Supervisor Marketing Adalah - Tugas & Job Desk Supervisor Marketing Secara Lengkap

Tugas & Tanggung Jawab Supervisor Marketing
Saat mendengar kata supervisor tentunya sangat erat hubungannya dengan visi dan misi yang memiliki arti dan tujuan untuk jangka panjang. Ketika ditambahkan kata super, maka jadilah arti tersebut menjadi memastikan agar tetap terarah pada tujuan jangka panjang tersebut.

Jadi makna yang lebih luas dari jabatan supervisor adalah orang yang memastikan agar apapun yang dilakukan harus sesuai dengan jalurnya, yaitu untuk menuju visi. Ibaratnya adalah sebuah mercusuar pemancar yang harus memastikan bahwa kapal akan tetap berada pada jalur yang tepat dan tidak saling bertabrakan atau menabrak karang.

Seorang marketing supervisor bertugas untuk membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, mengembangkan, dan menerapkan strategi terbaru untuk menjual produk. Seorang profesional yang mengelola tim spesialis ekonomi dan harus melakukan penelitian pasar dengan sangat hati-hati. Dia akan menggunakan informasi yang sudah lama dikumpulkan oleh tim dalam menentukan permintaan untuk produk baru dan dari para pesaing potensialnya di pasar.Dengan cara menganalisis banyak faktor, seorang supervisor marketing akan mampu untuk mencari tahu tentang bagaimana cara yang paling hemat untuk pembiayaan produksi, iklan, dan pada akhirnya akan menjual barang. Tujuan utama dari pengawasan tersebut adalah untuk dapat semakin memaksimalkan keuntungan perusahaan sambil untuk memberikan apa yang dibutuhkan oleh konsumen dengan produk terbaik dari perusahaan.

Sebuah bisnis secara keseluruhan memang sangat bergantung kepada profesional marketing untuk bisa mendapatkan informasi yang valid dan dapat dipercaya tentang apa saja kebutuhan dari para pelanggan potensial.Supervisor marketing akan langsung memimpin timnya dalam melakukan survei konsumen dan menganalisis angka penjualan tentang jenis barang dan jasa tertentu. Dengan cara menentukan permintaan pasar untuk suatu produk, pengawas akan dapat menyarankan eksekutif untuk lebih mengenai tentang jenis-jenis dan jumlah barang yang harus diproduksinya.

Beberapa pengawas akan langsung berkomunikasi dengan bagian HRD (Human Research and Development) untuk membantu mereka dalam memutuskan tentang bagaimana cara yang paling efektif dan efisien dan tentunya juga murah untuk memproduksi suatu produk baru. Supervisor pemasaran juga akan membuat keputusan tentang bagimana cara terbaik untuk dapat mengiklankan, mempromosikan, dan menjual produk terhadap para konsumen akhir atau toko ritel.




Tujuan Jabatan
Bertanggung jawab terhadap proses marketing di kantor secara menyeluruh untuk pencapaian target penjualan dengan kinerja team yang baik sesuai dengan peraturan perusahaan yang berlaku kinerja team yang baik sesuai dengan peraturan perusahaan yang berlaku.

Tugas & tanggung jawab Supervisor Marketing

  • Menulis dan menyajikan siaran pers untuk meningkatkan promosi, sponsor acara eksternal dan kemitraan strategis.
  • Mengembangkan dan memelihara hubungan promosi dengan sekolah, organisasi masyarakat dan bisnis setempat.
  • Meneliti dan mengembangkan informasi yang tersimpan untuk standar grafis dan program pemasaran regional.
  • Mengembangkan dan melaksanakan program periklanan dan pemasaran eksternal.
  • Menyiapkan strategi pemasaran dan merencana aksi untuk mencapai tujuan pemasaran yang spesifik.
  • Mengukur, menganalisis dan mengevaluasi program sesuai kebutuhan.
  • Mengawasi tingkat pemasaran, media, acara dan hubungan masyarakat, promosi dan periklanan lokal.
  • Memastikan untuk melaksanakan secara efektif semua pemasaran bersama dengan program PR (Public Relations / Humas}.
  • Mengkoordinasikan wawancara, media lokal menyimpan dokumentasi dan file pemasaran.
  • Memberikan arahan strategi, evaluasi, konsultasi dengan semua Anggota Tim pemasaran.
  • Mengkoordinasikan seluruh pemasaran internal serta upaya promosi termasuk merchandising, public relations, hubungan masyarakat, informasi, tanda cek di dalam toko, acara dan demo.
  • Dukung setiap aspek Tim Pemasaran termasuk Asisten Pemasaran dan Signmaker.

Batas Wewenang

Dengan persetujuan atasan:
  • Memberikan gift kepada customer
  • Penggunaan dana presentasi


Tanpa persetujuan atasan: Negosiasi harga dengan customer

Hubungan Kerja

Internal: Seluruh departemen terkait.
Eksternal:
  • Supplier
  • Agen atau konsumen
  • Intensif dalam kaitannya dengan aspek bisnis

Syarat Umum Marketing Supervisor


Beberapa bisnis hanya mempekerjakan profesional yang telah mendapatkan gelar bisnis khusus dari perguruan tinggi terakreditasi dan universitas. Sebuah gelar sarjana atau lebih tinggi dalam administrasi bisnis, keuangan, ekonomi, atau pemasaran sangat penting untuk banyak posisi marketing pengawas.

Selain itu, calon pengawas dapat memilih untuk mendapatkan sertifikasi dari organisasi yang diakui secara nasional untuk meningkatkan kepercayaan dan kesempatan untuk menemukan pekerjaan mereka.


Penelusuran yang terkait dengan Supervisor Marketing
  • gaji supervisor marketing
  • job spesifikasi supervisor marketing
  • tugas supervisor marketing motor
  • syarat menjadi supervisor marketing
  • supervisor marketing agen
  • contoh laporan supervisor marketing
  • rencana kerja supervisor marketing
  • supervisor adalah

Tidak ada komentar untuk "Supervisor Marketing Adalah - Tugas & Job Desk Supervisor Marketing Secara Lengkap"

Berlangganan via Email