Widget HTML Atas

Peluang Kerja dan Prospek Bagi Lulusan Teknik Elektro

kampungakreditas.web.id - Peluang Kerja Teknik Elektro baik di Indonesia dan dunia masih sangat terbuka lebar dengan gaji yang tergolong besar.
Setiap saat semua manusia di bumi menggunakan listrik untuk berbagai keperluan kehidupan baik untuk hiburan maupun perkerjaan. Ilmu Kelistrikan dikenal juga sebagai elektronika dan di perguruan tinggi jurusan kuliah yang membahas tentang kelistrikan ini adalah jurusan/program studi teknik elektro.
Jurusan Teknik Elektro mempelajari tentang listrik arus kuat arus lemah atau listrik searah dan bolak-balik dan selain itu bidang elektronika tidak lagi sederhana sehingga secara lebih luas program studi Teknik Elektro merupakan bidang ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari sifat-sifat elektron dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari mencakup hampir seluruh bidang yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi listrik.
Pendidikan program Teknik Elektro dengan bidang sangat luas dapat dipecah menjadi berbagai konsentrasi diantaranya teknik tenaga listrik, teknik sistem kendali, teknik telekomunikasi, teknik instrumentasi, teknik komputer, teknik elektronika. Dimana dari berbagai konsentrasi tersebut saling berkaitan satu dengan lainya.

Peluang Kerja Teknik Elektro yang perlu anda ketahui.

Teknologi yang semakin cepat dan sangat diperlukan membuka peluang yang semakin luas untuk lulusan jurusan teknik elektro untuk mengisi posisi-posisi penting yang membutuhkan keterampilan di bidang elektronika.
Beberapa pekerjaan yang dapat di kerjakan oleh lulusan teknik elektro misalnya: tenaga pengajar (dosen teknik elektro), teknisi telekomunikasi, teknisi radar, sonar dan navigasi, teknisi selular, teknisi network system dan masih banyak lainnya yang perlu anda ketahui.
Untuk dunia kerja yang dapat diperoleh lulusan jurusan teknik elektro antara lain sebagai berikut:

1. DOSEN

Teknik elektro bisa memiliki peluang untuk menjadi tenaga pendidik seperti Guru SMK jurusan Listrik, Instalasi Listrik, Audio Video, Elektronika Industri dan selain itu lulusan program studi teknik elektro bisa menjadi dosen pada jurusan teknik elektro maupun jurusan keteknikan lain.

2. Pegawai Negeri

Peluang kerja bagi lulusan jurusan teknik elektro sebagai pegawai negeri sipil terdapat bidang energi dan sumber daya mineral antara lain di Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, juga dapat bekerja di Kementrian.

3. Badan Usaha Milik Negara

Jurusan Teknik Elektro dapat bekerja di badan-badan usaha milik negara yang utamanya berhubungan dengan energi dan telekomunikasi antara lain PLN, PT Pertamina, PT Telkom, Telkomsel dan perusahaan lainnya.

4. Sektor Swasta

Peluang kerja lulusan teknik elektro di sektro swasa sangat luas untuk perusahaan yang berkaitan dengan telekomukasi misalnya telkomsel, indosat, depkominfo, telkom, xl axiata, dan lain-lain. Selain itu prospek kerjateknik elektro juga dapat bekerja di perusahaan bebasis pengembangan komputer baik software dan hardware untuk dunia yang lebih melek akan teknologi.

5. Wirausaha

Bekerja mandiri atau mendirikan lapangan kerja merupakan pilihan yang sangat relevan bagi lulusan teknik elektro karena mereka dibekali kemampuan untuk berhadapan langsung dengan masalah kelistrikan dan komputer. Lulusan jurusan ini dapat menjadi Instruktur atau tutor Ketenagalistrikan/Energi Listrik, Mengembangkan bisnis Start Up, Instalasi Listrik, Elektronika Industri dan masih banyak lagi.

6. Software Developer

Bukan hanya lulusan dari teknik informatika saja yang mampu mengembangkan perangkat lunak untuk kebutuhan pengembangan IOT (Internet of Things). Selain itu, lulusan elektro juga diharapkan mampu menguasai bahasa pemrograman untuk perangkat keras misalnya arduino.
7. System Engineer
8. Electrical Design Engineer
9. Project Engineer
10. Control Enginner

Tempat Kuliah Teknik Elektro

Untuk jurusan teknik elektro sendiri ada di Teknik Elektro ITB, Teknik Elektro UGM, Teknik Elektro ITS, Teknik Elektro UI, Teknik Elektro UNDIP, Teknik Elektro UNS, dan masih banyak lainnya terutama di kampus swasta seluruh Indonesia.
Demikian informasi tentang peluang kerja teknik elektro yang perlu anda ketahui serta sebenarnya masih banyak peluang lulusan elektro ini.
Semoga informasi tersebut berguna untuk anda semua dan terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Peluang Kerja dan Prospek Bagi Lulusan Teknik Elektro"