Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah POLIMDO Politeknik Negeri Manado 2019/2020

 Perguruan tinggi Politeknik Negeri Manado adalah salah satu Perguruan Tinggi Politeknik yang berada di Provinsi Sulawesi Utara tepatnya di Kota Manado. Politeknik Negeri Mando didirikan bermula dari program pemerintah dalam rangka memperluas akses pemerataan pendidika yang bertujuan untuk meningkatkan pembangunan secara menyeluruh dan merata.
Politeknik Negeri Manado atau yang biasah disingkat dengan sebutan POLIMDO didirikan dan langsung diresmikan pada tanggal 19 Juli 1988 oleh Presiden Republik Indonesia akan tetapi waktu itu masih bernama Politeknik Engginering Universitas Sam Ratulangi manado dan masih menyelenggarakan Pendidikan program Diploma II dengan 4 (empat) Jurusan yang terdiri dari, Jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Tata Niaga.
Sesuai dengan Surat Keputusan mendikbud Nomor: 016/0/1999 tanggal 18 Januari 1999, secara otonom Politeknik Enggenering Universitas Sam Ratulangi Manado menjadi Perguruan Tinggi mandiri (Memisah dari Universitas Enggnering Sam ratulangi) dan seketika itu bernama Universitas Negeri Manado. Dengan Rektor pertama bernama DR. Ir. Ruddy Tenda dan sekarang di pimpin Rektor Ir.Ever Notje Slat.

Politeknik Negeri Manado sendiri berdiridi atas tanah yang mempunyai luwas sekitar 11 haktare yang terdiri dari Kampus 1 (satu), yang berlokasi di daerah kelurahan Buha kec. Mapanget, yang terbagi dari lahan A dengan luas 81,202 Ha yang telah bersitifikat no.16340 tanggal 01 Agustus 2012, lahan B memiliki luas 16,507 Ha sertifikat No 411/HP/BPN-71.71/2012 tanggal 28 September 2012, serta Kampus 2 (dua), yang berlokasi di daerah Minahasa Desa tateli dengan luas lahan sekitar 15 Ha.

Dengan perkembangan Universitas Negeri Manado yang seknifikan sampai dengan tahun 2013 telah memiliki 18 (delapan belas) Program Studi yang terdiri dari 8 (delapan) Prodi jenjang Diploma IV, Yakni: teknik bangunan Gedung, Teknik Informatika, Teknik Listrik, Akuntansi keuangan, Manajemen Bisnis , Manajemen Perhotelan, teknik mesin Produksi, dan Perawatan, dan Teknik Jalan dan Jembaan. Serta sebelas (11) prodi  jenjang Diploma III yakni: Teknik Sipil, Teknik Komputer, Teknik Listrik, Tenik Mesin, Akuntansi Akuntansi Perpajakan, Administrasi Bisnis, Marketing, Perhotelan, Pariwisata Bawah Laut dan Urusan Perjalanan Wisata.
Dalam penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Negeri Manado membuka beberapa jalur pendaftaran yang terdiri dari,
  1. Jalur PMDK-PN, merupakan jalur Pendaftaran calon mahasiswa baru dengan seleksi undangan untik siswa/siswi yang berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Politeknik negeri Manado. Seleksinya sendiri diambil dari nilai rapor dan prestasi yang relevan.
  2. Jalur UMPN, merupakan jalaur penerimaan calon mahasiswa baru dengan jalur seleksi ujian tulis yang dilaksanakan dengan serentak oleh Politeknik Negeri Se-Indonesia , tentunya dengan persyaratan tertentu.
  3. Jalur Mandiri Tanpa Tes, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa yang hanya di peruntukkan bagi siswa/siswi yang berprestasi.dan harus memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan.
  4. Jalur Bidikmisi, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang hanya diperuntukkan bagi siswa/siswi kurang mampu dalam hal elonomi akan tetapi memiliki nilai akademik yang baik.

Biaya Kuliah POLIMDO Politeknik Negeri Manado

Biaya kuliah pertama, SPP persemester adalah Rp. 600.000 (D-3) dan Rp. 1.200.000 (D-4). Uang pratikum Rp. 200.000. Iuran BEM / DEMA / HIMAJU Rp. 50.000. Asuransi Rp. 7.500. Dana perpustakaan Rp. 10.000. Dana Dies Natalis Rp. 25.000. Pembinaan mahasiswa baru Rp. 480.000. Buku pedoman Rp. 50.000. Majalah Polimedia Rp. 25.000. Jurnal Ilmiah Rp. 30.000. Pakaian Lab / Bengkel / Seragam / Jas Almamater dan kaos adalah Rp. 250.000. Mahasiswa Rp. 300.000. Dana pengembangan Rp. 2.000.000.
Total dana awal untuk D-3 adalah Rp. 4.027.500 dan D-4 Rp. 4.627.500. Untuk semester 2 dan seterusnya adalah Rp. 892.500 (D-3) dan Rp. 1.492.500 (D-4). Total untuk D-3 adalah Rp. 8.490.000. Untuk total dana D-4 adalah Rp. 15.075.000.

Pendaftaran Online POLIMDO Politeknik Negeri Manado

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online POLIMDO sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk POLIMDO Jalur Mandiri.
Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa POLIMDO : SPMB POLIMDO, Pendaftaran Mahasiswa Baru POLIMDO, Pendaftaran POLIMDO Online, Pendaftaran Online POLIMDO, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru POLIMDO, Cara dan Panduan Pendaftaran POLIMDO, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri POLIMDO.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).


Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)
Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Masuk POLIMDO Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di POLIMDO secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website http://www.polimdo.ac.id/.
Sekian informasi biaya kuliah POLIMDO yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di POLIMDO ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus POLIMDO. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain. Semoga bermanfaat bagi anda semua.
biaya kuliah politeknik manado 2019, BIAYA KULIAH POLIMEDIA, biaya masuk politeknik manado, uang kuliah politeknik manado

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah POLIMDO Politeknik Negeri Manado 2019/2020"