Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah USU Universitas Sumatera Utara 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah USU Universitas Sumatera Utara – Bagi warga Sumatra Utara, informasi terkait biaya kuliah USU tentu sangat dinanti. Universitas ini didirikan pada tanggal 4 Juni 1952 oleh yayasan Universitas Sumatra Utara. Yayasan tersebut sebenarnya sudah digagas sejak tanggal 31 Desember 1951, dengan dibentuknya panitia khusus persiapan pendirian perguruan tinggi yang dipimpin oleh Dr. Sumarsono. Kemudian seiring berjalannya waktu, masyarakat banyak memberikan respon positif, maka pada tangga 20 Agustus 1952 didirikan Fakultas pertama USU, yaitu Fakultas Kedokteran.
Peresmian USU sebagai perguruan negri dilakukan pada tanggal 20 November 1957 oleh Presiden Soekarno. Maka tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari lahir USU. Namun, ternyata terjadi perubahan tanggal jadi USU. Hal ini dikarenakan pihak senat universitas melakukan pengkajian ulang terkait tanggal lahir tersebut. Berdasarkan kesepakatan bersama, dihasilkan keputusan bahwa tanggal 20 Agustus 1957 dijadikan sebagai tanggal lahir USU. Maka semenjak tahun 2002, USU selalu memperingati hari jadinya pada tanggal tersebut. Selanjutnya kita akan membahas mengenai mekanisme penerimaan mahasiswa dan biaya kuliah USU.
Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia, USU berkomitmen untuk aktif dalam membangun peradaban bangsa melalui jalur pendidikan. Hal ini direalisasikan dengan program penerimaan mahasiswa baru di setiap tahunnya. Adapun mekanisme yang harus dilalui untuk mengenyam kuliah di USU dapat ditempuh melalui beberapa jalur, diantaranya:

  1. Jalur SNMPTN & SBMPTN
  2. Pendaftaran UMB-PT USU
  3. Pendaftaran Ekstensi USU Online
  4. Pendaftaran Diploma USU Online
  5. Pendaftaran Overseas Student USU Online
  6. Pendaftaran Program Pascasarjana USU Online
  7.  
Untuk saat ini USU memiliki beberapa fakultas yang telah terakreditasi BAN-PT, diantaranya:
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Farmasi
  • Fakultas Keperawatan
  • Sekolah Pascasarjana
Besaran biaya kuliah USU pada masing-masing fakultas dan program studi memiliki yang berbeda.
Pada saat pendaftaran, para calon mahasiswa diwajibkan mengisi formulir pendaftaran, dimana salah satunya mengisi besarnya dana pendidikan yang merupakan salah satu biaya kuliah Universitas Sumatera Utara, sesuai dengan data penghasilan orang tua. Memang sejak tahun 2003, USU sudah menerapkan sistem UKT. Maka dengan menerapkan sistem ini, setiap mahasiswa cukup melakukan pembayaran satu kali saja di setiap semester baru. Hal tersebut tentu akan memudahkan dalam hal pembayarannya.
Pembayaran UKT yang merupakan biaya kuliah Universitas Sumatera Utara ini bisa Anda lakukan setelah dinyatakan lulus seleksi melalui jalur-jalur yang sudah ditentukan. Mahasiswa baru yang sudah dinyatakan lulus, harus melakukan her-registrasi dengan mengumpulkan dan melengkapi berkas-berkas pendaftaran. Salah satunya formulir yang berisi data penghasilan orang tua, untuk menentukan UKT biaya kuliah USU.

Biaya Kuliah USU Universitas Sumatera Utara

Biaya UKT USU (Universitas Sumatera Utara)

Pendaftaran Online USU Universitas Sumatera Utara

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online USU sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk USU Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa USU : SPMB USU, Pendaftaran Mahasiswa Baru USU, Pendaftaran USU Online, Pendaftaran Online USU, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru USU, Cara dan Panduan Pendaftaran USU, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri USU.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Seleksi Masuk USU Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di USU secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website https://penerimaan.usu.ac.id/.

Sekian informasi biaya kuliah USU yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di USU ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus USU. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain.
berapa biaya daftar ulang d3 usu, biaya kuliah di kedokteran usu, biaya kuliah ekstensi usu, biaya kuliah s2 usu jalur mandiri, biaya kuliah usu sbmptn 2019, biaya pendaftaran usu fiploma, fakultas keperawatan usu akreditas dan biaya, pendaftaran universitas sumatera utara usu tahun 2019, ukt d3 usu 2019

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah USU Universitas Sumatera Utara 2019/2020"