Biaya Kuliah UPI 2020/2021 (Universitas Pendidikan Indonesia) Beserta Passing Grade UPI Bandung

UPI atau yang memiliki kepanjangan Universitas Pendidikan Indonesia merupakan salah satu Universitas Negeri ternama di Indonesia yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) telah didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954. Moto dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) adalah Universitas Pelopor dan Unggul.

Pada setiap tahunnya, UPI selalu membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional terdiri dari jalur SNMPTN dan SBMPTN, sedangkan jalur mandiri UPI dikenal dengan nama SM-UPI yang terdiri dari beberapa jalur.Jika anda berminat untuk kuliah di UPI, maka anda bisa memilih jalur nasional atau juga jalur mandiri. Silahkan anda pilih jalur yang diprediksikan memilih peluang paling besar untuk bisa lulus seleksi.Setelah anda mengikuti seleksi dan dinyatakan lulus seleksi, maka selanjutnya anda diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang sebagai mahasiswa baru.

Pada saat melakukan registrasi ulang, anda akan diminta untuk melakukan pengisian data-data. Slah satu data yang harus anda isi yaitu biodata penghasilan orang tua yang bertanggung jawab membiayai kuliah anda.Hasil dari pengisian data-data tersebut digunakan oleh panitia dari UPI untuk menentukan besarnya biaya kuliah yang harus anda bayar. Maka dari itu, anda harus mengisi data secara jujur dan benar.

Biaya kuliah di UPI dibedakan berdasarkan jalur masuknya. Mahasiswa baru yang masuk ke UPI melalui jalur nasional (SNMPTN atau SBMPTN) akan membayar biaya kuliah lebih murah dibandingkan dengan mahasiswa baru lainnya yang lulus seleksi masuk UPI melalui jalur mandiri.

Biaya Kuliah UPI Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Biaya kuliah untuk jalur seleksi SNMPTN atau SBMPTN ditetapkan melalui Uang Kuliah Tunggal. (UKT). UKT dibayar didasarkan pada penghasilan orang tua dari mahasiswa yang bersangkutan. Informasi penghasilan orang tua tersebut diperolah dari data yang anda isi pada saat melakukan registrasi ulang.Setelah panitia melakukan penilaian terhadap data-data penghasilan orang tua tersebut, maka akan ditetapkan UKT untuk mahasiswa yang bersangkutan. UKT UPI tersebut dikelompokkan menjadi 6 kelompok.

Bagi orang tua dari mahasiswa yang memiliki penghasilan besar, maka UKT dari mahasiswa yang bersangkutan akan berada pada kelompok tinggi, dan bagi orang tua mahasiswa yang memiliki penghasilan kecil, maka UKT mahasiswa tersebut berada pada kelompok rendah. Jadi, dengan sistem UKT ini, pembayaran biaya kuliah akan lebih fleksibel dan terasa adil.
Sedangkan bagi calon mahasiswa yang benar-benar berasal dari keluarga kurang mampu, maka dapat mengajukan Bidikmisi agar biaya kuliahnya gratis selama masa studi normal. UKT jalur Bidikmisi ada di UKT I dimana biasa yang harus  biayar oleh mahasiswa penerima Bidikmisi ditanggung oleh Pemerintah.


Baca Juga:Passing Grade UI / Iniversitas Indonesia Terbaru

Biaya UKT UPI Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Setelah panitia penerimaan mahasiswa baru melakukan penilaian terhadap data-data calon mahasiswa terkait penghasilan orang tua, maka akan ditetapkan pula UKT untuk mahasiswa yang bersangkutan. UKT Universitas Pendidikan Indonesia sendiri dikelompokkan menjadi 6 kelompok.
Bagi orang tua mahasiswa yang memiliki penghasilan besar, maka UKT mahasiswa tersebut akan masuk dalam kelompok tertinggi, dan bagi orang tua mahasiswa yang memiliki penghasilan kecil, maka UKT mahasiswa bersangkutan akan masuk dalam kelompok UKT rendah. Dengan sistem seperti ini pihak Universitas Pendidikan Indonesia yakin pembayaran kuliah akan lebih fleksibel dan lebih adil lagi.



DAFTAR BIAYA PENDIDIKAN
BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
JALUR SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN)
TAHUN AKADEMIK 2020/2021











DAFTAR BIAYA PENDIDIKAN
BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
JALUR SELEKSI MANDIRI UPI (SM-UPI)
TAHUN AKADEMIK 2020/2021








DAFTAR BIAYA PENDIDIKAN
BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
JALUR PPA D3 MANDIRI
TAHUN AKADEMIK 2020/2021




Sumber diambil dari https://pmb.upi.edu/biaya-pendidikan/

Biaya Kuliah

Secara umum, biaya pendidikan di UPI berbeda-beda dan disesuaikan dengan jalur masuk yang dipilih oleh mahasiswa baru.
Misalnya untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN maka kisaran Uang Kuliah Tunggal  (UKT) yang harus dibayar yaitu mulai dari Rp500.000 hingga Rp7.800.000.
Sementara itu untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur SM – UPI (Seleksi Mandiri-UPI), biaya pendidikan yang harus dibayarkan memang sedikit berbeda. Biaya pendidikan yang dimaksud meliputi uang registrasi, biaya penyelenggaraan pembelajaran, biaya pengembangan fasilitas dan mutu akademik, dan dana pengembangan lembaga. Kisaran jumlah biayanya pun beragam mulai dari Rp18.400.000 hingga Rp38.000.000.

Beasiswa

Saat ini ada beberapa beasiswa yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, di antaranya yaitu:
  1. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
  2. Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)
  3. Beasiswa Bantuan Pendidikan Mahasiswa (BPM)
  4. Beasiswa Supersemar
  5. Beasiswa PT Gudang Garam
  6. Beasiswa PT Djarum
  7. Beasiswa Toyota Astra
  8. Beasiswa PT Aji Dharma Bhakti
  9. Beasiswa Yayasan Salim
  10. Beasiswa Bank Indonesia
  11. Beasiswa Yayasan Hutasoit
  12. Beasiswa Yayasan Santoso
  13. Beasiswa Japan Air Lines (JAL)
  14. Beasiswa Pindad
  15. Beasiswa Bank Negara Indonesia
  16. Beasiswa Bank Rakyat Indonesia, dan lain-lain.


Passing Grade UPI Bandung

ebelum pendaftaran penerimaan UPI 2020 alangkah baiknya harus mengetahui program studi UPI, dan juga harus mengetahui keketatan dalam memasuki suatu program studi tertentu.Untuk mengetahui keketatan suatu program studi, anda bisa menggunakan passing grade untuk membandingkan suatu prodi baik melalui pendaftaran SBMPTN (Ujian Tulis), SNMPTN (Undangan Raport), dan Seleksi Mandiri UPI.

Berikut ini merupakan daftar program studi dan Passing Grade UPI 2020 yang perlu Anda ketahui.


Nah, itu tadi adalah ulasan sepuar biaya pendidikan yang harus kamu bayarkan bagi seluruh calon mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tahun ajaran 2020/2021. Demikian informasi yang dapat Mamikos berikan tentang biaya kuliah upi, semoga informasi tersebut bermanfaat bagi kamu yang akan kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).


Penelusuran yang terkait dengan Biaya Kuliah Universitas Pendidikan Indonesia
  • beasiswa upi
  • ukt upi mahal
  • upi jakarta
  • snmptn upi bandung
  • fakultas upi bandung
  • pendaftaran upi
  • pendaftaran d3 keperawatan upi
  • biaya kuliah upi padang

Tidak ada komentar untuk "Biaya Kuliah UPI 2020/2021 (Universitas Pendidikan Indonesia) Beserta Passing Grade UPI Bandung"

Berlangganan via Email