Widget HTML Atas

Akreditasi Jurusan IKJ Institut Kesenian Jakarta Terbaru

Institut Kesenian Jakarta atau IKJ merupakan perguruan tinggi seni yang berada di Jakarta. Selama 40 tahun, IKJ telah mengukir sejarah sebagai Perguruan Tinggi Seni pertama yang memiliki semua bidang studi seni dalam satu kampus.
Gubernur Ali Sadikin adalah gubernur pertama yang merupakan penggagas utama berdirinya Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta – Institut Kesenian Jakarta (LPKJ – IKJ) dan Pusat Kesenian Jakarta – Taman Ismail Marzuki (PKJ – TIM), hal ini karena melihat wacana Jakarta masa mendatang akan menjadi tempat yang kering dan miskin budaya bila tidak ada kehidupan dan pendidikan seni.
Sejak awal berdirinya IKJ pada tahun 1970, perguruan tinggi ini telah banyak melahirkan seniman, desainer, pemusik, sineas dan berbagai tenaga profesional seni yang menghidupkan dan mewarnai kegiatan budaya, kegiatan sosial dan kegiatan industri di Jakarta. Selain itu, IKJ juga menghasilkan tenaga profesional penggerak perkembangan Industri Kreatif Indonesia dan industri lain yang berbasis kesenian.
 
 
Awalnya IKJ merupakan pengembangan dari Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (LPKJ) yang didirikan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin tahun 1970 di bawah Yayasan PKJ. LPKJ diberi mengubah nama menjadi Institut Kesenian Jakarta atau IKJ Pada tahun 1985, yang hingga kini telah berusia lebih dari 40 tahun.
Setelah berkembang sekian lama perjalanan IKJ mengalami perkembangan dan pertumbuhan baik di bidang akademik maupun pada berbagai kegiatan kesenian, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Secara akademik sendiri, IKJ telah mampu menjadi sebuah pelopor perkembangan seni dan industri seni bersama perguruan tinggi seni lain di Indonesia serta manca negara. IKJ telah lama menjadi salah satu pusat pemikiran, perkembangan dan pertumbuhan seni tradisi dan seni kontemporer di Indonesia.
Hingga saat ini, IKJ yang berada dalam naungan resmi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan memiliki tujuan untuk menentukan masa depan kesenian di Indonesia. Selain itu, beberapa prodi di IKJ juga mempunyai akreditasi yang merupakan penilaian terhadap kelayakan dan pemeringkatan suatu program studi atau jurusan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan digunakan sebagai pengakuan dari badan atau instansi yang lain. Hampir semua Program Studi yang ada juga sudah memperoleh akreditasi dari BAN-PT.  Data akreditasi program studi di IKJ adalah sebagai berikut:

Daftar Aktreditasi Jurusan IKJ Institut Kesenian Jakarta

Strata Jurusan Akreditas
D-III Film dan Televisi B
S1 Desain Komunikasi Visual A
S1 Desain Interior B
S1 Seni Murni B
S1 Seni Musik B
S1 Desain Produk B
S1 Seni Teater B
S1 Kriya Seni B
S1 Film dan Televisi B
S1 Etnomusikologi C
S1 Antropologi Tari C
S1 Seni Tari C
S2 Penciptaan dan Pengkajian Seni B

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan menganai akreditasi prodi IKJ yang anda butuhkan. Akreditasi jurusan dan prodi diatas, dapat berubah tanpa adanya pemberitahuan kepada pembaca sekalian. Namun perbaruan akreditasi prodi di IKJ dapat diketahui secara langsung melalui laman website BAN-PT dan informasi pada laman website kampus yang bersangkutan.
akreditasi ikj, akreditasi di institut kesenian jakarta, akreditasi program studi desain produk institut kesenian jakarta, jurusan di ikj, jurusan di ikj dan akreditasinya

Tidak ada komentar untuk "Akreditasi Jurusan IKJ Institut Kesenian Jakarta Terbaru"