Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNIMED Universitas Negeri Medan 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UNIMED Universitas Negeri Medan – Universitas Negeri Medan merupakan salah satu universitas ternama di Sumatra. Biaya kuliah UNIMED pun cukup beragam disesuaikan dengan jurusan yang diambil. Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya jika kita bahas sejarah universitas ini. Sejarah berdirinya UNIMED dimulai pada tahun 1956, sejak dibukanya Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), yang dipelopori oleh beberapa tokoh pendidikan di Sumatera Utara. Pendirian PTPG ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan tenaga pendidik di Sumatera Utara. Selanjutnya tepatnya pada tanggal 23 Juni 1963, didirikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau IKIP Negeri Medan, sebagai cikal bakal lahirnya Universitas Negeri Medan.
Perubahan nama IKIP menjadi Universitas Negeri Medan sendiri terjadi pada bulan Februari tahun 2000, yang dikukuhkan dengan SK Presiden RI No. 124 Tahun 1999. Dimana pada SK tersebut memberikan keleluasaan kepada UNIMED untuk memperluas bidang-bidang ilmu jurusannya, dari yang hanya lingkung bidang study pendidikan, menjadi bidang sains, ekonomi dan sastra. Tujuan perluasan bidang program studi ini untuk meningkatkan mutu dari lulusan sehingga mampu memenuhi kebutuhan pembangunan di segala bidang kehidupan.

Saat ini UNIMED adalah salah satu perguruan tinggi yang menjadi rekomendasi bagi calon mahasiswa baru, selain karena kualitasnya, masalah besarnya biaya kuliah Universitas Medan yang terjangkau menjadi pertimbangan juga. Dalam hal penerimaan mahasiswa baru, UNIMED membuka beberapa jalur pendaftaran, diantaranya:

Jalur SNMPTN & SBMPTN
Sama halnya perguruan tinggi pada umumnya. Anda bisa masuk ke Universitas Negeri Medan melalui jalur SNMPTN. SNMPTN sendiri merupakan jalur seleksi nasional yang ditempuh tanpa melalui jalur ujian tertulis, karena mengandalkan dari nilai akademik dari calon mahasiswa baru. Maka untuk waktu pendaftarannya, silahkan ikuti jadwal yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Sedangkan  Jalur seleksi kedua yang bisa Anda pilih adalah SBMPTN. Melalui jalur ini, Anda akan menempuh ujian tertulis yang diselenggarakan oleh pemerintah dalam skala nasional secara serentak. Biaya Kuliah Universitas Medan via jalur ini pun dirasa lebih terjangkau.

Jalur UMB-PT
Sebagai salah satu perguruan tinggi yang tergabung dalam P-SPMBN, UNIMED juga menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur UMB-PT. Mengenai biaya pendaftaran dibebankan kepada para peserta ujian, termasuk biaya kuliah UNIMED jika dinyatakan lolos. Pendaftarannya sendiri dilakukan secara online, melalui situs resmi seleksi jalur SPMB.

Seleksi Mandiri
Tahap terakhir yang bisa Anda ikuti adalah jalur seleksi Mandiri. Untuk jalur ini akan diselenggarakan oleh pihak perguruan tinggi sendiri, berupa ujian tertulis. Namun biasanya untuk prodi atau jurusan tertentu akan ditambah ujian praktik atau keterampilan.

Bidikmisi
UNIMED juga membuka jalur bidikmisi, yang merupakan program bantuan biaya kuliah UNIMED dan juga biaya hidup bagi para mahasiswa baru. Program ini merupakan diperuntukan bagi calon mahasiswa baru yang kurang mampu dari segi ekonomi, melalui syarat dan ketentuan tertentu.
Saat ini sistem UKT sudah diterapkan untuk biaya kuliah UNIMED. Besarnya UKT sendiri disesuaikan dengan penghasilan orang tua mahasiswa. Dengan sistem ini, Anda hanya perlu membayar kuliah di awal semester saja.

Biaya Kuliah UNIMED Universitas Negeri Medan

Biaya UKT UNIMED (Universitas Negeri Medan)

Pendaftaran Online UNIMED Universitas Negeri Medan

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online UNIMED sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNIMED Jalur Mandiri.
Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNIMED : SPMB UNIMED, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMED, Pendaftaran UNIMED Online, Pendaftaran Online UNIMED, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMED, Cara dan Panduan Pendaftaran UNIMED, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri UNIMED.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Seleksi Masuk UNIMED Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di UNIMED secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website http://spmb.unimed.ac.id/.
Sekian informasi biaya kuliah UNIMED yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di UNIMED ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus UNIMED. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain.

biaya kuliah unimed jalur mandiri, berapa biaya kuliah di unimed persemester masuk melalui sbnptn jurusan olahraga, biaya kuliah di unimed jurusan komunikasi, biaya pendaftaran mandiri unimed, uang sekolah di unimed, uang sekolah jalur mandiri unimed, uang semester di unimed

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNIMED Universitas Negeri Medan 2019/2020"