Widget HTML Atas

Peluang Kerja dan Prospek Bagi Lulusan Teknik Lingkungan [Environmental Engineering]

Peluang Kerja Teknik Lingkungan [Environmental Engineering]. Perkembangan teknologi yang pesat oleh manusia, semakin kompleksnya masalah lingkungan sehingga semakin memprihatinkan dan semakin mengancam eksistensi manusia. Kebutuhan air yang semakin meningkat ditambah dengan pencemaran air lingkungan sehingga tantangan lingkungan bisa diatasi oleh sarjana teknik lingkungan.
Program studi teknik lingkungan mempelajari solusi masalah lingkungan dengan pendekatan teknologi yang maju antara lain pada penyediaan air minum, sistem pembuangan dan recycle buangan cair, padat, dan gas apalagi mencakup drainase perkotaan maupun desa. Selain itu sarjana Teknik Lingkungan juga mempelajari bagaimana pengelolaan dampak lingkungan serta sanitasi lingkungan di dunia ini.
Peluang Kerja Lulusan Teknik Lingkungan
Permasalahan lingkungan semakin meningkat akan menjadi prospek kerja bagi jurusan teknik lingkungan sehingga lingkungan yang sehat menjadikan kesempatan lulusan sarjana lingkungan untuk mengambil alih bersihnya lingkungan. Maka dari itu berikut ini merupakan peluang kerja dari lulusan teknik lingkungan yang perlu anda ketahui.

Lulusan sebagai Tenaga Pengajar/Dosen

Sebagai tenaga pendidik/dosen teknik lingkungan masih sedikit sehingga terbuka kesempatan untuk lulusan teknik lingkungan sebagai pengajar terutama dosen program studi teknik lingkungan.

Teknik Lingkungan di Pemerintahan

Pada pemerintahan lulusan teknik lingkungan memiliki prospek untuk bekerja di Kementrian Perindustrian, Kementerian Lingkungan hidup dan kehutanan, Kementrian Kelautan, Kementerian ESDM, dan lembaga pemerintah Indonesia lain.

Badan Usaha Milik Negara dan Sektor Swasta

BUMN dan sektor swasta, untuk teknik lingkungan banyak sekali perusahaan-perusahaan industri besar yang membutuhkan tenaga lulusan ini terutama yang bergerak dibidang petrokimia, pertambangan, minyak dan lain sebagainya. Beberapa contoh perusahaan misalnya PT Pertamina, Krakatau Steel, PT Unilever, Total, Kimia Farma, Chevron, Aneka Tambang.
Perguruan tinggi yang mengadakan Jurusan Teknik lingkungan antara lain Teknik Lingkungan ITS, STTL (Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan) di Yogyakarta, Teknik Lingkungan ITB (FTSL), Teknik Lingkungan UNDIP, Teknik Lingkungan UPN Jogja, Teknik Lingkungan UI, dan masih banyak lagi lainya baik swasta maupun PTN. Dan untuk perguruan tinggi di luar negeri juga banyak yang membuka teknik lingkungan, maka jika ingin kuliah di luar negeri dengan beasiswa belajarlah dengan baik agar mendapat beasiswa.
Demikian informasi mengenai peluang kerja program studi teknik lingkungan yang perlu anda ketahui, sebenarnya masih banyak profesi untuk lulusan teknik lingkungan dengan gaji yang cukup besar serta berguna untuk negeri ini. Semoga informasi tersebut berguna untuk anda semua dan terima kasih. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini lewat facebook atau twitter ke teman – teman anda semua.

Tidak ada komentar untuk "Peluang Kerja dan Prospek Bagi Lulusan Teknik Lingkungan [Environmental Engineering]"