Widget HTML Atas

Peluang Kerja dan Prospek Bagi Lulusan Teknik Mesin

kampungakreditas.web.id - Anda suka melakukan perhitungan? Apakah anda tertarik untuk masuk jurusan teknik mesin? Peluang kerja teknik mesin sangat banyak sehingga diminati oleh banyak orang.
Teknik Mesin merupakan ilmu yang mempelajari aplikasi dari prinsip fisika untuk desain mesin, manufaktur, analisis suatu mesin,dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik yang ada. Setiap hari berbagai mesin digunakan untuk membantu kehidupan manusia, seperti mesin pabrik, kendaraan motor, serta mesin yang bisa menjalankan dirinya sendiri (robot). Oleh karena itu lulusan teknik mesin sangat dibutuhkan oleh perusahaan – perusahaan besar.
Selain peminat dari jurusan teknik mesin yang banyak, ternyata sarjana teknik mesin mempunyai peluang untuk bekerja di berbagai bidang pekerjaan. Berikut ini merupakan prospek kerja teknik mesin yang perlu anda ketahui.

1. Perusahaan dan Industri

Perusahaan tentu membutuhkan seorang engineer teknik mesin untuk mengendalikan pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi menggunakan mesin – mesin dalam pabrik untuk dipantau. Perusahaan yang membutuhkan teknik mesin antara lain PT. UNILEVER, PT. PLN, Yamaha, Astra, dll.

2. Pertambangan

Suatu perusahaan tambang tentu membutuhkan ahli mesin untuk mengendalikan seluruh proses baik pengambilan dan pengolahan dari bahan tambang. Sehingga engineer teknik mesin dibutuhkan dalam hal ini baik di perusahaan nasional maupun internasional, seperti PT. Pertamina, Chevron, Freeport, dll.

3. Dosen

Lulusan teknik mesin dapat menjadi pengajar di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta, dan peluang untuk menjadi dosen minimal dengan menyelesaikan S2 masih sangat terbuka lebar karena jurusan teknik mesin masih sangat dibutuhkan.

4. Wirausaha

Dengan kemampuan yang dimiliki oleh lulusan teknik mesin, tak heran jika lulusan ini mampu mendirikan lapangan pekerjaan sendiri baik yang berhubungan langsung dengan teknik mesin maupun tidak. Misalnya membuka industri mobil, membuka industri perhotelan, menjadi desainer mekanik, dll.

5. Instansi Pemerintah

Peluang bekerja di pemerintahan bisa juga dilakukan oleh lulusan teknik mesin seperti di departemen pemerintahan pusat riset dan pengembangan teknologi milik pemerintah antara lain IPTN dan BPPT.

Tempat Kuliah Prodi Teknik Mesin

Untuk teknik mesin sendiri bisa berada di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. Bahkan hampir setiap perguruan tinggi yang terdapat ilmu teknik pasti membuka jurusan teknik mesin. Antara lain yaitu Teknik Mesin ITB (FTMD ITB), teknik mesin ITS, teknik mesin UI, dan masih banyak lagi.
Demikian informasi mengenai prospek kerja lulusan teknik mesin yang perlu anda ketahui. Semoga informasi tersebut berguna dan bermanfaat untuk anda. Walaupun sebenarnya peluang teknik mesin sangat banyak sekali. Terima kasih dan jangan lupa untuk membagikan informasi baik lewat facebook twitter ataupun media sosial lainya.

Tidak ada komentar untuk "Peluang Kerja dan Prospek Bagi Lulusan Teknik Mesin"