Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNJA Universitas Jambi 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UNJA Universitas Jambi – Layaknya Universitas Negeri yang lain, biaya kuliah UNJA dan sistem pendaftaran mahasiswa baru UNJA mengikuti peraturan pemerintah yang berlaku. Universitas Jambi atau biasa disingkat menjadi UNJA merupakan pembaharuan dari sebuah institut pendidikan bernama Akademi Perniagaan Djambi. Dahulu Jambi belum memiliki universitas negeri yang berdiri sendiri. Kedua Fakultas Milik Akademi Perniagaan Djambi berafiliasi kepada Fakultas Ekonomi milik Universitas Indonesia.
Dengan keresahan akan belum adanya perguruan tinggi negeri di kota Jambi maka pemerintah mengusulkan didirikan Universitas Negeri Jambi. Universitas Negeri Jambi resmi dibuka pada tanggal 1 April 1963 dengan empat fakultas. Fakultas tersebut adalah Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Peternakan serta Fakultas Pertanian. Kepemimpinan awal UNJA berada di tangan Kolonel M.J.Singedekane yang langsung ditunjuk oleh presiden melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 148. Kepemimpinan beliau berakhir saat Drs. Kemas Mohamad Saleh diangkat menjadi Rektor oleh Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Universitas Jambi saat ini memiliki 13 fakultas dan juga 56 program studi. biaya kuliah UNJA tidak akan menjadi masalah karena sudah disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang tua mahasiswa melalui sistem UKT. Sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal menjadi pilihan terbaik dari pemerintah untuk menanggulangi seluruh ketimpangan dari struktur ekonomi mahasiswa. Salah satunya pada biaya kuliah Universitas Jambi. Sistem pembayaran Uang Kuliah Tunggal yang dijalankan oleh UNJA ini sudah dimulai sejak tahun ajaran 2013/2014.

biaya kuliah UNJA ini menganut Peraturan dari Kemendikbud RI Tahun 2013 Nomor 55. UKT hanya dibebankan kepada mahasiswa baru saja. Untuk mahasiswa lama masih menjalankan peraturan sebelumnya jumlah total biaya yang berbeda-beda setiap fakultasnya dengan uang pangkal dibayarkan diawal serta pembayaran rutin setiap semesternya. Range biaya UKT dari Universitas Jambi ini berkisar antara 1.5 juta rupiah hingga 3.5 juta rupiah tergantung golongan. UKT tertinggi di UNJA adalah 3.5 juta rupiah. Kecuali pada prodi tertentu seperti Kedokteran memiliki nilai sendiri.
Program studi kedokteran sedikit berbeda dengan yang lain karena membutuhkan biaya operasional jauh lebih besar dibandingkan program studi lain. Selain itu program studi ini juga tidak mungkin hanya mengandalkan uang UKT yang dibayarkan setiap semester dengan tingkat tertinggi hanya 3.5 juta rupiah saja. Seperti tahun-tahun sebelumnya biaya kuliah Universitas Jambi program studi kedokteran harus membayarkan uang pangkal sebesar 60 juta rupiah untuk mahasiswa yang diterima lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN.
Kemudian bagi mahasiswa yang diterima lewat jalur Ujian Mandiri sebanyak 80 juta rupiah. Namun jangan berkecil hati berkenaan dengan Uang Kuliah UNJA karena banyak beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi yang menanti. Banyaknya beasiswa ini melihat besarnya nama Universitas Jambi.

Biaya Kuliah UNJA Universitas Jambi

Biaya UKT UNJA (Universitas Jambi)

Pendaftaran Online UNJA Universitas Jambi

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online UNJA sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNJA Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNJA : SPMB UNJA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNJA, Pendaftaran UNJA Online, Pendaftaran Online UNJA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNJA, Cara dan Panduan Pendaftaran UNJA, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri UNJA.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Seleksi Masuk UNJA Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di UNJA secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website http://pmb.unja.ac.id/.

Sekian informasi biaya kuliah UNJA yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di UNJA ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus UNJA. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain.

ukt unja 2019, uang seleksi mandiri universitas jbi, rincian biaya kuliah magister unja, penentuan ukt jalur smmptn unja com, pembayaran masuk dan persemeter UNJA, cek ukt berapa di fakultas hukum unja, biaya kuliah UNJA, biaya kuliah uin jambi 2019, biaya kuliah fk jambi, biaya kuliah di unja 2019 jalur sbmptn

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNJA Universitas Jambi 2019/2020"