Widget HTML Atas

Peluang Kerja dan Prospek Bagi Lulusan Sosiologi

kampungakreditas.web.id - Anda tertarik untuk masuk ke jurusan Sosiologi dan ingin mengetahui peluang Kerja Lulusan Sosiologi?
Sosiologi adalah ilmu sosial yang mampu mendeteksi gejala-gejala sosial yang terjadi di masyarakat analisis yang tajam dan menyelesaikan permasalahan dengan teori-teori yang dipelajarinya. Lulusan sarjana sosiologi sendiri akan mendapatkan gelar S.Sos.
Karena banyak perguruan tinggi menyelenggarakan jurusan ini tentu saja peluang dan lowongan kerja untuk program studi ini masih sangat terbuka lebar sekali. Berikut ini merupakan prospek kerja dari lulusan sosiologi yang perlu anda ketahui.

1. Konselor Sosiologi

Konselor membantu dalam mengeksplorasi perasaan emosi yang berhubungan dengan pengalaman hidup sehingga membantu klien untuk merefleksikan mempertimbangkan cara lain yang baikk dalam melakukan sesuatu. Dan lowongan pekerjaan untuk lulusan sosiologi ini masih sangat terbuka lebar.

2. Instansi Pemerintahan/PNS

Lulusan sosiologi masih sangat dibutuhkan oleh pemerintah untuk menjadi pegawai negeri sipil baik yang berhubungan langsung dengan dunia sosiologi maupun yang tidak berhubungan secara langsung. Seperti Kementrian Sosial, Dinas pendidikan , dan masih banyak lagi.

3. Pengajar/Dosen

Karena masih terbuka lebar untuk jurusan ini di berbagai perguruan tinggi, sehingga tak heran peluang untuk menjadi dosen ataupun tenaga pendidik sosiologi masih sangat terbuka lebar. Namun, jika menjadi dosen harus melanjutkan program S2 terlebih dahulu.

4. Peneliti Sosial

Peneliti sosial masih sangat terbuka lebar untuk lulusan sosiologi, pekerjaan ini merencanakan serta mengelola proyek penelitian sosial dengan menggunakan berbagai paket perangkat lunak komputer untuk mengumpulkan dan mengolah data informasi. Sehingga informasi data tersebut dilaporkan klien, baik dalam bentuk tertulisan atau presentasi lisan.

5. Wirausaha

Dengan berbagai kemampuan yang dimiliki oleh lulusan sosiologi tersebut tak heran jika mampu mendirikan sebuah usaha sendiri dengan gaji yang lumayan besar.

Tempat Kuliah Sosiologi

Untuk tempat perkuliahan dari program studi sosiologi ini terdapat di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di Indonesia. Seperti Sosiologi UGM, Sosiologi UI, dan masih banyak lagi.
Demikian informasi mengenai peluang kerja sosiologi yang perlu anda ketahui, dan sebernarnya masih banyak sekali lowongan kerja untuk lulusan sosiologi. Semoga informasi tersebut berguna untuk anda. Terima kasih dan jangan lupa untuk membagikan informasi ini melalui facebok twitter atau media sosial lainya.

1 komentar untuk "Peluang Kerja dan Prospek Bagi Lulusan Sosiologi"

Posting Komentar