Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah ITB Institut Teknologi Bandung 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah ITB Institut Teknologi Bandung – ITB atau Institut Teknologi Bandung merupakan salah satu kampus legendaris yang telah banyak dikenal kalangan masyarakat. Dikatakan demikian karena kampus utama tempat universitas ini berada adalah perguruan tinggi teknik pertama yang ada di Indonesia. Institut ini juga telah lama berdiri, yaitu sejak 2 Maret 1959. Bagi Anda yang mencari informasi biaya kuliah ITB, mengenal sejarah institut ini terlebih dahulu tentu akan sangat membantu. ITB pada masa itu didirikan dengan mengemban visi dan misi pengabdian untuk membangun bangsa melalui ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelajari.

Sebelum menyinggung ke bahasan inti mengenai biaya kuliah Institut Teknologi Bandung, Anda perlu mendapatkan informasi terkait jalur masuk ke perguruan tinggi ini. Apabila ingin mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di institut ini, ada dua jalur masuk yang bisa dicoba. Kedua jalur tersebut adalah jalur SNMPTN dan SBMPTN. Seleksi keduanya dilakukan sesuai dengan tahun yang bersangkutan. Seperti perguruan tinggi lainnya, untuk masuk dan terdaftar sebagai mahasiswa di kampus ini, ada persyaratan yang harus dipenuhi seperti persyaratan berkas dan persyaratan lainnya.
Terkait biaya kuliah ITB sendiri, para pendaftar yang dinyatakan lolos sebagai mahasiswa baru perlu membayarkan biaya pendidikan untuk setiap semesternya. Seperti kampus lainnya, para mahasiswa aktif ITB juga diharuskan membayarkan biaya sesuai dengan ketentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Berapa besaran biaya UKT tersebut ditentukan berdasarkan nominal penghasilan orangtua dari mahasiswa terkait. Untuk orangtua yang memiliki penghasilan per bulan cukup tinggi, nominal biaya UKT yang harus dibayarkan pada setiap semesternya juga tinggi. Sebaliknya, apabila mahasiswa memiliki orangtua berpenghasilan rendah, mereka hanya perlu membayar biaya dengan UKT kecil atau bahkan 0 rupiah. Biaya 0 rupiah tersebut umumnya diberlakukan untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN Bidikmisi.

Berbeda dengan biaya untuk program diploma dan sarjana, mahasiswa program Doktor dan Magister memiliki kepatuhan tersendiri terkait biaya kuliah ITB. Mahasiswa program Magister berkewarganegaraan Indonesia dari sekolah non SBM perlu membayarkan BPPS senilai Rp 10,5 juta setiap semesternya. Sedangkan, mahasiswa magister pada fakultas SBM (Sekolah Bisnis dan Manajemen) ditetapkan secara terpisah.  Hal ini juga berlaku untuk mahasiswa program Doktor pada fakultas SBM. Namun, mahasiswa program doctor di fakultas non SBM diwajibkan untuk membayar BPPS senilai Rp 12,5 juta.
Tata cara pembayaran biaya kuliah Institut Teknologi Bandung baik pada mahasiswa sarjana, magister, maupun doctor dapat dilakukan melalui dua cara. Cara yang pertama adalah melalui bank yang ditunjuk oleh kampus ITB. Apabila membayar melalui atm dari bank yang ditunjuk, mahasiswa terkait harus mengetahui kode pembayaran.
Cara pembayaran biaya pendidikan yang kedua adalah dengan mentransfer ke rekening ITB. Selain perlu mengetahui nomor rekening, Anda juga perlu mengetahui nama rekening program terkait. Jadi, biaya kuliah ITB untuk sekolah pascasarjana (SPS) dengan BPP S2-S3 belum tentu sama.

Biaya Kuliah ITB Institut Teknologi Bandung

Biaya UKT ITB (Intitut Teknologi bandung)

Pendaftaran Online ITB Institut Teknologi Bandung

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online ITB sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk ITB Jalur Mandiri.
Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa ITB : SPMB ITB, Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB, Pendaftaran ITB Online, Pendaftaran Online ITB, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITB, Cara dan Panduan Pendaftaran ITB, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri ITB.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Sekian informasi biaya kuliah ITB yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di ITB ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus ITB. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain. Seperti biaya kuliah POLMAN, biaya kuliah UPI, biaya kuliah IPB, biaya kuliah POLBAN, biaya kuliah UIN Bandung, biaya kuliah UNPAD, biaya kuliah UNSIKA, biaya kuliah UNSIL, biaya kuliah POLINDRA dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat bagi anda semua.
pendaftaran mahasiswa baru itp 2019, biaya kuliah itb, biaya kuliah di itb bandung, biaya kuliah itb jalur snmptn, biaya um itb

1 komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah ITB Institut Teknologi Bandung 2019/2020"

Posting Komentar