di dalam sebuah organisasi khususnya di sebuah perusahaan. Tugas dari seorang manajer memiliki tempat yang khusus di dalam dunia manajemen, yang harus dipahami oleh seluruh pihak. Khususnya orang-orang yang terlibat di dalam proses manajemen. Sederhananya manajer adalah orang yang memana atau mengatur proses manajemen. Definisi lainnya dari manajer adalah seseorang yang memiliki pengalaman, wawasan, dan kemampuan yang baik sehingga disadari oleh organisasi sebagai seseorang yang capable dalam mengarahkan, memimpin, memanage, dan melakukan pengembangan pada organisasi dalam mencapai tujuannya.



Tugas Manajer (manager)

  • Mempertahankan staf dengan merekrut, memilih, mengorientasi, dan melakukan pelatihan karyawan, menjaga lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan tertib.
  • Menyelesaikan dan mengevaluasi kinerja staf dengan berkomunikasi, perencanaan, monitoring, dan menilai hasil pekerjaan.
  • Melakukan coaching, konseling, dan mendisiplinkan karyawan, mengembangkan, mengkoordinasikan sistem, kebijakan, prosedur, dan standar produktivitas.
  • Menetapkan tujuan strategis dengan mengumpulkan bidang bisnis yang bersangkutan, keuangan, layanan, dan informasi.
  • Mengidentifikasi dan mengevaluasi tren, memilih tindakan, mendefinisikan tujuan dan mengevaluasi hasil.
  • Menyelesaikan tujuan keuangan dengan perencanaan kebutuhan, mempersiapkan anggaran tahunan, pengeluaran, menganalisis varians dan memulai tindakan korektif.
  • Mempertahankan kualitas layanan dengan menegakkan standar kualitas dan layanan pelanggan, menganalisis dan menyelesaikan kualitas dan layanan masalah pelanggan, merekomendasikan perbaikan sistem.
  • Mempertahankan pengetahuan profesional dan teknis dengan menghadiri workshop pelatihan, meninjau publikasi profesional, membangun jaringan pribadi, benchmarking, berpartisipasi dalam sosial bermasyarakat secara profesional.
  • Pengambilan keputusan, membuat rencana, menyusun organisasi, pengarahan organisasi, pengendalian, penilaian dan pelaporan.

Tanggung Jawab Manager

Menyelesaikan tujuan organisasi atau perusahaan dengan mengelola staf sesuai dengan departemen yang dia pimpin, bertanggung jawab tentang perencanaan dan evaluasi kegiatan sebuah organisasi atau perusahaan. Seseorang yang tanggungjawab utamanya adalah menjalankan proses atau fungsi manajemen, dengan membuat perencanaan serta mengambil keputusan, mengorganisasikan, memimpin, serta melakukan fungsi pengawasan terhadap manusia/pekerja, keuangan, aset fisik, serta informasi. Dalam pelaksanaan kegiatannya, seorang manajer harus dapat mencapai tujuan organisasi melalui kerjasama dengan banyak orang (staf).

Fungsi Manager

  • Fungsi perencanaan (planning) dari suatu kebijakan yang akan diambil perusahaan serta memprediksikan hasil yang akan didapatkan dari tindakan yang akan diambil tsb.
  • Fungsi pengaturan (organizing), yaitu mengatur, membentuk, mendelegasikan dan menerapkan jalur suatu wewenang/tanggungjawab dan sistem komunikasi, serta mengoordinir kerja setiap anggota organisasi/instansi.
  • Fungsi pengawasan (controlling), yaitu mencakup persiapan atau standar kualitas dan kuantitas hasil kerja, baik dalam bentuk produk ataupun jasa yg diberikan pada perusahaan dalam rangka memberikan pencapaian tujuan perusahaan.
  • Fungsi kepemimpinan (leading) yang membuat oranglain melakukan pekerjaan, mendorong, memotivasi serta menciptakan iklim pekerjaan yang baik.
  • Fungsi evaluating, yaitu menganalisa hasil dari seluruh kegiatan yang telah dilakukan melalui analisis SWOT.

Keterampilan & Kualifikasi Seorang Manager
Manajemen kinerja, Manajemen Proyek, Coaching, Pengawasan, Manajemen Mutu, Hasil Driven, Mengembangkan Anggaran, Mengembangkan Standar, Foster Teamwork, Menangani Tekanan, Memberikan Umpan Balik

Keahlian yang wajib dimiliki oleh manajer

Untuk menjadi seorang manajer yang efektif dan sukses maka anda sebaiknya memiliki dan mengembangkan beberapa keterampilan berikut :
  • Kepemimpinan
Keterampilan pertama yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh manajer adalah kepemimpinan.Anda harus dapat menentukan prioritas dan memotivasi bawahan sehingga anda dapat menjadi sumber energi, empati dan kepercayaan bagi mereka.Seorang pemimpin yang baik akan berusaha untuk mengembangkan timnya melalui feedback positif, feedback konstruktif dan pembinaan.
  • Kolaborasi
Kolaborasi buka hal baru dalam bisnis, karena kolaborasi sendiri telah dilakukan sejak zaman dahulu (gotong royong).Ide-ide terbaik terkadang hadir ketika terjadinya kolaborasi antara karyawan yang berarti manajer harus meluangkan waktu untuk bekerja dengan karyawan.Kolaborasi merupakan keterampilan yang harus dimiliki manajer karena dapat mendorong kreativitas dan inovasi kerja.Keterampilan dan pengetahuan tentang kolaborasi yang efektif membutihkan waktu dan praktek.
  • komunikasi
Dengan komunikasi yang baik maka kita akan memperoleh banyak informasi yang berguna untuk berbagai keperluan.Komunikasi dapat membuat manajer dapat menyampaikan kebijakan dan peraturan baru perusahaan dan juga dapat menciptakan kerjasama tim yang baik.Komunikasi juga dapat membantu untuk menghubungkan semua anggota perusahaan yang terpisah dan juga dapat menyelesaikan konflik yang terjadi.
  • Keuangan
Untuk menjalankan tugasnya sebagai manajer maka ia harus menguasai tentang manajemen keuangan.Manajer harus mengetahui bagaimana memanfaatkan keuangan yang tepat sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi perusahaan.Anda harus memahami bahwa bagaimana dana diinvestasikan dan investasi ini bisa menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.
  • Berpikir kritis
Sebagai manajer anda harus selalu berpikir kritis dan berusaha memahami tentang bagaiman proyek yang sedang dijalankan sudah sesuai dengan rencana dan berjalan dengan efektif.



Standar gaji manajer

Posisi ini biasanya didapatkan untuk mereka yang sudah bekerja selama 7-10 tahun. Standar gaji untuk posisi ini Rp 10-15 juta per bulan. Biasanya posisi ini juga mendapatkan fasilitas seperti tunjangan jabatan dan kendaraan



Penelusuran yang terkait dengan Tugas & Tanggung Jawab Manajer
  • tugas manajer umum
  • tugas dan fungsi manajer
  • tanggung jawab manajer dalam memotivasi pekerja
  • tugas manajer artis
  • tugas manajer keuangan
  • wewenang manajer
  • tugas manajer personalia
  • tugas manajer pemasaran

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Manajer - Fungsi, Keahlian, Tugas dan Tangung Jawab Manajer (Manager) Beserta Gajinya"

Berlangganan via Email