Pengertian Teller Bank - Syarat, Etika, Tugas dan Tanggung Jawab Teller Bank Secara Lengkap

Tugas dan Tanggung Jawab Teller Bank dan Biayanya
Bekerja pada sebuah bank masih menjadi favorit dari beberapa orang. Berbagai posisi bisa diduduki ketika bekerja di tempat ini.Teller menjadi salah satu posisi yang kerapkali diburu oleh calon pelamar. Namun sebenarnya teller itu apa sih?

Teller adalah bagian front office bank yang selalu berhubungan dengan para nasabah.Seperti melayani nasabah yang ingin menabung, tarik tunai, dan lain sebagainya.Seseorang yang berjenjang karir teller tentunya harus mempunyai sifat yang ramah dan sabar ketika melayani para nasabah.Dengan bersikap ramah, maka nasabah akan merasa senang dan nyaman ketika bertransaksi di bank.Selain itu seorang teller juga harus bisa berkomunikasi baik dengan nasabah.Karena Anda akan membantu dan melayani nasabah.Untuk itu, bisa berkomunikasi dengan baik biasanya menjadi salah satu syarat untuk menjadi seorang teller.



Syarat Menjadi Teller Bank

  • Ramah Dan Sopan
Ini Paketan Yak, Soalnya Merupakan Hal Dasar Yang Harus Di Terapkan Kepada Semua Teller Bank, Tapi Lebih Baik Bila Semua Pegawai Itu Ramah Kepada Semuanya, Karena Dengan Ramah Pembawaan Orang Yang Berinteraksi Dengan Kita Akan Merasa Di Hargai Dan Akan Memicu Orang Tersebut Untuk Ramah Juga Kepada Kita.
  • Sabar Dan Teliti
Sabar, Ialah Sabar Ketika Dalam Suatu Tekanan Pekerjaan Yang Diluar Emosinya Karena Harus Kita Ketahui Mood Dalam Bekerja Dapat Berubah Drastis Bila Ada Sesuatu Yang Membuatnya Tidak Nyaman.Teliti, Yang Satu Ini Tidak Perlu Kita Bahas Detil Karena Teliti Merupakan Point Penting Bagi Seorang Officer Terlebih Seorang Teller Yang Setiap Harinya Bekerja Dengan Angka Dan Uang,Bila Anda Melakukan Kesalahan Sedikit Saja Berarti Anda Akan Menggantinya ?
  • Good Looking
Susah Di Jelaskan Karena Good Looking Itu Relatif, Yang Jelas Anda Harus Terlihat Menarik Di Mata Orang Lain Dan Anda Akan Di Tuntut Tampil Sempurna Baik Dari Sisi Fisik, Pakaian, Dan Kelakuan Anda. Berpenampilan Menarik Tak Harus Cantik Atau Ganteng Tapi Sesuaikan Penampilan Anda Dengan Apa Yang Ada Di Sekitar Anda, Utamakan Berdandan Rapi.
  • Komunikasi
Sebagai Orang Yang Nantinya Akan Bertemu Dengan Banyak Nasabah Anda Di Haruskan Menyapa Dan Tersenyum Dalam Kondisi Apapun Supaya Nasabah Anda Tidak Kabur Dan Tentunya Merasa Nyaman.Bagi Anda Yang Merasa Masih Kesulitan Dalam Berbicara Dengan Orang Lain Belajarlah Public Speaking Sendiri Dengan Cara Melatih Berbicara Dengan Cermin Setiap Pagi Sesudah Bangun Tidur, Pagi Hari Sangat Tepat Untuk Melatih Speaking Anda.


Etika Teller

Sebagai petugas yang duduk di barisan front office, teller perlu memahamj dan mendalami etika yang merupakan aturan tak tertulis yang berhubungan dengan moral, sikap dan tingkah laku.Beberapa hal yang menyangkut etika teller, antara lain dapat dijabarkan sebagai berikut:
  • Penampilan, Sebaiknya teller menggunakan seragam sehingga ada kesan satu kesatuan dan dapat merupakan ciri khas dari bank yang bersangkutan.
  • Kepribadian yang menarik, Sikap ataupembawaan yang ramah, hormat dan bersahabat terhadap nasabah merupakan keharusan bagi teller, dengan tetap mengingat martabat pribadi maupun martabat bank.
  • Pelayanan yang cepat dan tepat, menghindarkan nasabah menunggu terlalu lama.
  •  Menjaga kerahasiaan bank dan kerahasiaan nasabah.
  • Jika merangkap sebagai customer service, teller dituntut untuk dapat menjelaskan kepada nasabah tentang jasa jasa yang ditawarkan bank dengan sistematis dan logis.


Tugas  dan Tanggung Jawab Teller Bank

Tugas Teller Bank

  1. Melayani penarikan, transfer dan penyetoran uang dari pelanggan.
  2. Melakukan pemeriksaan kas dan menghitung transaksi harian menggunakan komputer, kalkulator, atau mesin penghitung.
  3. Menerima cek dan uang tunai untuk deposit, memverifikasi jumlah, dan periksa keakuratan slip setoran.
  4. Periksa cek untuk dukungan dan untuk memverifikasi informasi lain seperti tanggal, nama Bank, identifikasi orang yang menerima pembayaran dan legalitas dokumen.
  5. Memasukkan transaksi nasabah ke dalam komputer untuk mencatat transaksi dan mengeluarkan tanda terima yang dihasilkan komputer.
  6. Membantu dan melayani pelanggan terkait transaksi keuangan
  7. Mengidentifikasi kesalahan transaksi ketika debit dan kredit tidak seimbang.
  8. Memproses transaksi seperti deposito, kontribusi rencana tabungan pensiun, transaksi teller otomatis, dan deposit email.
  9. Menerima hipotek, pinjaman, atau pembayaran tagihan utilitas publik, verifikasi tanggal pembayaran dan hutang.
  10. Menyelesaikan masalah atau perbedaan mengenai rekening nasabah.

Tanggung Jawab Teller Bank

  1. Pemeriksaan cashing, penyetoran, transfer, transfer kawat
  2. Bertanggung jawab dalam melayani rekening tabungan, penarikan
  3. Pengumpulan pembayaran
  4. Mempromosikan produk lembaga keuangan itu (pinjaman, hipotik, dll)
  5. Memberi arahan bisnis (kepercayaan, asuransi, pinjaman, dll) dan Bertanggung jawab terhadap aliran uang tunai
  6. Penebusan obligasi tabungan dan menyelesaikan masalah pelanggan
  7. Berkomunikasi dengan supervisor, peers, atau bawahan - Memberikan informasi kepada supervisor, rekan kerja, dan bawahan melalui telepon, dalam bentuk tertulis, e-mail, atau secara langsung.
  8. Membangun dan mempertahankan hubungan interpersonal - Mengembangkan hubungan kerja yang konstruktif dan kooperatif dengan orang lain, dan menjaga mereka dari waktu ke waktu.
  9. Melakukan untuk atau bekerja langsung dengan umum - Pertunjukan untuk orang-orang atau berhadapan langsung dengan masyarakat. Ini termasuk melayani pelanggan di restoran dan toko-toko, dan menerima klien atau tamu.
  10. Berinteraksi dengan komputer - Menggunakan komputer dan sistem komputer (termasuk hardware dan software) program, menulis perangkat lunak, mengatur fungsi, memasukkan data, atau informasi proses.
 

Kemampuan dan Keahlian yang Dibutuhkan Teller Bank

  • Pemahaman Oral - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide-ide yang disajikan melalui kata-kata yang diucapkan dan kalimat.
  • Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide-ide dalam berbicara sehingga orang lain akan mengerti.
  • Masalah Sensitivitas - Kemampuan untuk memberitahu ketika sesuatu yang salah atau mungkin salah. Tidak melibatkan pemecahan masalah, hanya mengakui ada masalah.
  • Informasi Pemesanan - Kemampuan untuk mengatur hal-hal atau tindakan dalam urutan tertentu atau pola sesuai dengan aturan tertentu atau set aturan (misalnya, pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).
  • Nomor Fasilitas - Kemampuan untuk menambahkan, mengurangi, mengalikan, atau membagi dengan cepat dan benar.
  • Pidato Kejelasan - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain bisa mengerti Anda.
  • Dekat Visi - Kemampuan untuk melihat rincian jarak dekat (dalam beberapa kaki dari pengamat).
  • Speech Recognition - Kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengerti pembicaraan orang lain.
  • Penalaran Matematika - Kemampuan untuk memilih metode matematika benar atau formula untuk memecahkan masalah.
  • Perceptual Kecepatan - Kemampuan untuk dengan cepat dan akurat membandingkan persamaan dan perbedaan antara set huruf, angka, benda, gambar, atau pola. Hal-hal yang harus dibandingkan dapat disajikan pada saat yang sama atau satu demi satu. Kemampuan ini juga termasuk membandingkan objek disajikan dengan benda ingat.
  • Pemahaman Ditulis - Kemampuan membaca dan memahami informasi dan ide-ide yang disajikan secara tertulis.
  • Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan aturan umum untuk masalah tertentu untuk menghasilkan jawaban yang masuk akal.
  • Inductive Penalaran - Kemampuan untuk menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk aturan umum atau kesimpulan (termasuk menemukan hubungan antara peristiwa yang tampaknya tidak berhubungan).
  • Perhatian Selektif - Kemampuan untuk berkonsentrasi pada tugas selama periode waktu tanpa terganggu.
  • Ekspresi Ditulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide-ide dalam menulis sehingga orang lain akan mengerti.
  • Kategori Fleksibilitas - Kemampuan untuk menghasilkan atau menggunakan perangkat peraturan yang berbeda untuk menggabungkan atau mengelompokkan hal-hal dalam cara yang berbeda.
  • Matematika - Menggunakan matematika untuk memecahkan masalah.
  • Mendengarkan Aktif - Memberikan perhatian penuh pada apa yang orang lain katakan, mengambil waktu untuk memahami poin yang dibuat, mengajukan pertanyaan yang sesuai, dan tidak mengganggu pada waktu yang tidak.
  • Layanan Orientasi - Secara aktif mencari cara untuk membantu orang.
  • Sosial Perceptiveness - Menyadari reaksi orang lain dan memahami mengapa mereka bereaksi seperti yang mereka lakukan.
  • Pemahaman Membaca - Memahami ditulis kalimat dan paragraf dalam dokumen kerja terkait.
  • Berbicara - Berbicara kepada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif.
  • Pembelajaran Aktif - Memahami implikasi dari informasi baru untuk kedua saat ini dan masa depan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.
  • Manajemen Waktu - Mengelola waktu sendiri dan waktu orang lain.
  • Monitoring - Pemantauan / Menilai kinerja diri sendiri, orang lain, atau organisasi untuk melakukan perbaikan atau mengambil tindakan korektif.
  • Berpikir Kritis - Menggunakan logika dan penalaran untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan atau pendekatan untuk masalah.
  • Menulis - Berkomunikasi secara efektif dalam menulis yang sesuai untuk kebutuhan penonton.
  • Strategi Belajar - Memilih dan menggunakan pelatihan / metode pembelajaran dan prosedur yang tepat untuk situasi ketika belajar atau mengajar hal-hal baru.
  • Menginstruksikan - Mengajar orang lain bagaimana melakukan sesuatu.
  • Pelanggan dan Layanan Personal - Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan proses untuk menyediakan pelanggan dan layanan pribadi. Ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, standar kualitas pertemuan untuk layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.
  • Bahasa Inggris - Pengetahuan tentang struktur dan isi dari bahasa Inggris termasuk arti dan ejaan kata-kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.
  • Matematika - Pengetahuan tentang aritmatika, aljabar, geometri, kalkulus, statistik, dan aplikasi mereka.

Baca Juga; Pengertian Tentang Penulis (Writer) , Karaker, Keterampilan, Peran dan Tanggung Jawab Secara Lengkap


Gaji Teller Bank

Gaji dimulai dari minimal Rp 5 juta untuk posisi teller, collection/debt recovery officer, customer service officer dan personal banker. Dengan kualifikasi D3-S1 dengan pengalaman minimal 1-3 tahun.


Penelusuran yang terkait dengan Tanggung Jawab Teller Bank
  • syarat menjadi teller bank
  • resiko teller bank
  • tugas teller bank bca
  • teller bank bri
  • pelatihan teller bank
  • teller bank bni
  • tugas dan wewenang teller
  • tugas cs bank

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Teller Bank - Syarat, Etika, Tugas dan Tanggung Jawab Teller Bank Secara Lengkap"

Berlangganan via Email