Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah UTU Universitas Teuku Umar 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UTU Universitas Teuku Umar – Sebelum kita membahas biaya kuliah UTU, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu terkait sejarah singkatnya. Universitas Teuku Umar (UTU) adalah salah satu perguruan tinggi negri yang terletak di Kota Meulaboh, Aceh Barat. Perguruan tinggi ini berdiri atas gagasan para ulama dan pemuka masyarakat Aceh Barat yang menjalin kerja sama dengan pemerintahan setempat. Sejarah singkatnya, dimulai pada tanggal 28 Agustus 1984, dengan diresmikannya Yayasan Pendidikan Teuku Dirundeng Meulaboh secara hukum, yang merupakan perwujudan nyata dari gagasan awal tersebut.
Selanjutnya pada tahun yang sama, yayasan tersebut mulai bergerak, yang ditandai dengan didirikannya Akademi Pertanian Meulaboh yang merupakan cikal bakal dari UTU sendiri. Tepatnya pada tahun 1993, Akademi Pertanian Meulaboh berubah namanya menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Teuku Dirudeng. Baru setelah izin prinsip yang berdasarkan SK Dirgen Dikti No.1318/D2/2002 tepatnya pada tanggal 25 Juli 2002, yang dilanjutkan dengan SK izin operasional yang didasari oleh SK DIRJEND DIKTI NO: 262/D/O/2006 pada tanggal 10 November 2006, maka STIP Teuku Dirudeng berubah nama menjadi Universitas Teuku Umar (UTU).
Saat itu statusnya masih perguruan tinggi swasta, baru pada tanggal 1 April 2014, Presiden SBY meresmikan UTU menjadi perguruan Tinggi Negri. Selanjutnya kita akan membahas jalur penerimaan mahasiswa dan biaya kuliah UTU. Universitas Teuku Umar sendiri merupakan salah satu universitas tujuan bagi para calon mahasiswa baru, terlebih bagi masyarakat Aceh Barat. Pada tahun ajaran 2018/2019 ini UTU kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru di beberapa fakultasnya, diantaranya:

  1. Fakultas Pertanian
  2. Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik
  3. Fakultas Teknik
  4. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  5. Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan
 
Pendaftaran mahasiswa baru UTU sendiri bisa melalui beberapa jalur, diantaranya: 
Jalur SNMPTN & SBMPTN
Sebagai salah satu universitas negeri di Indonesia, UTU juga membuka jalur SNMPTN bagi para calon mahasiswa baru. Seperti yang kita ketahui, SNMPTN merupakan jalur seleksi tanpa ujian tertulis, dimana dasar penerimaannya melalui prestasi akademik. Sedangkan SBMPTN sendiri ditempuh dengan cara ujian tertulis yang diadakan oleh pemerintah pusat. Jika Anda berminat untuk mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa UTU, maka pada kolom isian universitas tujuan, silahkan pilih UTU.

Jalur SPMB (UMB-PT)
UMB-PT merupakan jalur seleksi yang dilakukan untuk penerimaan mahasiswa baru, yang dilakukan oleh perguruan tinggi yang masuk ke dalam kelompok P-SPMBN. Jika Anda berminat kuliah di UTU, Anda juga bisa masuk melalui jalur ini dengan biaya kuliah Universitas Teuku Umar yang telah ditentukan.

Bidikmisi
Jalur terakhir yang bisa diikuti adalah bidikmisi. Bidikmisi sendiri merupakan pemberian bantuan berupa biaya kuliah UTU dan biaya hidup kepada para calon mahasiswa baru, yang masuk ke dalam kategori tidak mampu. Untuk menjadi peserta bidikmisi, harus melampirkan surat rekomendasi dari kepala sekolah. Jadi setelah Anda dinyatakan lolos jalur bidik misi, Anda tidak perlu memikirkan biaya kuliah Universitas Teuku Umar lagi.

Biaya kuliah UTU sendiri telah menerapkan sistem UKT, dimana besar nominalnya ditentukan pada penghasilan orang tua. Untuk UKT sendiri dibayarkan di setiap awal semester baru.

Biaya Kuliah UTU Universitas Teuku Umar

Pendaftaran Online UTU Universitas Teuku Umar

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online UTU sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UTU Jalur Mandiri.
Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UTU : SPMB UTU, Pendaftaran Mahasiswa Baru UTU, Pendaftaran UTU Online, Pendaftaran Online UTU, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UTU, Cara dan Panduan Pendaftaran UTU, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri UTU.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Seleksi Masuk UTU Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di UTU secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website www.utu.ac.id atau utu.web.id.
Sekian informasi biaya kuliah UTU yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di UTU ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus UTU. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain.

pendaftaran online universitas teuku umar jalur mandiri, biaya di utu, Biaya kuliah di utu, biaya kuliah Universitas Teuku umar, biaya uang kuliah di utu maulaboh, pmb utu, spp jurusan tehnik sipil di utu, Uang kuliah jalur mandiri di kampus UTU

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah UTU Universitas Teuku Umar 2019/2020"