Widget HTML Atas

5 Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan Masa Depan

Kampungakreditas.web.id - Akhir tahun ajaran sudah di depan mata, kamu yang kini duduk di bangku sekolah akhir mungkin ada yang sudah mendapatkan kampus impian. Sementara sebagian lainnya masih harus berjuang, kamu yang kini jurusan kuliahnya masih di angan-angan wajar saja merasa jika takut atau bimbang. Tak jarang, kamu malah memilih tergoda memilih jurusan kuliah tertentu karena ikut-ikutan teman. Padahal ini bakal berdampak buruk lho buat kamu.

Coba pertimbangkan dengan baik jurusan apa yang akan kamu pilih tanpa harus selalu melihat kepada orang lain. Jadikan pendapat orang hanya sebagai masukan, bukan sesuatu yang wajib dituruti. Agar tak lagi bimbang, pastikan kamu tahu beberapa hal ini dulu sebelum memutuskan untuk memilih jurusan kuliah.Berikut ini adalah jurusan kuliah yang jarang banget kita dengar, tapi sebenarnya punya masa depan karier yang bagus. Ini dia 5 jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan masa depan.


 Teknologi Pangan

Buat yang punya hobi kuliner, coba mendalami bidang satu ini, yuk! Di jurusan kuliah ini kita bisa mempelajari banyak hal tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang berusaha memanfaatkan semaksimal mungkin hasil panen dan pangan. Jadi, kalau lulus dari jurusan ini kira-kira kita bakal ahli di bidang pemrosesan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan pangan dan sebagainya. Pekerjaan ini sebenarnya punya masa depan yang cerah tapi jarang terdengar di masyarakat.


Pilihan universitas untuk jurusan Teknologi Pangan:

- Institut Pertanian Bogor
- Unviersitas Gadjah Mada
- Universitas Bina Nusantara
- Universitas Pasundan
- Universitas Brawijaya



Kehutanan

Jadi, mahasiswa jurusan Kehutanan bisa belajar bukan tentang kehutanan aja tapi juga tentang segala sesuatu yang hidup di sana. Mulai dari tanaman sampai binatang. Dan, karier di bidang ini juga menjanjikan, lho. Bahkan, karier ini bisa setahap demi setahap masuk dalam dunia politik alias pemerintahan. Contohnya, menteri kehutanan. Wuih, kece, kan?


Pilihan universitas untuk jurusan Kehutanan:

- Institut Pertanian Bogor
- Universitas Bengkulu
- Universitas Sumatera Utara
- Universitas Riau
- Universitas Jambi



Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan

Yap! Ada ilmu khusus untuk mempelajari penyakit yang diderita tumbuhan dan tanaman. Enggak cuma manusia dan hewan aja, tapi juga tumbuhan. Kita bakal belajar tentang jenis-jenis hama, jenis-jenis penyakit tumbuhan, gimana cara mengobatinya dan sebagainya. Kita bisa jadi dokternya tanaman dan tumbuhan, lho. Hi-hi-hi. Dan, siapa bilang bayarannya sedikit?

Pilihan universitas untuk jurusan Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan:

- Universitas Brawijaya
- Institut Pertanian Bogor
- Universitas Gadjah Mada
- Universitas Indonesia
- Universitas Airlangga




Ilmu Tanah

Kayak belajar geografi, kita bakal bertemu dengan lempeng-lempeng dan struktur tanah. Tapi, kita bakal lebih detail mempelajari dan mendalami ilmu ini. Kalau soal karier masa depan, Ilmu Tanah bisa merambah ke bidang-bidang geografi. Mulai dari lingkungan hidup, pertambangan, geolog dan sebagainya. Seru, kan? Dan... Secara finansial juga bakal terjamin, kok. Jadi, buat yang suka penasaran sama struktur bumi kita, kita bisa kulik di jurusan kuliah ini.

Pilihan universitas untuk jurusan Ilmu Tanah:

- Universitas Brawijaya
- Universitas Sebelas Maret
- Universitas Gadjah Mada
- Institut Pertanian Bogor


Kartografi dan Penginderaan Jauh

Satu lagi pelajaran Geografi yang punya prospek bagus kalau kita fokus belajar bidang ini di tingkat perguruan tinggi. Ini dia jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh. Pasti enggak asing dengan dua hal itu, kan? Intinya, jurusan ini mepelajari pemetaan bumi. Kartografi adalah ilmu pembuatan peta. Sedangkan penginderaan jauh adalah metode pengukuran objek tanpa harus bersentuhan langsung dengan objek tersebut. Wuih, kita bisa kerja di tempat seperti Google Maps, nih!

Pilihan universitas untuk jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh:

- Universitas Gadjah Mada
- Universitas Muhammadiyah Surakarta
- Universitas Negeri Semarang


Tidak ada komentar untuk "5 Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan Masa Depan"