Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNJ Universitas Negeri Jakarta 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UNJ Universitas Negeri Jakarta – Guna menciptakan generasi Indonesia yang cerdas, tentu bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan tenaga ahli dan profesional yang berperan di dalamnya. UNJ sebagai salah satu universitas yang banyak melahirkan tenaga pendidik yang profesional. Biaya kuliah UNJ pun tergolong dalam universitas dengan biaya kuliah yang tidak terlalu tinggi. Berbicara tentang UNJ, tidak bisa dilepaskan dari sejarah bangsa Indonesia. Hal ini karena cikal bakal berdirinya Universitas Negeri Jakarta dimulai sejak masa pasca kemerdekaan Indonesia yang melalui perjalanan panjang.

Sebelum mengulas terkait biaya kuliah Universitas Negeri Jakarta, mengetahui lebih jauh terkait sejarah UNJ sangatlah menarik. Sejarah universitas ini dimulai sejak masa awal pasca kemerdekaan. Kurangnya tenaga kependidikan di semua jenjang pendidikan akhirnya membuat pemerintah pada tahun 1950-an mendirikan berbagai kursus pendidikan guru untuk mengatasi masalah ini. Tidak hanya berhenti sampai disitu, usaha peningkatan mutu serta jumlah pendidik pun terus dilakukan. Tahap selanjutnya adalah dengan mendirikan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG).
Pendirian PTPG ini didirikan di 4 kota besar di Indonesia, yaitu Bandung, Malang, Batusangkar dan Manado melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.382/Kab tahun 1954. Selanjutnya, dua lembaga pendidikan yang menghasilkan guru, yaitu Kursus B-I/B-II/PGLSP dan PTPG kemudian diintegrasikan dalam satu lembaga pendidikan. PTPG pada tahun 1957 diintegrasikan ke dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di universitas terdekat.

Lalu kemudian pada tanggal 8 Februari 1961, Kursus B-I dan B-II juga akhirnya diintegrasikan ke dalam FKIP di bawah Kementrian Pendidikan Tinggi. Sementara pada tahun 1963 juga didirikan Institut Pendidikan Guru (IPG) yang menghasilkan guru sekolah dasar. Untuk menghindari dualisme sistem, kedua lembaga pendidikan ini kemudian diintegrasikan melalui Keppres No 1 tahun 1963 tanggal 3 Januari 1963. Melalui keppres ini ditetapkan bahwa kedua lembaga pendidikan ini disatukan menjadi satu yaitu Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan (IKIP) Jakarta. Selanjutnya, IKIP Jakarta diberikan mandat untuk terus mengembangkan ilmu kependidikan dalam wadah universitas. Sejak itulah IKIP Jakarta berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta dengan sistem Pendidikan dan biaya kuliah UNJ yang juga sudah diatur.
Sebagai salah satu universitas kependidikan di Indonesia, Universitas Negeri Jakarta juga menerapkan sistem pendidikan yang sama dengan universitas lain di Indonesia. Sebagai contoh misalnya dalam hal sistem penerimaan mahasiswa baru. UNJ juga menyediakan banyak jalur penerimaan, seperti SNMPTN, SBMPTN dan ujian mandiri. Sama seperti sistem penerimaan, sistem pembayaran biaya kuliah UNJ juga sudah diselaraskan dengan universitas lain. Pembayaran biaya kuliah juga sudah menggunakan sistem UKT.
Pembayaran biaya kuliah UNJ dengan sistem UKT ini diharapkan bisa memberikan kemudahan dan keringanan bagi setiap mahasiswanya. Hal ini karena dalam sistem pembayaran biaya kuliah Universitas Negeri Jakarta akan mempertimbangkan kemampuan orang tua siswa dalam penentuan jumlah UKT.

Biaya Kuliah UNJ Universitas Negeri Jakarta

Biaya UKT UNJ (Universitas Negeri Jakarta)

Pendaftaran Online UNJ Universitas Negeri Jakarta

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online UNJ sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNJ Jalur Mandiri.
Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNJ : SPMB UNJ, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNJ, Pendaftaran UNJ Online, Pendaftaran Online UNJ, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNJ, Cara dan Panduan Pendaftaran UNJ, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri UNJ.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Seleksi Masuk UNJ Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di UNJ secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website http://penmaba.unj.ac.id/.
Sekian informasi biaya kuliah UNJ yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di UNJ ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus UNJ. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain. Seperti biaya kuliah UIN Jakarta, biaya kuliah UI, biaya kuliah PNJ, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNJ Universitas Negeri Jakarta 2019/2020"