Pengertian Marketing Beserta Tugas & Tanggung Jawabnya Secara Lengkap

Pengertian Marketing adalah

Pengertian Marketing

Pengertian Marketing adalah seluruh aktivitas yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa yang ditawarkan suatu perusahaan kepada target pasar tertentu. Dengan kata lain, marketing adalah usaha untuk menarik perhatian calon konsumen.
Marketing atau pemasaran dapat dilakukan dalam berbagai cara atau bentuk dengan memanfaatkan beragam media, misalnya berupa iklan yang dipasang pada billboard, televisi, radio, media cetak, media digital, dan sebagainya.
Pengertian Marketing Menurut Para Ahli
  1. Menurut Philip Kotler -> Marketing adalah aktivitas sosial dan pengaturan yang dilakukan satu atau sekelompok orang untuk mendapatkan yang diinginkan dengan cara menciptakan sebuah produk untuk ditukarkan sejumlah nominal tertentu dengan pihak lain.
  2. Menurut Tung Desem Waringin -> Marketing adalah proses mengomunikasikan suatu nilai tambah yang lebih tinggi dari sebuah produk.
  3. Laksita Utama Suhud -> Marketing adalah usaha yang perlu dilakukan agar sebuah bisnis/usaha selalu tampak lebih baik dibandingkan para pesaingnya di kalangan pasar.
  4. Menurut Sutisna -> Definisi Marketing adalah usaha menyampaikan pesan kepada publik, terutama konsumen sasaran, tentang keberadaan sebuah produk di pasaran.

Tujuan Marketing

Secara umum, tujuan marketing adalah untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Tujuan tersebut dapat dirinci lebih lanjut dalam tiga tujuan spesifik berikut ini.
  •  Konsumen dapat mengetahui produk (barang/jasa) yang ditawarkan secara detail dan sebaliknya, produsen mampu menyediakan produk sesuai permintaan dan kebutuhan konsumen.
  • Perusahaan dapat menjelaskan secara rinci seluruh kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas pemasaran, mulai dari deskripsi, desain, promosi, dan iklan produk hingga komunikasi dengan konsumen serta pengiriman produk.
  • Perusahaan bisa mengenali dan memahami konsumen dengan baik sehingga produk yang dihasilkan sesuai dan bisa “menjual dirinya sendiri”, artinya akan selalu dibeli konsumen tanpa perlu dilakukan upaya pemasaran lagi.


Konsep Marketing

Mengacu pada pengertian marketing di atas, secara garis besar ada empat konsep dasar marketing. Adapun konsep marketing adalah sebagai berikut:

1. Produksi

Produksi adalah proses mengubah bahan baku menjadi bahan jadi atau menambah nilai guna suatu produk (barang maupun jasa). Tim marketing suatu perusahaan harus melakukan riset untuk mengetahui produk apa yang sedang diminati oleh pasar.
Selai itu, tim marketing juga harus mengamati para pemain di ceruk tersebut dan harga yang berlaku di pasar. Inilah yang menjadi acuan dalam perencanaan dan produksi yang dilakukan oleh perusahaan.

2. Produk

Produk adalah sesuatu yang ditawarkan oleh perusahaan kepada khalayak. Produk dapat dibedakan dalam 3 kategori, yaitu barang, jasa, dan gagasan/ ide.
Semua konsumen menginginkan produk yang berkualitas, harga terjangkau, dan unik. Menghasilkan produk yang berkualitas tinggi menjadi hal yang penting dalam proses marketing itu sendiri. Tanpa adanya produk berkualitas maka dengan sendirinya proses marketing akan sangat sulit dilakukan.

3. Pemasaran

Pemasaran adalah semua aktivitas yang dilakukan seseorang atau organisasi dalam upaya memenuhi permintaan pasar. Kegiatan pemasaran ini meliputi menciptakan produk bernilai jual, penentuan harga, promosi, pelayanan pelanggan, dan lain-lain.
Tujuan utama dari pemasaran adalah untuk memenuhi kebutuhan suatu pasar. Dengan kata lain, kepuasan konsumen menjadi sesuatu yang sangat penting dalam proses pemasaran.

4. Penjualan

Semua aktivitas produksi dan pemasaran pada akhirnya akan bermuara pada angka penjualan produk. Semakin besar angka penjualan maka idealnya keuntungan perusahaan juga akan semakin besar.
Kegiatan penjualan ini seringkali dilakukan dengan memberikan nilai tambah kepada konsumen. Misalnya dengan memberikan bonus dengan jumlah pembelian tertentu yang pada akhirnya menambah angka penjualan.


Tugas Bidang Marketing / Divisi Pemasaran

Dengan semakin bergesernya serta dinamisnya model dan metode pemasaran hari ini, praktis divisi marketing suatu perusahaan juga harus lebih adaptive terhadap perubahan. Secara umum, sedikitnya ada 4 bagian penting yang menjadi tanggung jawab sebuah divisi pemasaran di sebuah perusahaan masa kini.
  1. Social Media Manager
    Jejaring sosial sebagai tempat para calon pelanggan kita berkumpul haruslah menjadi perhatian khusus bagi semua marketer. Bisnis Anda tidak harus aktif di semua paltform, tapi cukup fokuskan pada salah satu channel entah itu YouTube, Instagram, atau yang lainnya.
  2. Content Specialist
    Sudah tidak zamannya lagi Anda melakukan promosi dengan berbicara mengenai produk/jasa Anda saja. Pahami siapa target pasar Anda, pelajari masalah apa yang mereka miliki, dan buat bisnis Anda hadir sebagai solusi dari masalah mereka.Lebih lanjut mengenai apa tugas dan fungsi content specialist akan kami ulas lebih detail pada tulisan selanjutnya mengenai inbound marketing.
  3. Automation Specialist
    Tugas automation specialist lebih fokus pada tools-tools marketing yang bisa dijalankan secara otomatis ataupun semi-otomatis. Salah satu tools yang banyak digunakan adalah online advertisement alias periklanan online. Mengapa iklan online dapat disebut automasi? Karena dalam men-deliver sebuah iklan di internet, penyedia layanan akan menggunakan algoritma khusus sehingga iklan kita dapat sampai pada target pasar tertentu yang kita tuju berdasarkan minat, hobi, hingga kebutuhan si target pasar kita.
  4. Marketing Anayst
    Tugas terakhir ini agak berbeda dengan ketiga divisi lainnya. Seorang marketing analyst tidak dituntut untuk membuat isi promosi melainkan evaluasi secara menyeluruh efektivitas serta efisiensi kinerja marketing dari tiga bidang di atas.Seorang analis pemasaran harus dapat merumuskan cara-cara pengoptimalan setiap metode marketing baik itu lewat media sosial, blog, maupun iklan. Pengoptimalan yang dilakukan pun sangat beragam, mulai dari sisi desain, pemilihan kata, behavior dari market, dan lain-lain.


 Tugas & tanggung jawab

  • Mengembangkan kampanye pemasaran
  • Melakukan penelitian dan menganalisis data untuk mengidentifikasi dan menentukan khalayak
  • Merancang dan menyajikan ide dan strategi
  • Melakukan aktivitas promosi
  • Mengorganisir acara dan pameran produk
  • Mengkoordinasikan pemasaran internal dan budaya organisasi
  • Mengelola kampanye di media sosial

Bidang yang membutuhkan jasa marketing

  • Perusahaan
  • Produsen
  • Distributor
  • Pengecer
  • Industri
  • Pemerintah dan pemerintah daerah
  • Badan Amal
  • Dsb

 

Ada banyak industri di mana organisasi perlu mempromosikan produk atau layanan mereka kepada khalayak. Ini bisa berupa sektor publik atau swasta, atau untuk badan amal. Eksekutif pemasaran dapat bekerja di agen pemasaran khusus, di mana pekerjaan akan dilakukan untuk klien eksternal, atau di departemen pemasaran internal di dalam organisasi yang lebih besar.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Marketing
  • pengertian marketing secara umum
  • pengertian marketing menurut para ahli
  • pengertian marketing mix
  • pengertian marketing bank
  • tugas marketing adalah
  • contoh marketing
  • pengertian marketing menurut hasan
  • tujuan marketing

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Marketing Beserta Tugas & Tanggung Jawabnya Secara Lengkap"

Berlangganan via Email