Widget HTML Atas

10 universitas Terbaik di Dunia 2018 Menurut QS (Quackquarelli Symonds)

kampungakreditas.web.id - Setiap Tahun, QS (Quackquarelli Symonds) menilai universitas-universitas di seluruh dunia, kemudian merilis daftar peringkat berdasarkan reputasi akademi, reputasi alumni, kulitas tenaga pengajar dan penampilan internasional. Tahun ini, hampir 1,000 universitas dari 84 negara dinilai, dan berikut adalah 10 universitas dengan nilai teratas:

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)



Selama 6 tahun berturut-turut, MIT menempati peringkat teratas sebagai universitas terbaik di dunia. Universitas Amerika ini memperoleh nilai yang luar biasa dalam peringkat kali ini, dan merupakan satu-satunya universitas di dunia yang diberikan nilai 5+ oleh QS. Berikut adalah perolehan nilai MIT:

2. Stanford University




Stanford University yang berlokasi di Silicon Valley ini telah 2 tahun berturut-turut menggeser Harvard ke peringkat no. 3. Menurut table penilaian, semua indikator Standford sebenarnya tidak kalah dari MIT, tapi sayangnya jumlah mahasiswa internasionalnya kalah jauh jika dibandingkan dengan MIT:



3. Harvard University




Walau telah turun ke ranking 3 sejak 2 tahun berturut-turut, reputasi akademik dan prospek kerja lulusan dari universitas ini tetap mendapat skor 100.

4. California Institute of Technology (Caltech)




Caltech yang 2 tahun sebelumnya berada di peringkat ke-5 tahun ini berhasil naik 1 peringkat. Mungkin ini adalah berkat perolehan nilai yang tinggi dalam kategori rasio dosen: mahasiswa dan publikasi dari tenaga pengajar.

5. University of Cambridge




Berbeda dengan 4 peringkat sebelumnya, peringkat ke-5 ditempati oleh universitas Inggris: University of Cambridge. Walau posisi universitas ini terus bergeser turun dari peringkat ke-3 di tahun 2016 ke peringkat ke-4 di tahun 2017, dan kemudian ke peringkat ke-5 di tahun 2018, reputasi akademik dan prospek kerja lulusan masih tetap mendapatkan nilai sempurna.

6. University of Oxford



Tidak ada perubahan dari University of Oxford yang selama 3 tahun berturut-turut masih menempati posisi ke-6. Walau demikian, jumlah mahasiswa dan dosen internasional di universitas ini lebih banyak dari University of Cambridge.

7. UCL (University College London)




Walau masih berada di posisi yang sama seperti 2 tahun sebelumnya, UCL tahun ini berhasil meraih peringkat No.1 untuk kualitas pendidikan dan pelatihan.  UCL adalah salah satu universitas yang memiliki keberagaman mahasiswa tertinggi di dunia.

8. Imperial College London




Naik 1 peringkat dari tahun sebelumnya, Imperial College London adalah universitas yang terkenal akan jurusan sains, teknik dan bisnis.

9. University of Chicago




Setelah 2 tahun berturut-turut menempati peringkat ke-10, tahun ini University of Chicago berhasil naik 1 peringkat. Reputasi akademik dari universitas ini meraih skor yang nyaris sempurna, yaitu 99.9.

10. ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology)




Akhirnya ada universitas di luar Amerika dan Inggris yang mendominasi peringkat 10 besar, yaitu ETH Zurich. Hanya saja, universitas ini turun 2 peringkat dari tahun lalu, mungkin karena rasio mahasiswa:dosen yang belum ideal.

Jangan kecewa dulu jika universitas favoritmu tidak masuk dalam daftar di atas, baca daftar lengkap peringkat QS World University Ranking 2018 di sini.


Tidak ada komentar untuk "10 universitas Terbaik di Dunia 2018 Menurut QS (Quackquarelli Symonds)"