Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNIB Universitas Bengkulu 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UNIB Universitas Bengkulu – UNIB atau Universitas Bengkulu berada di Jl. W.R Supratman Kandang Limun, Bengkulu. Universitas Bengkulu merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri sehingga biaya kuliah UNIB tidak tergolong terlalu tinggi. Hal ini karena seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia telah mendapatkan bantuan dana masing-masing dari pemerintah. UNIB berdiri pada tahun 1982 berdasarkan Kepres RI No 17 pada tahun yang sama. Pejabat rektor pertama Universitas Bengkulu adalah Prof. Ir. Soenjoto Sumodiharjo.
Kemudian beberapa rektor selanjutnya adalah Dr.Ir. Soekotjo (1986-1990), Dr.Ir. Nitza Arbi (1990-1995), Prof.Dr. H Zulkifli Husin, S.E., M.Sc. (1995-2006), Prof. Ir. Zainal Muktamar, M.Sc., Ph. D. (2006-2013, dan yang menjabat mulai tahun 2013 hingga sekarang adalah Dr. Ridwan Nurazi, S.E., M.Sc. Disamping hal yang berkaitan dengan biaya kuliah UNIB, terselip sejarah yang mengagumkan tentang berdirinya Universitas Bengkulu. Pendirian UNIB membawa cerita akan ketegaran, kesatuan dan perjuangan bangsa yang tidak kenal kata menyerah.  Gubernur Bengkulu pada saat itu, Bapak Soeprapto bergabung dengan seluruh elemen masyarakat untuk menjadi pendorong berdirinya UNIB.
Bahkan salah satu perguruan tinggi swasta (UNSEB) memberi dukungan luar biasa dengan menyerahkan mahasiswa mereka sebagai calon mahasiswa UNIB serta memberi lahan dengan luas 24,9 hektar. Selain itu masalah kembali terjadi mengingat belum adanya tenaga edukatif yang mumpuni. Dengan hubungan baik antara Gubernur saat itu dengan bapak presiden maka beberapa dosen daru UGM didatangkan dan diperbantukan untuk UNIB.

Penerimaan Mahasiswa Baru atau PMB di Universitas Bengkulu terbagi menjadi beberapa tahap. Tahap pertama adalah melalui seleksi SNMPTN. Tahap ini sepenuhnya dilakukan oleh pemerintah bersama dengan universitas yang berwenang. Seleksi jenis ini menggunakan nilai rapor dari semester 1-5. Calon Mahasiswa tidak mengisi sendiri melainkan sekolah yang akan mendaftarkan.
Tahap selanjutnya adalah SBMPTN. Ini adalah sistem seleksi dengan tes baik dalam bentuk cetak atau dengan komputer. Selanjutnya dan terakhir adalah melalui seleksi SPMU. Sistem terakhir ini biasanya dilakukan setelah pengumuman hasil SBMPTN selesai. biaya kuliah UNIB akan berbeda sesuai dengan jalur masuk. biaya kuliah Universitas Bengkulu cenderung sama untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN namun berbeda untuk SPMU.
biaya kuliah Universitas Bengkulu telah disesuaikan dengan pemerintah melalui proses UKT. Kisaran UKT UNIB juga tidak jauh dari universitas lain. Namun bagi beberapa mahasiswa yang ingin mengajukan perubahan besar biaya UKT, ada beberapa persyaratan. Pertama, orang tua/wali dari mahasiswa tersebut telah meninggal dunia. Kedua, orang tua/wali mengalami kecelakaan atau sakit yang berkepanjangan. Ketiga, orang tua/wali mengalami pemutusan kerja, pensiun, dll. Selanjutnya hanya mahasiswa yang diterima dari jalur SNMPTN dan SBMPTN lah yang dapat mengajukan pengubahan golongan biaya kuliah UNIB.

Biaya Kuliah UNIB Universitas Bengkulu

Biaya UKT UNIB (Universitas Bengkulu)

Pendaftaran Online UNIB Universitas Bengkulu

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online UNIB sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNIB Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNIB : SPMB UNIB, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIB, Pendaftaran UNIB Online, Pendaftaran Online UNIB, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru [KAMPUS], Cara dan Panduan Pendaftaran UNIB, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri UNIB.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Seleksi Masuk UNIB Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di UNIB secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website http://admisi.unib.ac.id/.

Sekian informasi biaya kuliah UNIB yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di UNIB ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus UNIB. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain.

Dan sebagai tambahan, berikut dapat anda simak informasi biaya kuliah POLINEMA, biaya kuliah UB, biaya kuliah UM, biaya kuliah UNAIR, biaya kuliah ITS, biaya kuliah UNESA, biaya kuliah UNEJ, biaya kuliah UNIJOYO, biaya kuliah UIN Malang, dan biaya kuliah UIN Surabaya  dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat bagi anda semua.
biaya kuliah unib 2019, biaya fakulitas kedokteran di unib, biaya kuliah fakultas kedokteran unib, ukt unib 2019, jalur mandiri unib 2019, biaya spp di universitas bengkulu, biaya prodi b inggris unib, biaya masuk unib jalur sbmptn, biaya kuliah universitas bengkulu, biaya kuliah s1 ekonomi dan studi pembangunan di universitas bengkulu

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNIB Universitas Bengkulu 2019/2020"