Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Operator Sekolah Secara Lengkap

Tugas Operator sekolah adalah personal yang diberi tugas untuk menginput data sekolah dan mengirimnya secara online ke server pusat.Tugas Operator sekolah di sini tentu juga untuk membantu tugas-tugas kepala sekolahDalam perkembangannya operator sekolah tidak hanya menangani dapodik, tetapi mereka juga harus mengerjakan aplikasi online dan berbagai macam pendataan yang lain,


Pekerjaan Wajib Operator

1. Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

Dapodik adalah pekerjaan utama operator sekolah. Dapodik sekarang menjadi satu-satunya sumber informasi yang digunakan pemerintah untuk melihat kondisi sekolah tanah air. Data dapodik juga sudah tersambung ke instansi pemerintah lain, seperti Dinas Kependudukan, KPK, dan BPK.

2. Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP)

Pekerjaan penting selanjutnya adalah mengisi kuesioner PMP. Aplikasi ini dimulai tahun 2016 kemarin, dan dilanjutkan tahun ini. Sebenarnya tugas mengisi ratusan kuesioner itu murni tanggung jawab masing-masing, mulai dari kepala sekolah, guru, komite, siswa dan pengawas. Tugas operator tinggal mengirim data ke server.

3. Program Indonesia Pintar (KIP)

Dulu namanya Beasiswa Siswa Miskin (BSM). Sekarang berganti menjadi Program Indonesia Pintar (PIP). Penerimanya mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Sewaktu masih BSM dulu, pekerjaan operator cukup banyak, mulai dari mengajukan identitas siswa yang berhak menerima, sampai mengambil dana bantuan di bank untuk diberikan kepada siswa.

4. Standar Pelayanan Minimal (SPM)

Entah apa alasannya ketika data di Dapodik disebut sebagai satu-satunya sumber data, masih ada aplikasi SPM yang harus diisi. Padahal isinya semua telah tercover di Dapodik. Pengisian SPM untuk SD dilakukan lewat aplikasi yang bernama SIAPP SPM Dikdas. Seperti halnya PMP, sekolah harus mengisi kuesioner berkenaan dengan kondisi riil yang ada di sekolah.

5. Laporan Individu (LI)

Form laporan individu SD/MI berformat excel ini diminta oleh Dinas Pendidikan Propinsi, meliputi Identitas Sekolah, data Kepala Sekolah, guru dan pegawai lainnya, kondisi keuangan, sarana prasarana, dan jumlah siswa berkebutuhan khusus.

6. Calon peserta ujian nasional

Menyiapkan data calon peserta UN yang valid juga dikerjakan operator sekolah. Kalau dulu diharuskan mengisi aplikasi bernama BIOS untuk mencetak Daftar Nominasi Sementara (DNS) dan Daftar Nominasi Tetap (DNT) calon peserta. Untuk sekarang sudah terintegrasi dengan Dapodik. Siswa yang berada di rombel kelas 6 otomatis menjadi calon peserta UN. Operator tinggal mengecek kebenaran identitas siswa lewat http//pdun.kemdikbud.go.id.

7. Kartu Inventaris Barang (KIB)

Kartu inventaris barang adalah pencatatan/inventarisasi mengenai kondisi aset yang dimiliki sekolah. Meliputi tanah, gedung/bangunan, peralatan/mesin, jalan, irigasi dan jaringan dan aset tetap lainnya. Datanya juga harus lengkap mulai dari nomor kode barang, tahun pengadaan/pembuatan, sumber pengadaan, dan lain-lain.

8. Verval PD

Verval PD adalah akronim dari Verifikasi dan Validasi Peserta Didik. Situs verval PD berlamat di http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Tugas operator disini adalah mengecek kesahihan identitas siswa hasil sinkronisasi terakhir, melihat NISN siswa baru (bagi yang belum punya), serta melakukan pengajuan perubahan data siswa seandainya salah waktu menginputkan di Dapodik.

9. Sekolah Kita

Situs Sekolah Kita masih baru diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, beralamat di http://sekolah.data.kemdikbud .go.id. Di situs ini orang tua dan masyarakat bisa mengakses profil lengkap sekolah, pokoknya semua isi dapur sekolah bisa dilihat di situs ini. Termasuk memberikan saran dan komentar untuk kemajuan sekolah. Tugas operator disini adalah melakukan update terutama foto-foto terbaru mulai dari view sekolah yang bagus sampai gedung bangunan yang rusak dan membutuhkan bantuan.

10. Ketatausahaan

Banyak sekolah terutama SD yang tidak punya tenaga kependidikan, siapa lagi yang jadi tenaga TU selain operator sendiri. Tau kan apa saja tugas TU itu? Mulai dari membuat surat keluar, bikin SK apalah itu, menyiapkan kelengkapan UTS, UAS, dan Ujian Nasional, dan lain-lainnya. Semuanya dicover oleh TU yang merangkap jadi operator plus guru.

11. Membantu tugas bendahara BOS

Kalau kebetulan bendahara BOS di sekolah adalah guru senior yang mungkin kurang familiar dengan komputer, bisa jadi operator lah yang jadi tumpuan. Dua pekerjaan yang masih kerap melibatkan operator adalah menyusun Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS) dan menyusun laporannya (SPJ).

12. Membuat proposal kegiatan

Yang ini opsional juga, hanya kalau kebetulan sekolah mau mengadakan kegiatan atau mengajukan bantuan seperti rehab gedung. Biasanya tugas semacam ini juga melibatkan operator sekolah.

Tugas Fungsi Operator Sekolah

  1. Tugas Operator Sekolah adalah melakukan entry data yang bersumber dari F-SEK, F-PD, dan F-PTK yang sebelumnya telah diisi oleh pihak yang berkepentingan.
  2. Tugas operator hanya melakukan input data. Laksanakan entry data sejeli dan seteliti mungkin sesuai dengan formulir yang diisi. Jangan menyimpang dari formulir yang telah diisikan. Seandainya ada formulir yang diisi tidak benar dan tidak sesuai prosedur, koordinasikan dengan yang bersangkutan untuk proses pembetulan, jika diperlu juga harus dikonsultasikan dengan kepala sekolah.
  3. Sebelum melakukan entry data, baca dengan cermat petunjuk pengisian seperti dalam manual versi dekstop untuk meminimalisir kesalahan. Untuk data yang bersifat vital karena berhubungan dengan penerimaan tunjangan, isi dengan benar dan jangan sampai dikosongkan.
  4. Jangan hanya mengandalkan informasi dari KK-DATADIK Kabupaten/ Kota . Info dari KK-DATADIK memang PENTING, tapi akan lebih baik jika Operator Sekolah bergabung di Grup Pendataan supaya bisa mendapatkan informasi yang up to date, sekaligus bisa sharing jika menemui kendala.
  5. Beri pengertian kepada PTK untuk melakukan Cek Verifikasi Data di website yang ditentukan. Ingat, Tugas Operator Sekolah hanya entry data. Seyogyanya para guru melakukan verifikasi datanya sendiri. Jika ditemukan data tidak valid, minta PTK yang bersangkutan berkoordinasi dengan Operator Sekolah untuk proses pembetulan. Kalau kemudian PTK tak memiliki kemampuan untuk Cek Verifikasi data, dan meminta bantuan Operator Sekolah, itu masalah lain. Tentu saja PTK yang bersangkutan harus ‘mengerti’ sehingga tak ada pihak yang harus dirugikan.
  6. Untuk Honor Entry Data, semuanya telah diatur dalam Petunjuk Tekhnis. Sodorkan hal tersebut kepada Kepala Sekolah, agar Operator Sekolah mendapatkan imbalan sesuai dengan haknya. Jika hal tersebut telah dilakukan, tapi hak Anda belum diperoleh, bersabarlah! Yakinlah bahwa Tuhan punya rencana lain bagi jalan rezeki Anda dengan jalan tak disangka-sangka.

Rincian Tugas Operator Sekolah 

Selain poin-poin di atas, ada juga rincian lebih detail dari tugas seorang operator sekolah di bawah ini.
  1. Menguasai tata cara penggunaan perangkat TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
  2. Memahami dengan baik cara mengoperasikan perangkat kantor dan komputer di dalamnya
  3. Memaksimalkan Fungsi TIK untuk mengelola segala hal yang berkaitan dengan administrasi kepegawaian, keuangan, sarana dan prasarana, hubungan sekolah dengan masyarakat, persuratan dan pengarsipan, kesiswaan, dan kurikulum
  4. Memahami cara mengoperasikan peralatan TIK seperti printer, scanner, proyektor dan lain-lain.
  5. Tahu betul cara mengoperasikan Microsoft Office untuk kepentingan administrasi.
Selain hal di atas, seorang operator sekolah juga memiliki tugas sebagai pengelola Dapodik. Rincian tugasnya adalah sebagai berikut :
  1. Memasukan data ke dalam situs yang suda disediakan;
  2. Melakukan Validasi data yang diupload
  3. Melakukan Updating data yang dikirim ke pusat
  4. Melakukan Sinkronisasi data sekolah ke dalam aplikasi Dapodik secara berkala
Adapun data data sekolah yang wajib dikirimkan ke pusat atau Dapodik adalah seperti di bawah ini
  1. data profil sekolah;
  2. data peserta didik;
  3. data sarana dan prasarana sekolah
  4. data guru dan tenaga Pendidik.

Kualifikasi Operator Sekolah

Untuk menjadi seorang operator sekolah ada beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi. Selengkapnya bisa anda lihat pada daftar di bawah ini :
  1. Berpendidikan minimal SMA/SMK sederajat
  2. Memiliki kemampuan pengoperasian komputer yang baik
  3. Tidak pernah bermasalah dengan hukum
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Setia pada Pancasila



Penelusuran yang terkait dengan Operator Sekolah
  • gaji operator sekolah
  • operator sekolah 2021
  • cek nama operator sekolah
  • tugas operator sekolah
  • syarat menjadi operator sekolah
  • tes operator sekolah
  • operator sekolah pemula
  • kesejahteraan operator sekolah

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Operator Sekolah Secara Lengkap"

Berlangganan via Email