Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNM Universitas Negeri Makassar 2019/2020

Universitas Negeri Makassar atau yang biasah disingkat dengan sebutan UNM merupakan sebuah Perguruan Tinggi yang berdiri pada tanggal  01 Agustus 1961. Dalam berdirinya Universitas Negeri Makassar selain ketetapan pemerintah untuk mendirikan Perguruan Tinggi di setiap Provinsi, berdirinya Perguruan Tinggi ini tidak dapat dipisahkan dari sejarah berdirinya Perguruan Tinggi IKIP Ujung Pandang Sebagai Lembaga Pendidikan tenaga Kependidikan (LPTK).
Sebelumnya UNM mulai September 1964 sampai dengan Januari 1965 berstatus IKIP Yogyakarta cabang Makassar, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri PTIP NO. 154 Tahun 1965 tanggal 1 September 1965. Dengan berkembangnya dan berjalannya waktu IKIP Makassar memisah dari IKIP Yogyakarta dan berstatus Mandiri yang dikuatkan dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor. 272 tahun 1965 tanggal 5 Januari 1965.
Pada tanggal 01 April 1972 Kotamadya Sulawesi Selatan di ganti, yang awalnya Makassar menjadi Ujungpandang dan secara otomatis nama Perguruan Tinggi ikut berubah yang awalnya IKIP Makassar Menjadi IKIP Ujungpandang. Akan tetapi sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor, 93 tahun 1999 tepatnya pada tanggal 04 Agustus 1999 Perguruan tinggi IKIP Ujungpandang berubah nama menjadi Universitas Negeri Makassar, dengan Rektor Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd.

Dalam perkembangannya Universitas negeri makassar memiliki beberapa fakultas yang mendukung untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang lebih profesional di dalam semua bidang dan mampu menjawab semua kebutuhan pembangunan Bangsa dan Negara.
  • Fakultas Ilmu Pendidikan.
  • Fakultas Psikologi.
  • Fakultas Mipa.
  • Fakultas teknik.
  • Fakultas Bahasa dan Sastra.
  • Fakultas Ilmu keolahragaan.
  • Fakultas IlmuSosial.
  • Fakultas Seni dan Desain.
  • Fakultas Ekonomi.
 
Dalam pendaftaran Universitas Palangka Raya menyediakan beberapa jalur pendaftaran, yang terdiri dari:
  1. Jalur SNMPTN, merupakan jalur pendaftaran caon mahasiswa baru yang merupakan jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang hanya diperuntukkan bagi siswa/siswi yang berprestasi secara akademik.
  2. Jalur SBMPTN, merupakan jalur pendaftaran calon mahasiswa baru yang merupakan jalur yang diselenggarakan secara Nasional. Dan jalur ini bisa diikuti oleh semua lulusan SLTA/ sederajad termasuk Paket C.
  3. Jalur Bidikmisi, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang hanya diperuntukkan bagi siswa/siswi yang tidak mampu dalam hal ekonomi akan tetapi memiliki nilai akademik yang baik.
  4. Jalur Pascasarjana, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru, jalur ini merupakan jalur yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
  5. Jaur Mandiri, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang diselenggarakan secara lokal oleh panitiaUniversitasNeger makassar, jalur ini bisa juga dikatakan jalur alternatif karena jalu ini bisa diikuti peserta yang tidak lolos melalui jalur yang lain.

Biaya Kuliah UNM Universitas Negeri Makassar

Pendaftaran - Biaya Kuliah UNM (Universitas Negeri Makassar)

Pendaftaran Online UNM Universitas Negeri Makassar

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online UNRAM sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNRAM Jalur Mandiri.
Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNRAM : SPMB UNRAM, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNRAM, Pendaftaran UNRAM Online, Pendaftaran Online UNRAM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNRAM, Cara dan Panduan Pendaftaran UNRAM, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri UNRAM.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)
Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Masuk UNRAM Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di UNRAM secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website http://pmbm.unm.ac.id/.
Sekian informasi biaya kuliah UNRAM yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di UNRAM ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus UNRAM. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

ukt uin makassar thn akademik 2019/2020, biaya kuliah UNM 2019, biaya pmb unm, biaya ukt unm, tanggal masuk kuliah untan 2019, ukt unm, ukt unm 2019

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNM Universitas Negeri Makassar 2019/2020"