Widget HTML Atas

Universitas dengan Jurusan Teknik Elektro Terbaik di Indonesia

kampungakreditas.web.id - Dalam memilih suatu jurusan atau program studi di perguruan tinggi, tentu akan mempertimbangkan banyak faktor. Baik faktor dari calon mahasiswa itu sendiri maupun dorongan dari lingkungan calon mahasiswa tersebut. Teknik elektro menjadi jurusan favorit di berbagai universitas manapun.
Program studi teknik elektro merupakan ilmu yang mempelajari mengenai aplikasi penerapan energi listrik dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Teknik elektro melibatkan berbagai perancangan, pengembangan, teori dan produksi perangkat listrik untuk kebutuhan masyarakat. Sehingga tidak heran banyak calon mahasiswa menginginkan jurusan ini sebagai pilihan dalam perkuliahan.
Di jurusan teknik elektro tidak hanya belajar mengenai listrik saja. Akan tetapi, juga belajar mengenai penerapan matematika, fisika, pemrograman, telekomunikasi, dan lain-lain. Berikut ini merupakan jurusan teknik elektro terbaik di Indonesia.

1. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung
ITB telah terkenal dengan sekolah tekniknya sejak dari dahulu. Kampus ITB sendiri terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Teknik Elektro sendiri di kampus ini menjadi bagian dari STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika) yang terkenal dengan keketatannya. Program studi teknik elektro ITB sendiri telah mengantongi akreditasi A dari BAN PT. Selain itu, jurusan ini juga telah mendapatkan sertifikat internasional ABET.

2. Universitas Indonesia

Jurusan Teknik Elektro Terbaik Universitas Indonesia
UI merupakan salah satu kampus favorit yang berada di Depok, Jawa Barat. Departemen Teknik Elektro UI pada tahun 2010, mendapatkan akreditasi internasional dari AUN (Asean University Network). Selain itu, Teknik Elektro UI juga telah mengantongi akreditasi A dari BAN PT. Teknik Elektro UI menggunakan kurikulum yang membuka kesempatan seluas-luasnya untuk mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan teori saja, namun juga dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

3. Universitas Gadjah Mada

Jurusan Teknik Elektro Terbaik Universitas Gadjah Mada
Program studi teknik elektro UGM merupakan bagian dari Fakultas Teknik UGM dan menjadi bagian dari DTETI (Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi) UGM. Kampus UGM sendiri terletak di kota pelajar Yogyakarta. Teknik elektro UGM setiap tahun memperoleh berbagai macam prestasi dalam lingkup nasional maupun internasional, sehingga tidak heran telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.

4. Institut Teknologi Sepuluh November

Jurusan Teknik Elektro Terbaik - Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya
Kampus ITS sendiri terletak di kota Surabaya, Jawa Timur. Teknik Elektro ITS menjadi salah satu departemen terbesar di ITS. Di Teknik Elektro ITS, dosen dan mahasiswa selalu ditantang untuk berinovasi dalam mengembangkan teknologi baru untuk mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan energi, kedokteran, dan lingkungan. Dari pendaftar setiap tahun sekitar 5000an calon mahasiswa, hanya sekitar 160 orang saja yang diterima menjadi mahasiswa program sarjana. Sehingga tak heran program studi teknik elektro ITS mempunyai akreditasi A dari BAN PT.

5. Universitas Diponegoro

Jurusan Teknik Elektro Terbaik Universitas Diponegoro
Kampus UNDIP merupakan perguruan tinggi negeri favorit yang terletak di Semarang, Jawa Tengah. Teknik Elektro UNDIP menjadi pilihan bagi calon mahasiswa baru karena mempunyai akreditasi A dari BAN PT. Selain itu, teknik elektro UNDIP telah mempunyai sertifikasi TÜV Rheinland dalam penerapan standar mutu ISO 9001:2015.

6. Universitas Brawijaya

UB merupakan salah satu perguruan tinggi negeri favorit yang berada di Malang, Jawa Timur. Jurusan Teknik Elektro UB berdiri bulan Oktober tahun 1978. Pendirian Jurusan Teknik Elektro merupakan visi Prof. Ir. Suryono (Alm), yang saat itu menjabat Pemimpin Proyek Brantas, sekaligus Dekan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Saat ini, teknik elektro UB telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT dan sedang menuju akreditasi internasional ABET.
7. Universitas Negeri Yogyakarta
8. Universitas Negeri Surabaya
9. Universitas Hasanuddin
10. Universitas Negeri Padang
11. Universitas Syiah Kuala
12. Universitas Surabaya
13. Universitas Sumatera Utara
14. Universitas Negeri Malang
15. Universitas Kristen Petra
16. Universitas Gunadarma
17. Universitas Islam Indonesia
18. Universitas Telkom
19. Universitas Pelita Harapan
20. Universitas Trisakti
21. Universitas Kristen Maranatha
22. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Lulusan teknik elektro telah banyak bekerja di berbagai perusahaan maupun instansi di Indonesia. Alumni teknik elektro bisa bekerja di pelayanan publik, akademisi, peneliti, birokrasi pendidikan, dan perusahaan-perusahaan ternama.

Tidak ada komentar untuk "Universitas dengan Jurusan Teknik Elektro Terbaik di Indonesia"