Widget HTML Atas

Akreditasi Jurusan UTU Universitas Teuku Umar Terbaru

Universitas Teuku Umar atau yang lebih dikenal dengan sebutan UTU, merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Universitas ini didirikan karena kebanyakan masyarakat yang mendiami wilayah Barat Selatan Aceh (BARSELA) ketika ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri harus pergi ke pusat kota Provinsi Aceh, yaitu Kota Banda Aceh.
Pusat kota Provinsi Aceh memiliki dua Perguruan Tinggi Negeri yaitu Universitas Syiah Kuala dan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, atau mereka juga ke Universitas Malikussaleh yang terletak di Kota Lhokseumawe. Sedangkan untuk menjangkau ketiga Universitas tersebut, membutuhkan biaya yang sangat besar, yang mana hal tersebut menjadi pemicu utama dikarenakan perekonomian masyarakat di wilayah Barat Selatan Aceh (Barsela) masih banyak masyarakat yang hidupnya dibawah garis kemiskinan.
Jangankan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri, ke Perguruan tinggi swasta saja masih sangat terbatas. Melihat keadaan seperti itulah akhirnya Pihak Yayasan Teuku Umar Johan Pahlawan (Yapentujopah) di bantu oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan Pemkab berusaha keras untuk meningkatkan status Universitas Teuku Umar menjadi Universitas Negeri.

Sehingga pada tanggal 14 Maret 2014 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menandatangani Keppres Penegerian Universitas Teuku Umar. Sedangkan, pada tanggal 02 April 2014 bertempat di Istana Negara, Jakarta Presiden meresmikan dan menyerahkan Keppres penegerian Universitas Teuku Umar kepada Bupati Aceh Barat H.T.Alaidinsyah.
Untuk program studinya sendiri, Universitas Teuku Umar Meulaboh tercatat telah memiliki 6 fakultas yang terdiri dari 16 Program Studi S1. Untuk akreditasinya, lebih dari 75% program studi yang ada di kampus ini sudah berstatus terakreditasi, sisanya adalah program studi baru yang masih dalam pengajuan dan penilaian dari BAN-PT.
Akreditasi itu sendiri merupakan penilaian terhadap kelayakan dan pemeringkatan suatu program studi atau jurusan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan digunakan sebagai pengakuan dari badan atau instansi terkait. Berikut ini adalah daftar fakultas dan akreditasi prodi Universitas Teuku Umar terbaru.

Daftar Akreditasi Jurusan UTU Universitas Teuku Umar

No Strata Program Studi Akreditasi
1 S1 Teknik Sipil B
2 S1 Teknik Mesin C
3 S1 Sosiologi B
4 S1 Kesehatan Masyarakat C
5 S1 Perikanan B
6 S1 Ekonomi Pembangunan C
7 S1 Agribisnis C
8 S1 Agroteknologi C
9 S1 Ilmu Komunikasi B
10 S1 Ilmu Administrasi Negara B
11 S1 Teknik Industri C
 
Sekian informasi yang bisa kami sampaikan menganai akreditasi prodi UTU yang anda butuhkan. Akreditasi jurusan dan prodi diatas, dapat berubah tanpa adanya pemberitahuan kepada pembaca sekalian. Namun perbaruan akreditasi prodi di UTU dapat diketahui secara langsung melalui laman website BAN-PT dan informasi pada laman website kampus yang bersangkutan.
akreditasi universitas teuku umar, akreditas perikanan diuniversitas teungku umar, akreditasi utu, pasingret utu aceh 2019, vakultas dan jurusan yang ada di utu com

Tidak ada komentar untuk "Akreditasi Jurusan UTU Universitas Teuku Umar Terbaru"