Pengertian Animator Beserta Tugas dan Tanggung Jawab Pekerja Animator dan Gajinya Secara Lengkap

Jenis-jenis Animator dan Gajinya Menjadi Animator
Animator adalah profesi yang berkaitan dengan seni menciptakan ragam gambar yang akan membentuk ilusi bergerak pada saat ditayangkan. Pekerjaan menjadi salah satu pekerjaan impian di dunia animasi. Seorang animator bisa kerja di industri film, televisi, iklan, olahraga, bahkan video game. Nah, dengan melihat cakupan, keberagaman, dan kompleksitas bidang animasi ini maka animator perlu berkomitmen pada aspek tertentu. Jadi, harus bisa memutuskan jenis animasi apa yang akan ditekuni.


Jenis-jenis Animator

Untuk dapat mengenal jenis-jenis animator, tentu terlebih dulu harus diketahui jenis-jenis animasi yang kerap dipakai.  berikut adalah lima animasi yang biasa kamu lihat dalam kehidupan sehari-hari.

1. Animator tradisional

Pertama, ada animasi tradisional. Animasi ini biasa juga disebut gambar tangan. Animasi jenis ini merupakan penggerak dari animasi-animasi jenis lain yang mulai muncul belakangan. 
Jadi, animator tradisional ini akan menggambar dalam banyak kertas. Tiap-tiap kertasnya memiliki pergerakan objek yang sedikit.Animasi jenis ini butuh kemampuan artistik dari pembuatnya, karena tiap gambar mesti saling bersambung satu sama lain.

2. Animasi 2D

Apabila telah memiliki kemampuan di atas animasi tradisional, maka seseorang akan dikenal sebagai animator 2D. Biasanya kemampuan khusus mereka adalah penggunaan software, meski tidak dilakukan dalam semua proses.Hasil dari animasi 2D ini kelak akan menjadi kartun. Namun, animasi 2D tidak hanya digunakan di kartun saja. Graphical User Interfaces (GUIs) yang kerap kamu pakai di Mac maupun Windows, itu juga menggunakan animasi 2D.

3. Animasi 3D

Orang yang duduk di posisi ini harus menggunakan program Maya. Dengan duduk di posisi ini, mereka juga memiliki pemahaman untuk membuat animasi dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi ketimbang tradisional dan 2D.Animasi jenis ini memerlukan pemahaman yang lebih, supaya objek tampak seperti bergerak.Ia biasanya diawali oleh sebuah pola, baru kemudian ditambahkan lagi oleh pola-pola lain sehingga animasi menjadi punya tiga dimensi.

4. Motion graphic

Ada animator yang memiliki spesialisasi mengerjakan animasi motion graphic. Motion graphic adalah proses membuat gambar menjadi hidup dan bergerak.Secara umum, jenis animasi ini fokus pada menciptakan presentasi yang menarik dinamis dengan menggerakkan ilustrasi dan juga teks.
Animasi jenis ini dapat ditemukan di animasi 2D dan 3D. Produknya dapat bisa kamu temui dalam berbagai jenis seperti iklan, berita, dan produksi televisi lainnya.

5. Animasi stop motion 

Pada jenis animasi ini, metode yang dilakukan adalah dengan memanipulasi objek yang nyata. Objek ini akan digerakkan sedikit demi sedikit dan difoto satu per satu, setiap gerakan.Ketika ditampilkan secara berurutan, gambar-gambar ini akan menciptakan ilusi gerakan.Stop motion membutuhkan kesabaran yang luar biasa. Jika kamu membuat kesalahan dalam satu frame, sulit untuk melanjutkannya tanpa harus mengulangnya dari awal.



Tugas & tanggung jawab utama seorang animator

Animator membuat film untuk perusahaan produksi, studio animasi besar dan permainan komputer perusahaan. tanggung jawab yang khas dari pekerjaan meliputi:
  • Bekerja secara kreatif untuk menghasilkan estetis desain
  • Menggunakan perangkat lunak komputer generasi khusus seperti Maya, Flash dan After Effects
  • Menyajikan desain untuk evaluasi pelanggan
  • Mempromosikan dan menjalankan bisnis khusunya dalam bidang animasi
  • Negosiasi kontrak
  • Penghubung dan bekerja secara efektif dengan staf desain dan produksi lainnya

Beberapa perusahaan yang mempekerjakan Animator

  • Perusahaan desain web
  • Perusahaan permainan komputer
  • Studio film
  • Perusahaan pemasaran

Ketika membuat aplikasi pekerjaan, Anda akan memerlukan 'showreel' pekerjaan animasi yang menunjukkan kemampuan Anda yang potensial. Sangat penting untuk bersikap proaktif ketika mencari peluang sebagai lowongan pekerjaan yang jarang diiklankan, aplikasi sehingga spekulatif, termasuk pendekatan langsung ke perusahaan melalui telepon, sangat penting.

Kualifikasi dan keterampilan yang dibutuhkan Animator

Sebuah HND atau gelar dalam sebuah topik yang relevan seperti film, televisi, fotografi, ilustrasi, 3D / desain grafis atau komputer / computer-aided engineering akan mempersiapkan Anda untuk masuk ke profesi tersebut. Sebuah kualifikasi pascasarjana dalam animasi juga akan menguntungkan.

Keterampilan kunci untuk animator

  • Kreativitas
  • Bakat artistik
  • Bakat imajinatif
  • Teliti / Perhatian terhadap detail
  • Kemampuan untuk bekerja dibawah tekanan
  • Kemampuan untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat

Jenjang Karier

Berkarier sebagai animator bisa dimulai dengan menyusun portofolio. Perlahan ketika karyamu mulai dilirik perusahaan animasi, kamu bisa mencoba pekerjaan lepas. Lama-kelamaan kamu pun bisa bekerja di studio animasi keren. Kalau sudah jadi animator handal, bukan nggak mungkin kamu bakal jadi production designer yang bertanggung jawab dalam pembuatan animasi
  1. Animator
  2. Senior Animator
  3. Production Designer

Jurusan Terkait

Jika kamu ingin berkarier pada profesi ini, maka ilmu yang harus kamu kuasai adalah: Animasi, Desain Komunikasi Visual, Desain Grafis, Seni Rupa


Gaji Animator

Animator di Jepang Untuk Animator baru, gaji yang ditawarkan adalah 770 Yen (Rp. 90.000) per jam. Jika kita bekerja dalam 8 jam sehari dan 260 hari setahun, total gaji yang kita dapatkan adalah sekitar Rp. 15 Juta sebulan. Terkesan mahal dan mewah untuk ukuran Indonesia. Tetapi jika dibandingkan dengan biaya hidup dan kebutuhan di Jepang ini sangat sesuai. Untuk di indonesia Sendiri Gaji Menjadi Animator Rata - rata Bergaji sekitar 7 Juta / Bulan Tergantung Perusahaan Tempat Bekerja.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Kerja Animator
  • gaji animator
  • pekerjaan animator di indonesia
  • pengertian animator
  • tugas animator
  • animator indonesia
  • gaji animator di luar negeri
  • cara menjadi animator
  • gaji animator di jakarta

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Animator Beserta Tugas dan Tanggung Jawab Pekerja Animator dan Gajinya Secara Lengkap "

Berlangganan via Email