Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNIMA Universitas Negeri Manado 2019/2020

Universitas Negeri Manado ataua yang biasah disingkat dengan UNIMA merupakan sebuah Perguruan Tinggi yang berada didaerah  Bukit Tonsaru Tondano Sulawesi Utara Indonesia, yang berdiri pada tanggal 22 September 1955 dan sekarang dipimpin oleh Rektor Prof. Dra. Alsa Timporok, MS. DEA.
Awal berdirinya Universitas Negeri Manado berawal dari PTPG (Perguruan Tinggi Pendidikan Guru). Yang diawali dengan masalah keamanan karena mencari keadilan masa Permesta –PRRI, oleh May (TNI) Bert Supit yang menjadi salah satu penguasa militer pada tanggal 17 Agustus 1958 mempunyai ide untuk mengumpulkan dan mengajak Civitas akademika yang tidak ikuk ke pedalaman untuk pergi ke Kota Manado untuk berjuang mendirikan Perguruan Tinggi Manado (PTM) dan akhirnya pemerintah memutuskan untuk setiap Provinsi ada sebuah Universitas Negeri maka lahirlah Universitas Sulawesi Tengah.
Dengan di pecahnya Provinsi Sulawesi Tengah menjadi dua (2) yaitu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Provinsi Tengah (Sulteng). Disesuaikan dengan diharuskannya mempunyai Perguruan Tinggi sehingga Sulut (Sulawesi Tengah dibagi menjadi Universitas Tadulako yang berdiri di Kota Palu sedangkan Sulawesi Utara mendirikan Universitas Sulawesi Utara (UNISUT) yang berdiri di Kota Manado.

Pada tahun 1985 kegiatan akademik dan administrasi kini menjadi Universitas Negeri Manado (UNIMA). Berdasarkan dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 127 Tahun 2000 IKIP Manado di Konversi menjadi Universitas Negeri Manado dan di resmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia yang waktu itu di jabat oleh Yahya Muhaimin pada tanggal 14 Oktober 2000. Dengan Rektor Prof DR H.L.L.Lombok, SH,MSI.

Dalam pendaftaran di Universitas Negeri Manado menyediakan beberapa jalur pendaftaran calon mahasiswa, yang meliputi dari,
  1. Jalur SNMPTN, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru dengan jalur undangan dan hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi yang mempunyai prestasi akademik yang unggul dan memenuhi persyaratan dan ketentuan tertentu.
  2. Jalur SBMPTN, merupakan jalur pendaftaran calon mahasiswa dengan melewati ujian tulis, sedangkan bagi yang mengambil jurusan Seni atau Olahraga harus mengikutiujian tambahan yang berupaujian keterampilan.
  3. Jalur Bidikmisi, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa kurangmampu dalam hal ekonomi akan tetapi memiliki nilai akademik yang bagus.
  4. Jalur Mandiri, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang diadakan khusus oleh panitia lokal dan pihak UNIMA sendiri, yang dilakukan berdasarkan dengan seleksi dan memenuhi persyaratan dan ketentuan tertentu.
  5. Jalur Mahasiswa Pindahan, jalur ini merupakan jalur khusus disediakan untuk mahasiswa pindahan dari Perguruan Tinggi lain baik dari PTN dan PTS, dengan persyaratan sebagai berikut:
Persyaratan akademik.
  • Mahasiswa terdaftar pada PDPT dengan Perguruan Tinggi asal.
Persyaratan Administrasi
  • Surat keterangan dari Perguruan Tinggi asal.
  • Ijazah terakhir dan akreditasi mata kuliyah.
  • Surat keterangan diterima di Universitas Tujuan (dari UNIMA)
  1. Jalur Pascasarjana, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru untuk jenjang keatas, dengan persyaratan dan ketentuan tertentu,
Persyaratan Akademik,
  • Calon mahasiswa telah lulus jenjang sarjana (S1) bagi pelamar jenjang (S2).
  • Calon mahasiswa telah lulus jenjang Magister (S2) bagi pelamar jenjang Doktor (S3).
  • Calon mahasiswa sudah lulus seleksi yang diadakan oleh Program Pascasarjana (PPS).
 
Biaya Kuliah UNIMA Universitas Negeri Manado
Pendaftaran - Biaya Kuliah UNIMA (Universitas Negeri Manado)

Pendaftaran Online UNIMA Universitas Negeri Manado

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online UNIMA sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNIMA Jalur Mandiri.
Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNIMA : SPMB UNIMA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMA, Pendaftaran UNIMA Online, Pendaftaran Online UNIMA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMA, Cara dan Panduan Pendaftaran UNIMA, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri UNIMA.
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)
Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Masuk UNIMA Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di UNIMA secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website http://www.unima.ac.id/.
Sekian informasi biaya kuliah UNIMA yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di UNIMA ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus UNIMA. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

biaya universitas negeri manado, biaya kuliah UNIMA 2019, besar biaya Ukt unima, Biaya ukt fatek unima 2019, cara bayar ukt di luar unima 2019, jadwal pendaftaran unima 2019, pembayaran UKT unima 2019, penetapan ukt unima 2019, persyaratan s2 manajemen akuntansi di universitas negeri manado

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNIMA Universitas Negeri Manado 2019/2020"