Pengertian Public Relations Beserta Tugas dan Tanggung Jawab Public Relations / Humas

Pengertian Public Relations

Pengertian Humas

Apa arti Humas? Pengertian Humas secara umum adalah salah satu bagian dari organisasi yang berfungsi untuk melakukan interaksi, hubungan, dan kerjasama dengan masyarakat yang terkait dengan organisasi tersebut.
Humas merupakan singkatan dari Hubungan Masyarakat atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Public Relation (PR) yang bertanggungjawab dalam membangun dan mempertahanan reputasi, citra, dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan publik.
Dalam dunia bisnis, fungsi humas kerap dikaitkan dengan marketing, padahal sangat berbeda. Sebagai profesi, bidang Humas nantinya membantu mendidik, memberikan infomasi, membangkitkan ketertarikan masyarakat, merencanakan strategi untuk meraih simpati hingga membuat masyarakat mengerti dalam situasi tertentu.
Seperti ketika perusahaan diterpa kasus tidak sedap yang mengancam citra baik, pihak humas nantinya akan memberikan edukasi dan berbagai upaya pada khalayak supaya tidak memberikan citra buruk tentang  perusahaan mereka.
Bidang ini akan menyusun berbagai strategi supaya mendapatkan simpati dan agar brand yang dibangun dengan susah payah tidak gelap begitu saja. Makanya pekerjaan humas nantinya akan berhubungan dengan pers dan tidak pernah lepas dari ilmu komunikasi.



Pengertian Humas Menurut Para Ahli
Beberapa Ahli pernah menjelaskan tentang definisi humas (hubungan masyarakat), diantaranya adalah:
  1. J.C Seidel
Menurut J. C Sidel pengertian Humas adalah proses berkesinambungan dari usaha-usaha manajemen agar bisa mendapatkan itikad baik dan pengertian dari para pelanggan, karyawan, dan publik secara umum.
  1. Howard Bohham
Menurut Howard Bohham pengertian humas adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik untuk meningkatkan kepercayaan publik atau pemberdayaan lebih tinggi terhadap sebuah lembaga atau organisasi.
  1. Cultip, Center, & Broom
Menurut Cultip, Center, & Broom, pengertian Humas adalah fungsi manajemen yang bertujuan membangun dan mempertahankan hubungan baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang bisa memberikan dampak positif terhadap keberhasilan atau kegagalan sebuah organisasi.
  1. Scott M. Cutlip dan Allen H. Center
Menurut Scott M. Cutlip & Allen H. Center, Definisi humas adalah merupakan fungsi manajemen yang bertugas untuk:
  • Memberikan penilaian terhadap sikap publik
  • Mengidentifikasi kebijakan dan tata cara organisasi/ perorangan dalam melayani kepentingan publik
  • Membuat rencana dan melakukan program untuk mendapatkan pemahaman dan dukungan dari masyarakat
  1. International Public Relations Association (IPRA)
Pengertian humas menurut IPRA, humas adalah fungsi manajemen yang terencana dan berkalanjutan di dalam orgnisasi induk atau pun lembaga swasta yang bertujuan mendapatkan simpati, pegertian serta dukungan dari pihak terkait.
Kalau disederhanakan lagi humas adalah manajemen yang membantu pencapaian tujuan organisasi, memfasilitasi perubahan organisasional dan mendefinisikan filosofi.

Fungsi Humas Dalam Organisasi
Menurut Edward L. Bernays, ada beberapa fungsi humas, diantaranya:
  • Memberikan pemahaman kepada publik
  • Melakukan persuasi kepada masyarakat dengan tujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku
  • Berupaya untuk menyatukan sikap dan perilaku publik agar sesuai dengan sikap dan perbuatan sebuah lembaga, atau sebaliknya
Tujuan Humas Dalam Organisasi
Ada beberapa tujuan utama humas, diantaranya adalah:
  • Meningkatkan dukungan, bantuan, dan partisipasi dari publik dalam bentuk sarana, prasarana, tenaga, dan dana, untuk memudahkan pencapaian tujuan organisasi.
  • Menciptakan rasa tanggungjawab dari masyarakat akan keberlangsungan program organisasi secara efektif dan efisien.
  • Melibatkan publik dalam penyelesaian berbagai masalah yang dihadapi oleh organisasi.
  • Membuat dan mengembangkan pencitraan yang baik untuk organisasi dan juga kepada para pimpinan/ stakeholder dengan sasaran terjalinnya hubungan yang baik antara publik internal dengan publik eksternal.
  • Memperluas jangkauan pelanggan yang terhubung untuk berpartisipasi dalam upaya peningkatan mutu organisasi.

Mengapa Public Relations atau Humas Sangat Dibutuhkan di Perusahaan?


Banyak masyarakat yang belum mengerti tentang keberadaan dan pentingnya posisi public relations di sebuah perusahaan.Bahkan tidak seluruh perusahaan yang mempekerjakan seseorang untuk mengambil bagian sebagai public relations, sehingga banyak dari mereka yang sering mengalami konflik dengan warga di sekitar tempat didirikannya perusahaan.Sedangkan, warga atau masyarakat sekitar juga tidak mengerti tentang pentingnya peran public relations.Tetapi public relations memiliki peran yang hampir sama dengan CSR (Corporate Social Responsibility).Perannya ialah melakukan pendekatan kepada masyarakat dan memahami berbagai kebutuhan yang harus dilakukan oleh perusahaan kepada masyarakat. Agar citranya tetap baik, serta tidak mengalami kemandekan kerja.

Public relations berfungsi seperti sebuah penghubung yang menjembatani antara perusahaan dan masyarakat secara luas.Hal itu dilakukan melalui berbagai proses komunikasi, baik secara langsung face to face dengan pihak yang bersangkutan maupun secara tidak langsung, atau online melalui media sosial dan pers.Selain itu, PR harus meningkatkan nilai dan citra perusahaan di khalayak luas dengan mengelola persepsi serta entitas merek atau produk yang dijual oleh perusahaan.

Peningkatan tersebut juga bisa dilakukan dengan cara promosi melalui pemasaran dan pengiklanan untuk meningkatkan penjualan dan popularitas produk.

 

Persentase Peluang Kerja Sebagai Humas atau Public Relations

Saat ini tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menduduki posisi PR telah meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah perusahaan yang menginginkan mutu dan citranya benar-benar terjamin.Selain itu, pekerjaan di bidang ini termasuk di posisi yang penting sehingga pendapatan karyawan PR lebih tinggi jika dibandingkan dengan tenaga produksi.Keberlangsungan hidup produk perusahaan juga sangat dipengaruhi oleh kinerja PR sehingga kepentingan tersebut menjadi pilihan yang diminati banyak generasi muda.Khususnya para lulusan pelajar dari berbagai tingkat pendidikan yang sudah memiliki pengalaman magang di bidang PR perusahaan terkenal.

Tugas Utama Humas / Public Relations

  • Melakukan perencanaan strategi tentang publisikasi dan kampanye
  • Menulis dan memproduksi presentasi dan siaran pers
  • Menjawab dan menjelaskan pertanyaan dari masyarakat, pers, dan organisasi terkait
  • Mengorganisir acara promosi seperti konferensi pers, opendays, pameran, wisata dan kunjungan
  • Berbicara secara terbuka di wawancara, konferensi pers dan presentasi
  • Memberikan dan menyediakan data informasi tentang peluang promosi baru dan kampanye PR kepada klien
  • Menganalisis liputan media
  • Komisioning atau melakukan riset pasar yang relevan
  • Sebagai penghubung dengan klien, manajerial dan staf jurnalistik tentang anggaran, rentang waktu dan tujuan
  • Merancang, menulis dan / atau memproduksi presentasi, siaran pers, artikel, leaflet, jurnal, laporan, brosur publisitas, informasi untuk situs web dan video promosi.


Tanggung Jawab Humas / PR

Sebagai sebuah profesi seorang Humas bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.

Seorang humas selanjutnya diharapkan untuk membuat program-program dalam mengambil tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya.

Posisi humas merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi. Sasaran humas adalah publik internal dan eksternal, dimana secara operasional humas bertugas membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publiknya dan mencegah timbulnya rintangan psikologis yang mungkin terjadi di antara keduanya.

Beberapa lembaga yang menggunakan jasa hubungan masyarakat

  • Iklan atau agen pemasaran
  • Konsultan
  • Organisasi komersial dan industri
  • Perusahaan pribadi
  • Distributor
  • Produsen
  • Badan amal
  • Organisasi pemerintah




Kunci Keberhasilan Public Relations (Humas). Untuk dapat melaksanakan dengan baik tugas dan tanggung jawabnya tersebut, Public Relations (Humas) sedapat mungkin mesti melakukan hal sebagai berikut yang merupakan kunci keberhasilan dari Public Relations (Humas), yaitu :
  • Kesengajaan. Kegiatan Public Relations (Humas) adalah kegiatan yang disengaja, untuk mempengaruhi, meraih pemahaman bersama, menyediakan informasi, dan mendapatkan umpan balik.
  • Terencana. Kegiatan Public Relations (Humas) adalah terorganisir, sistematis, pada kurun waktu tertentu, dan menggunakan riset serta analisa.
  • Mengutamakan performance.  Kegiatan yang efektif didasarkan pada kebijakan aktual dan kinerja.
  • Mengutamakan kehendak masyarakat. Kegiatan Public Relations (Humas) didasarkan pada tujuan yang saling menguntungkan antara organisasi/perusahaan dan masyarakatnya.
  • Komunikasi dua arah. Tidak hanya memberikan informasi, Public Relations (Humas) juga membutuhkan umpan balik dari masyarakat sehingga terjadi komunikasi dua arah.
  • Fungsi manajeman. Public Relations (Humas) akan menjadi efektif kalau menjadi bagian dari manajemen dan didukung sepenuhnya oleh top manajemen suatu organisasi/perusahaan.



Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Public Relations Beserta Tugas dan Tanggung Jawab Public Relations / Humas . Trimakasih


Penelusuran yang terkait dengan Tanggung Jawab Public Relations
  • tugas public relation hotel
  • tugas public relation dalam sebuah event
  • tugas public relation dalam perusahaan
  • tugas public relation dalam organisasi
  • contoh pekerjaan public relation
  • public relation adalah
  • makalah public relation dalam organisasi
  • manfaat public relation

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Public Relations Beserta Tugas dan Tanggung Jawab Public Relations / Humas "

Berlangganan via Email