Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNMUL Universitas Mulawarman 2019/2020

 Universitas Mulawarman atau yang biasah disingkat dengan UNMUL merupakan sebuah Perguruan Tinggi yang menjadi salah satu kebanggaan semua Masyarakat Kalimantan Timur dan Perguruan Tinggi ini didirikan pada tanggal 07 Juni 1962 berdasarkan dengan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Timur No.15/PPK/KDH/1962.
Selanjutnya diresmikan pada tanggal 27 September 1962 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan No. 130 Tahun 1962 tanggal 28 September yang dikukuhkan secara resmi berdasarkan dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 65 tanggal 23 April 1963.
Pada awal berdirinya UNMUL Cuma memiliki 4 Fakultas yang terdiri dari Fakultas Ketatanegaraan, Fakulktas Ketataniagaan, Fakultas Pertanian, Fakultas Kehutanan, dan Fakultas Pertambangan, yang diputuskan berdasarkan dengan Surat Keputusan presiden Republik Indonesia No. 66 tanggal 07 September 1982 tambah satu Fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Di awal tahun 2000 Universitas Mulawarman akhirnya berkembang dengan menambah Fakultas dan program Studi, antara lain: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Hukum, Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas teknologi Informasi dan Komunikasi, berdasarkan dengan Surat Keputusan Mendiknas Nomor: 28/DT/2010 dan Surat Keputusan Rektor Universitas Mulawarman Nomor: 408/DT/2010. Hingga kini Universitas Mulawarman memiliki 12 Fakultas dan 2 P. Fakultas dengan 81 Program Studi.

Puncaknya tahun 2014 Universitas Mulawarman telah mendapat Akreditasi dengan Nilai: 318 dengan peringkat “B (Baik)” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang sesuai dengan Surat Keputusan Nomor: 239/SK/BAN-PT/Akre/PT/VII/2014 tanggal 19 Juli 2014.
Dalam penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Mulawarman membuka beberapa jalur pendaftaran yang terdiri dari:
  1. Jalur SNMPTN, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang didasarkan dengan hasil penelusuran prestasi akademik siswa/siswi dengan menganalisis nilai raport semester 1 – 5.
  2. Jalur SBMPTN, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru dengan cara menganbil hasil dari ujian tulis bagi seluruh peserta dan khususu untuk yang memilih Program Seni dan keolahragaan harus mengikuti ujian tambahan yang berupa ujian keterampilan.
  3. Jalur SMMPTN, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan kegiatan belajar di Universitas Mulawarman, harus mengikuti seleksi yang diadakan sendiri oleh Panitia UNMUL.
  4. Jalur Bidikmisi, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu dalam hal ekonomi akan tetapi memiliki nilai akademik yang baik.
  5. Jalur Pascasarjana, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru dengan jenjang Pascasarjana.

Biaya Kuliah UNMUL Universitas Mulawarman

Pendaftaran - Biaya Kuliah UNMUL (Universitas Mulawarman)

Pendaftaran Online UNMUL Universitas Mulawarman

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online UNMUL sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNMUL Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNMUL : SPMB UNMUL, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNMUL, Pendaftaran UNMUL Online, Pendaftaran Online UNMUL, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNMUL, Cara dan Panduan Pendaftaran UNMUL, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri UNMUL.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)
Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Masuk UNMUL Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di UNMUL secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website http://www.unmul.ac.id/.
Sekian informasi biaya kuliah UNMUL yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di UNMUL ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus UNMUL. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain. Semoga bermanfaat bagi anda semua.
ukt unmul, ukt unmul 2019, biaya mandiri unmul, biaya smmptn unmul, cara menghitung ukt unmul, informasi biaya ukt perjurusan unmul, uang kuliaj d univ mulawarman, ukt mandiri unmul 2019

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNMUL Universitas Mulawarman 2019/2020"