Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah POLNEP Politeknik Negeri Pontianak 2019/2020

Politeknik Negeri Pontianak atau yang biasah disebut dengan POLNEP merupakan sebuah Politeknik yang berdiri pada tahun 1985, yang sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 80/DIKTI/KEP/1985. Perguruan Tinggi ini tepatnya terletak di JLN. Akhmad Yani Pontianak 78124, P.O BOX 1286, dan berdiri di atas tanah seluas 6,3 hektar.
Pada awal berdirinya Perguruan Tinggi Politeknik Negeri Pontianak memiliki nama Politeknik Tanjungpura dan waktu itu masih memiliki 3 jurusan, yaitu: Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro. Sesuai dengan berkembangnyaPerguruan Tinggi Politeknik Negeri Pontianak pada tahun 1994 membuka jurusan Tata Niaga dengan Program Studi Akuntansi dan Kesekretariatan serta Akuntansi Perkantoran.
Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Tanggal 27 April 1997 Nomor: 079/0/1997 tahun 1988 Perguruan Tinggi ini resmi menjadi Perguruan Politeknik negeri Pontianak. Didukung dengan perkembangnya Perguruan Tinggi Polnep terus mengembangkan status otonomi dengan membuka beberapa jurusan yang terdiri dari:
  • Teknologi Pertanian dengan Program Studi teknologi Pengolahan hasil Perkebunan (D3, 1999)
  • Ilmu Kelautan dan Perikanan dengan Program Studi Budidaya perikanan (D3) tahun 2002.
  • Program Studi teknologi Penangkapan Ikan (D3) dan Teknologi Pengolahan hasil Perikanan (D3) tahun 2002.
  • Program Studi Teknik Elektronika (D3) tahun 2007.
  • Program Studi Perancanaan Pemukiman (D4), Administrasi Instansi Pemerintah (D4), dan Akuntansi Sektor Publik (D4) tahun 2008.
  • Program Studi Teknik Informatika (D3), tahun 2009.
  • Program Studi Operator dan Peralatan Berat (D1) tahun 2010.
  • Prodi Teknik Mesin (D4) tahun 2013.
  • Prodi Budidaya Tanaman Pekebunan (D4) dan Manajemen Perkebunan (D4) tahun 2014.
  • Prodi ArsitekturBangunan Gedung (D4) dan Dsain Kawasan Binaan (D4) tahun 2015.
  •  
Polnep adalah sebuah Perguruan Tinggi yang menekankan penguasaan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan teknologi untuk mendukung era industrialisasi  pada sistem Pendidikan Tinggi jalur Profesional. Itu dibuktikan dengan Perguruan Tinggi ini bukan Cuma menyelenggarakan kelas reguler saja akan tetapi Polnep juga membuka Program Studi di luar Domisili (PDD).
Ditahun 2012 di Kota Singkawang membuka 2 (dua) Prodi yaitu, Teknik Informatika (D2) dan teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (D2), di tahun 2013 membuka di Kabupaten Polewali Mandar 2 Prodi yaitu, Teknik Pengolahan Hasil Perkebunan (D2) dan Teknik Mesin (D2), dan pada tahun 2015 terakhir membuka di kabupaten Kapuas Hulu dengan 3 prodi yaitu, Teknik Sipil (D3), Teknologi Budidaya perikanan (D3), Dan Teknologi Pengolahan Hasil perkebunan (D3).
Dalam pendaftaran calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Pontianak memiliki beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru, dengan jalur antara lain:
  1. Jalur PMDK-PN atau SNMPTN, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru dengan berdasarkan seleksi nilai raport dan prestasi yang relevan yang dimiliki oleh peserta.
  2. Jalur UMPN, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang terbagi menjadi dua bagian, UMP (Ujian Masuk Politeknik Negeri) merupakan jalur sleksi yang dilakukan secara Nasional oleh Politeknik Se-Indonesia. UMP merupakan jalur yang diadakan secara mandiri oleh Politeknik Negeri Pontianak sendiri .
  3. Jalur Undangan (Kerjasama), merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri Oleh Polnep, yang dilakukan dengan memberikan undangan ke sekolah-sekolah.
  4. Jalur Bidikmisi, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa kurang mampu dalam hala ekonomi akan tetapi memiliki nilai akademik yang baik.
 
Biaya Kuliah POLNEP Politeknik Negeri Pontianak
Besaran keseluruhan biaya registrasi mahasiswa baru untuk program Diploma III berkisar antara Rp 3.191.000 s/d Rp 3.441.000. Diploma IV berada pada range 3.841.000 s/d 4.041.000. Sedangkan Program DI (DI Operator Alat Berat) jumlah yang harus dibayarkan sebesar Rp 3.466.000.
Pendaftaran - Biaya Kuliah POLNEP (Politeknik Negeri Pontianak)

Pendaftaran Online POLNEP (Politeknik Negeri Pontianak)

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online POLNEP sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk POLNEP Jalur Mandiri.
Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa POLNEP : SPMB POLNEP, Pendaftaran Mahasiswa Baru POLNEP, Pendaftaran POLNEP Online, Pendaftaran Online POLNEP, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru POLNEP, Cara dan Panduan Pendaftaran POLNEP, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri POLNEP.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)
Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Masuk POLNEP Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di POLNEP secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website http://pmb.polnep.ac.id.
Sekian informasi biaya kuliah POLNEP yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di POLNEP ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus POLNEP. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain. Semoga bermanfaat bagi anda semua.
ukt polnep 2019 Politeknik pontianak mahasiswa baru 2019, politeknik negeri pontianak, kuliah teknik informatika di polnep pontianak 2019, jadwal pendaftaran di polnep pentupan jalur mandiri tgl?

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah POLNEP Politeknik Negeri Pontianak 2019/2020"