Pengertian HRD - Ciri, Persyaratan, Fungsi, Tugas dan Tanggung Jawab HRD (Human Resource Development)

Tugas dan Tanggung Jawab HRD (Human Resource Development) Beserta Gajinya
Bagian personalia adalah bagian yang spesialis mengatur atau mengelola sumber daya manusia dalam perusahaan termasuk proses penerimaan pegawai. Dalam melakukan kerjanya, bagian personalia dibagi dalam empat bagian, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), pendidikan, penerimaan pegawai, manajemen SDM. Selain mengatur penerimaan pegawai, bagian personalia juga mengatur proses transisi pegawai seperti kenaikan jabatan atau perpindahan bagian. Tak ketinggalan juga memberikan pelatihan-pelatihan bagi pegawai untuk pengembangan karier mereka.
Bagian personalia biasanya berada dalam divisi SDM jika berada di perusahaan. Mereka adalah pegawai tetap yang direkrut untuk mengelola segala urusan yang berkaitan langsung dengan urusan kepegawaian. Bagian personalia berperan dalam menciptakan suasana kerja yang nyaman bagi hubungan antar pegawai maupun lingkungan sekitar pegawai. Memang, bagian personalia butuh tanggung jawab yang besar mengingat pegawai adalah aset utama perusahaan



Ciri-ciri HRD yang Baik

Ada banyak ciri-ciri yang dapat menggambarkan seorang HRD yang baik dan profesional. Setidaknya, seorang HRD harus memiliki sikap seperti di bawah ini:
  1. Memiliki sikap yang tidak mudah menyerah dan terus berusaha dengan semua masalah serta hambatan yang ada di dalam perusahaan.
  2. Memiliki kemampuan untuk selalu menerima apapun hasil dari tugas-tugas pekerjaan yang berhasil diselesaikan.
  3. Dapat mempertanggungjawabkan perkataan dan dapat menerapkannya pada perbuatan. Sehingga dapat menjadi contoh yang baik bagi seluruh karyawan di perusahaan.
  4. Mampu mengontrol perkataan dan perbuatan, sehingga dapat mengontrol seluruh karyawan agar sesuai dengan nilai-nilai di perusahaan.
  5. Memiliki kemampuan dalam menjalin dan menjaga hubungan baik dengan orang lain. Sehingga lebih mudah dalam bergabung di kelompok-kelompok dan faksi.
  6. Memiliki tekad kuat dan keyakinan dalam meningkatkan hasil dan mencapai target secara maksimal.
  7. Disiplin dan tepat waktu.
  8. Berpikir secara terbuka dan selalu mengikuti perubahan positif yang terjadi di perusahaan.
  9. Peka terhadap permasalahan yang terjadi dan memiliki sikap cepat tanggap.

Persyaratan ketrampilan

Seorang HRD atau sekumpulan HRD harus pandai dan teliti memanage waktu. Keterampilan dan kemampuan dalam manajemen waktu adalah suatu keharusan karena HRD perlu berurusan dengan semua karyawan perusahaan / cabang. Mereka harus bisa mengawasi kinerja dan dapat menjadi "problems solver" jika ditemukan terjadi masalah yang dihadapi para karyawan.
HRD juga perlu memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam merancang dan membangun strategi, menambahkan program manfaat, memecahkan banyak masalah dan mengelola waktu dan alur kerja dari setiap karyawan.    

 

Tugas dasar HRD

  • Merekrut personil untuk posisi yang sesuai dengan kemampuan mereka.
  • Memberikan pelatihan dan pengembangan staf.
  • Monitoring kinerja dari setiap karyawan.
  • Memutuskan pemberian pengangkatan jabatan dan kompensasi.
  • Distribusi Pembayaran Karyawan
  • Survei Karyawan dan grading.
  • Monitoring perlengkapan kesehatan dan keselamatan bagi karyawan.
  • Trouble shooting dan pemecahan masalah bagi karyawan.
  • Menjaga hubungan dengan setiap karyawan.
  • Membentuk tim untuk proyek-proyek tertentu, dll


HRD ( Human Resources of Development ) Manager
HRD (Human Resources of Development) Manager ini mempunyai fungsi dan lingkup pekerjaan yaitu :
  1. Bertanggung jawab di dalam pengelolaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia, yaitu dalam hal perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan sumber daya manusia, termasuk pengembangan kualitasnya dengan berpedoman pada kebijaksanaan dan prosedur yang berlaku di perusahaan.
  2. Bertanggung jawab terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan pembinaan government & industrial serta mempunyai kewajiban memelihara dan menjaga citra perusahaan.
Sedangkan uraian tugas dari HRD (Human Resources of Development) Manager adalah sebagai berikut:
  1. Menyusun, merencanakan, mengawasi dan mengevaluasi anggaran biaya kegiatan secara efektif dan efisien serta bertanggung jawab terhadap setiap pengeluaran hasil kegiatan
  2. Bertanggung jawab terhadap perencanaan, pengawasan dan melaksanakan evaluasi terhadap jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  3. Melaksanakan seleksi, promosi, transfering, demosi terhadap karyawan yang dianggap perlu.
  4. Melaksanakan kegiatan-kegiatan pembinaan, pelatihan dan kegiatan lain yang berhubungan dengan pengembangan mental, keterampilan dan pengetahuan  karyawan sesuain dengan standard perusahaan.
  5. Bertanggung jawab terhadap kegiatan yang berhubungan dengan rekapitulasi absensi karyawan,perhitungan gaji, tunjangan dan bonus.

Persyaratan Pendidikan HRD

Gelar Sarjana dari perguruan tinggi yang mengkhususkan diri dalam sumber daya manusia seperti hukum, psikologi dan ekonomi. Berat Tugas dan tanggung jawab ditentukan oleh kriteria seleksi yang bervariasi dari setiap perusahaan dan juga tergantung pada perekrut.


Fungsi HRD

Berikut ini terdapat beberapa fungsi hrd, terdiri atas:
  1. Perencanaan, Merencanakan tenaga kerja secara efektif serta efisien agar sesuai kebutuhan perusahaan dalam membantu terwujudnya tujuan, yaitu dengan menetapkan program kepegawaian sesuai fungsi-fungsi yang dimiliki HRD.
  2. Pengorganisasian, Mengorganisir semua karyawan melalui penetapan pembagian kerja, hubungan kerja, pendelegasian wewenang, integrasi dan koordinasi dalam bagan organisasi.
  3. Pengarahan, Mengarahkan semua karyawan agar bersedia bekerja sama, bekerja efektif serta efisien dalam membantu tercapainya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.
  4. Pengendalian, Mengendalikan semua karyawan agar mentaati peraturan-peraturan perusahaan serta bekerja sesuai rencana yang telah ditetapkan perusahaan. Selanjutnya jika ditengah perjalanan ternyata terdapat penyimpangan atau kesalahan maka harus diadakan tindakan korektif atau perbaikan serta penyempurnaan rencana tersebut. Kehadiran karyawan, kedisiplinan, perilaku, kerjasama, pelaksanaan pekerjaan dan menjaga situasi lingkungan pekerjaan adalah hal-hal yang harus dikendalikan perusahaan.
  5. Rekruitmen Melaksanakan proses seleksi dan penarikan, penempatan untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  6. Pengembangan, Pengembangan adalah proses peningkatan ketrampilan teknis, teoritis, konseptual dan moral karyawan melaui pendidikan dan pelatihan (training) yang diberikan sesuai kebutuhan pekerja masa kini maupun masa yang akan datang.
  7. Kompensasi Pemberian balas jasa langsung dan tidak langsung, baik itu berupa uang atau barang kepada karyawan sebagai imbal jasa yang diberikan kepada perusahaan dengan prinsip adil dan layak, yaitu adil karena sesuai dengan prestasi kerjanya serta layak karena dapat memenuhi kebutuhan primernya yang berpedoman pada sekurang-kurangnya sama dengan batas upah minimum pemerintah.
  8. Pengintegrasian, Pengintegrasian adalah aktivitas untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan, agar tercipta kerja sama yang serasi, sinergis dan saling menguntungkan.
  9. Pemeliharaan Aktivitas untuk menjaga atau meningkatkan kondisi fisik, mental dan loyalitas karyawan, agar mereka tetap mau bekerja sama sampai dengan pensiun tiba dengan program kesejahteraan karyawan.
  10. Kedisiplinan Untuk mencapai tujuan maksimal, kedisiplinan merupakan fungsi HRD yang terpenting, karena tanpa kedisiplinan yang baik akan sulit terwujud tujuan yang maksimal. Kedisiplinan adalah keinginan dan kesadaran untuk mentaati peraturan-peraturan perusahaan yang berlaku.
  11. Pemberhentian Pemutusan hubungan kerja ini dapat terjadi oleh berbagai sebab, seperti keinginan karyawan, keinginan perusahaan, kontrak kerja berakhir, pensiun dan sebagainya.

Syarat Menjadi HRD

Berikut ini terdapat beberapa syarat menjadi hrd, terdiri atas:
  • I do what you love, love what you do : dimana orang yang berhasil dan dapat dikatakan baik dalam bidang HRDnya apabila ia melakukan pekerjaan atau kegiatan dengan cinta, dan ia mencintai kegiatan atau pekerjaan yang ia lakukan.
  • Gratefull : Tidak mudah menyerah , seseorang berhasil dalam pekerjaan karena ia tidak mudah menyerah dan terus berusahadengan semua masalah dan hambatan yang ada.
  • Healthy Live : bersyukur akan semua yang didapatkan dan selalu menerima apa yang telah ia lakukakan, karena ada pepatah bilang apa yang kamu tanam maka itu yang akan kamu dapatkan.
  • Integritas : orang yang berhasil dalam HRD adalah orang yang dapat berbicara dan dapat menerpakan perkataannya dengan perbuatan, tidak hanya itu ia juga dapat mengontrol pribadinya dengan norma-norma lingkngan yang ada.
  • Social Skill : kemampuan berhubungan dengan orang lain denngan baik dan dapat bergabung dengan berbagai kalangan dan golongan.
  • Dream and Think Big : bermimpi dan berpikir besar dimana setiap orang dapat bermimpi dan meluangkan pemikiran yang besar dan berkembang untuk perusahaan dan organisasi yang mereka naungi.
  • Confidence : kepercayaan diri mampu meningkatkan hasil yang maksimal.
  • On Time : tepat waktu, dengan kamu selalu disiplin untuk tepat waktu secara tidak sadar kamu merhargai dirimu dan orang lain.
  • Open Minded : berpikiran terbuka dan selalu mengikuti semua perubahan positif yang ada.
  • Respect : menghargai, menghormati dan peka akan suatu perubahan yang ada pada lingkungan sekeliling kita.
  • Never Give Up : jangan mudah putus asa.
  • Just Perfom : lakukan semaksimal mungkin dan berikan yang terbaik.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Pengetahuan psikologi
  • Pengetahuan manajemen sumber daya manusia
  • Pengetahuan ilmu administrasi perkantoran
  • Pengetahuan ilmu hukum
  • Kemampuan komunikasi organisasi
  • Penguasaan bahasa asing

Jenjang Karier

Menjadi bagian personalia memiliki jenjang karier yang jelas ketika bekerja di sebuah perusahaan. Karena menempati divisi yang penting dan selalu ada, mereka yang berkarier di bidang ini memiliki besaran penghasilan yang berbeda-beda sesuai tingkatan jabatan.
  1. Junior Staf Bagian Personalia. Seorang junior staf hanya akan mendapatkan jobdesc detail dan tipe spesialis. Misalnya hanya mengurus masalah perekrutan pegawai saja atau mengenai pelatihan saja.
  2. Senior Staf Bagian Personal atau disebut HR Profesional. Yaitu seorang staf yang menguasai lebih dari satu bidang. Senior staf biasanya memiliki pengalaman sekitar 3-7 tahun.
  3. Supervisor Bagian Personalia. Seorang supervisor biasa disebut sebagai HR Expert. Yaitu staf yang sudah memahami betul seluk beluk departemen HR. Biasanya sudah memiliki pengalaman lebih dari 7 tahun.
  4. Manajer Bagian Personalia. Jabatan yang berada di puncak Divisi Personalia atau HR. Bekerja memantau segala proses yang ada di dalam bagian personalia terutama memantau kinerja stafnya dan melaporkan kinerja divisi kepada Direktur atau pemilik perusahaan.

Gaji HRD

Staff HRD memiliki rata-rata gaji sebesar Rp. 3.500.000 sedangkan untuk Fresh Graduate yang memiliki pengalaman kurang dari setahun, memiliki rata-rata gaji sebesar RP. 2.800.000. Sedangkan untuk posisi manajer SDM memiliki perolehan gaji rata-rata Rp. 6.000.000 – Rp. 12.000.000, tergantung dari seberapa lama dia Bekerja.

Tips untuk HRD

  • Jaga kondisi yang baik dengan setiap karyawan.
  • Jadilah seseorang yang bisa dibutuhkan pertolongan ketika mereka membutuhkan Anda. Dengarkan masalah mereka dan membantu mereka menemukan solusi.
  • Inovatif dan berbeda. Dengan cara ini Anda dapat mengambil perhatian maksimal dari karyawan.
  • Apresiatif. Berikan pujian kepada karyawan ketika mereka melakukan pekerjaan dengan baik.



Penelusuran yang terkait dengan Tugas & Tanggung Jawab HRD
  • tugas dan tanggung jawab hrd pdf
  • tugas hrd staff
  • wewenang hrd
  • syarat menjadi hrd
  • gaji hrd
  • tugas hrd manager
  • hrd adalah
  • makalah tentang hrd

Tidak ada komentar untuk "Pengertian HRD - Ciri, Persyaratan, Fungsi, Tugas dan Tanggung Jawab HRD (Human Resource Development)"

Berlangganan via Email