Widget HTML Atas

Peluang Kerja dan Prospek Bagi Lulusan Fisika

kampungakreditas.web.id - Anda suka dengan pelajaran fisika? Anda tertarik untuk masuk ke jurusan ini? Banyak sekali peluang kerja lulusan fisika karena lulusan ini punya banyak ilmu untuk dipelajari dan sangat mengasyikan.
Ilmu Fisika adalah ilmu yang sangat menarik untuk dipelajari, karena setiap hari kita pasti mengalami berbagai masalah yang berhubungan dengan penerapan ilmu fisika. Contohnya saat kita naik sepeda tentu banyak sekali peristiwa dari fisika seperti gaya gesek, kecepatan, perputaran, dll.
Untuk perkuliahan program studi fisika mempunyai kelompok keahlian yaitu fisika terapan, fisika radiasi, instrumentasi, fisika energi, fisika material, fisika medis, dan masih banyak lagi. Selain juga terdapat perhitungan rumus fisika matematika tentu jurusan ini juga akan mendapatkan berbagai pengantar matematika, teknologi komputer, dan mata kuliah umum.
Selain diminati calon mahasiswa baru ternyata jurusan fisika ini mempunyai banyak lowongan pekerjaan baik di perusahaan maupun instansi pemerintahan bahkan bisa mendirikan lapangan pekerjaan sendiri. Berikut ini merupakan prospek kerja lulusan fisika yang perlu anda ketahui.

1. Pemerintahan

Untuk lulusan fisika ini bisa bekerja di pemerintahan Indonesia seperti Pemda (Pemerintah Daerah), Batan, Dinas Pendidikan, Bapeten, BPS (Badan Pusat Statistika), Badan Standarisasi Nasional, Lapan, LIPI, dan masih banyak lagi.

2. Swasta dan BUMN

Berbagai perusahaan swasta dan BUMN sangat membutuhkan lulusan Fisika seperti Pertamina, PT. Telkom, Perbankan, serta berbagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi masa kini yang tentunya membutuhkan orang fisika untuk berbagai keperluan. Selain itu lulusan fisika juga dibutuhkan dipertambangan dan industri kontraktor bangunan.

3. Dosen Fisika

Dengan perkembangan teknologi yang maju tentu lulusan fisika sangat dibutuhkan bagi banyak perusahaan sehingga tak heran banyak perguruan tinggi membuka program ini. Dan lowongan untuk menjadi dosen pun meningkat serta masih sangat luas untuk jurusan ini.

4. Wirausaha

Dengan kemampuan yang dimilikinya dan kemampuan skills yang didapatkan selama perkuliahan tentu lulusan ini bisa mendirikan peluang kerja serta menciptakan lowongan pekerjaan untuk orang lain. Baik pekerjaan yang berhubungan dengan fisika maupun ilmu lainya yang ada.

Tempat Kuliah Program Fisika

Untuk tempat perkuliahan jurusan ini biasanya pada setiap perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta menyelenggarakan program studi fisika. Misalnya Fisika UI, Fisika ITS, Fisika ITB, dan Fisika UPI, fisika IPB, serta masih banyak lagi perguruan tinggi lain.
Demikian informasi mengenai peluang kerja dari lulusan fisika yang perlu anda ketahui. Dan sebenarnya masih banyak lowongan kerja untuk lulusan fisika. Semoga informasi tersebut berguna untuk kalian semua. Terima kasih dan jangan lupa untuk membagikan informasi ini ke teman anda lewat facebook twitter maupun media sosial lainya.

Tidak ada komentar untuk "Peluang Kerja dan Prospek Bagi Lulusan Fisika"