Pengertian Kerja Full Time - Lama Waktu Pekerjaan Full Time Dan Kelebihan dan Kekurangan Bekerja Secara Full Time

Apa itu kerja Full time?

Kerja full time / kerja penuh waktu adalah pekerjaan yang memiliki jam kerja penuh atau bisa dihitung jumlah total jam kerja sekitar 35 -40 jam per minggu. Sehingga dalam sehari waktu kerja yang dibutuhkan (senin - jumat) adalah 7- 8 jam. Seperti contoh kerja masuk mulai jam 08.00 - 16.00 / 07.00 - 15.00 (setiap perusahaan mungkin akan berbeda jam kerja tergantung dari aturan perusahaan atau kesepakatan dalam perjanjian kerja).

Baca Juga: Pengertian Beserta Tugas dan Tanggung Jawab Admin Logistik (Logistic Administrative) Secara Lengkap

Lama Waktu Pekerjaan Full Time

Lama waktu kerja untuk pekerjaan berjenis full time sebenarnya sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Hal ini secara eksplisit diatur dalam Pasal 77 Ayat 1 UU No. 13 Tahun 2003 yang menerangkan bahwa setiap perusahaan harus mematuhi aturan jam kerja.
Dalam pasal tersebut terdapat 2 jenis jam kerja yang diatur:
  1. Untuk waktu 5 hari kerja dalam 1 minggu, maka lama waktu kerja dalam 1 hari adalah selama 8 jam atau 40 jam dalam 1 minggunya.
  2. Sedangkan untuk waktu kerja selama 6 hari kerja dalam 1 minggu, maka lama waktu kerja dalam 1 hari adalah 7 jam kerja atau 40 jam dalam 1 minggu.
Namun apabila ada pekerjaan/proyek yang belum selesai dan dibutuhkan penyelesaian secara cepat, maka Perusahaan dapat meminta pekerja untuk lembur dengan adanya upah tambahan.

Kelebihan dan Kekurangan Bekerja Secara Full Time

kelebihan dari pekerjaan Full Time:
  • Jenjang Karir yang Pasti
Pekerjaan full time biasanya merupakan karyawan yang bekerja secara penuh untuk perusahaan. Biasanya perusahaan akan sebisa mungkin untuk mempertahankan pekerja full time untuk perusahaan tersebut, karena mereka sudah memiliki pengalaman pekerjaan mengenai jenis usaha yang dijalankan oleh perusahaan tersebut.
Semakin tinggi skill yang dikuasai, maka pastinya pekerja tersebut akan naik jabatannya.
  • Gaji Tetap dan Tunjangan Gaji
Pekerjaan full time juga mempunyai kelebihan dari sisi gaji, dimana anda akan mendapatkan gaji tetap setiap bulan yang biasanya ditambah dengan tunjangan gaji maupun kesehatan.
  • Mendapatkan Hak Cuti
Sebagai pekerja penuh waktu, biasanya perusahaan akan memberikan hak cuti yang berupa cuti tahunan selama 12 kali setiap tahunnya.
  • Leluasa Bertemu Banyak Orang
Anda dapat belajar tidak sedikit hal dari orang-orang yang kita temui sekitar menjadi karyawan. Terutama andai Anda bekerja di bidang kreatif atau sales yang memang sangat bersangkutan dengan orang lain. Keuntungan menjadi karyawan yang satu ini bakal mengasah keterampilan Anda untuk mengetahui karakter orang lain. Bukan tak dapat pula bila Anda mendapat  pembelajaran berharga dari masing-masing orang yang kita temui. Keuntungan ini belum tentu didapatkan freelancer yang tidak jarang bekerja secara berdikari dengan sistem remote.

  • Motivasi Meningkat Karena Punya Rekan Kerja

Tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran teman kerja dapat menjadi penyemangat efektif. Bila kita bekerja di lingkungan yang nyaman dan kondusif, Anda tentu semakin produktif. kita juga berpeluang untuk bersenang-senang bareng rekan kerja di luar hal pekerjaan. Sehingga ekuilibrium hidup lebih terjaga.

Untuk kelemahan dari pekerjaan berjenis Full Time sendiri juga terdapat beberapa, berikut ini coba kami jabarkan:
  1. Waktu Santai Anda Berkurang
Bekerja secara full time menuntut anda untuk bekerja dalam waktu tempo yang lama setiap harinya, biasanya 7-8 jam dalam 1 harinya, yang tentunya menguras banyak waktu anda untuk bersantai.
  1. Tidak Dapat Mengembangkan Bakat Pribadi
Apabila anda mempunyai bakat pribadi, baik itu mengenai hobby maupun minat untuk berbisnis, maka jenis pekerjaan full time akan membuat anda tertahan untuk bisa mengembangkan bakat pribadi.



Baca Juga; Pengertian General Manager Meliputi Tugas dan Tanggung Jawab Kerja General Manager (Manejer Umum)


Penelusuran yang terkait dengan keuntungan kerja full time

  • gaji kerja part time
  • contoh kerja part time
  • syarat kerja part time
  • part time adalah
  • upah minimum part time
  • alasan kerja part time
  • aturan kerja part time
  • kelebihan dan kekurangan karyawan

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Kerja Full Time - Lama Waktu Pekerjaan Full Time Dan Kelebihan dan Kekurangan Bekerja Secara Full Time"

Berlangganan via Email