Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNSIKA Universitas Singaperbangsa 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UNSIKA Universitas Singaperbangsa – Sebelum membahas mengenai biaya kuliah UNSIKA, Anda perlu mengetahui beberapa hal lain terkait UNSIKA. Salah satunya adalah sejarah dari universitas tersebut. Sesuai namanya, Universitas Singaperbangsa Karawang merupakan merupakan perguruan tinggi negeri yang terdapat di Karawang Jawa Barat. Universitas negeri yang berdiri pada 2 Februari 1982 ini diberi nama berdasarkan tokoh yang merupakan pendiri kadipaten Karawang, yaitu Raden Adipati Singaperbangsa. Pada awalnya, universitas ini merupakan perguruan tinggi swasta. Namun, pada 2014, dengan berdasarkan Perpres RI Nomor 123 tahun 2014, UNSIKA beralih menjadi perguruan tinggi negeri.

Para pelajar yang lulus dari SMA atau pendidikan sederajat dan tertarik untuk berkuliah di UNSIKA tidak hanya perlu mencari gambaran biaya kuliah Universitas Singaperbangsa Karawang saja. Ada satu hal yang juga tidak kalah penting, yaitu jalur penerimaan mahasiswa baru. Untuk mereka yang ingin mendaftar di Universitas Singaperbangsa Karawang, ada beberapa jalur pendaftaran yang bisa dicoba seperti jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi mandiri. Penyelenggaraan dua jalur pertama, yaitu SNMPTN dan SBMPTN mengikuti koordinasi dari Panitia Nasional atau Panitia pusat. Sementara itu, seleksi mandiri atau SMMPTN diselenggarakan oleh universitas terkait, dalam hal ini adalah UNSIKA. Nantinya, pendaftar jalur SMMPTN hanya bisa mengisi program studi yang tidak terakomodir pada dua jalur masuk sebelumnya.
Biaya kuliah UNSIKA meliputi beberapa pembiayaan seperti sumbangan pembangunan, biaya registrasi, SPP, dan sebagainya yang proses pembayarannya dihitung selama 2 semester. Pembayaran itu sendiri bisa dilakukan secara tunai maupun kredit alias mengangsur. Apabila mengangsur, setiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk membayar sebanyak 4 kali dimulai dari pembayaran saat melakukan registrasi sebagai mahasiswa.

Ketika melakukan pembayaran saat registrasi, pendaftar yang lolos secara otomatis juga telah membayar biaya kuliah UNSIKA pada semester mendatang. Angsuran berikutnya dilakukan pada semester kedua. Nantinya, jika suatu program studi yang diambil mahasiswa memiliki kegiatan praktikum, maka mahasiswa yang bersangkutan juga harus membayar biaya praktikum karena biaya angsuran belum tentu menyertakan biaya praktikum. Namun, khusus untuk program studi seperti D3 Kebidanan, biaya untuk praktikum umumnya sudah terdaftar pada rincian biaya awal.
Seperti perguruan tinggi negeri lainnya, penentuan tarif biaya perkuliahan juga ditentukan dengan menggunakan sistem UKT. Mahasiswa di UNSIKA dikelompokkan dalam 5 level UKT, mulai dari level I hingga V. Biaya kuliah Universitas Singaperbangsa Karawang dengan UKT paling kecil yaitu sekitar Rp 500.000. Sementara itu, nominal terbesar UKT pada level V yaitu sekitar Rp 5 juta ke atas. Untuk program studi khusus seperti D3 kebidanan, UKT level V yang dibayarkan mulai dari Rp 14 jutaan.
Bagi mahasiswa baru atau mahasiswa tahun pertama, biaya kuliah UNSIKA secara keseluruhan mencapai Rp 18 jutaan. Namun, nominal tersebut berlaku untuk mahasiswa Kebidanan. Untuk program studi lain seperti Teknik dan Penjaskes, biaya yang dihabiskan sekitar Rp 7-9 jutaan.

Biaya Kuliah UNSIKA Universitas Singaperbangsa

Biaya UKT UNSIKA (Universitas Singaperbangsa Karawang)

Pendaftaran Online UNSIKA Universitas Singaperbangsa

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online UNSIKA sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNSIKA Jalur Mandiri.
Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNSIKA : SPMB UNSIKA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSIKA, Pendaftaran UNSIKA Online, Pendaftaran Online UNSIKA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSIKA, Cara dan Panduan Pendaftaran UNSIKA, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri UNSIKA.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Seleksi Masuk UNSIKA Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di UNSIKA secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website https://pmb.unsika.ac.id/.
Sekian informasi biaya kuliah UNSIKA yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di UNSIKA ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus UNSIKA. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain. Seperti biaya kuliah ITB, biaya kuliah UPI, biaya kuliah IPB, biaya kuliah POLBAN, biaya kuliah UIN Bandung, biaya kuliah UNPAD, biaya kuliah POLMAN, biaya kuliah UNSIL, biaya kuliah POLINDRA dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat bagi anda semua.
biaya kuliah unsika 2019, biaya kuliah di unsika, biaya kuliah unsika, biaya universitas singaperbangsa karawang, universitas singaperbangsa karawang, unsika kelas karyawan 2018, biaya kuliah kemanajemenan singaperbangsa 2019/2020, Biaya kuliah kelas karyawan di unsika, biaya kuliah kebidanan di universitas singaperbangsa karawang, biaya jalur mandiri unsika

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNSIKA Universitas Singaperbangsa 2019/2020"