Widget HTML Atas

Peluang Kerja dan Prospek Bagi Lulusan Hubungan Internasional

Peluang Kerja Lulusan Hubungan Internasional – Seorang mahasiswa HI tentu saja mengerti tentang Ilmu Hubungan Internasional, dan lulusan HI bisa jadi pekerjaanya jalan-jalan keluar negeri karena lulusan ini menghasilkan diplomat luar negeri yang memiliki pekerjaan dengan gaji tinggi. Ilmu Hubungan Internasional bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu memahami, menjelaskan dan menganalisa berbagai fenomena hubungan internasional, serta dapat berperan secara aktif dalam berbagai bidang profesi yang relevan di bidang ini, baik di sektor pemerintahan, riset, pendidikan dan sektor lainnya, tingkat nasional maupun internasional.
Sangat tidak sedikit perguruan tinggi meluluskan Hubungan Internasional namun hanya sedikit peluang kerja sebagai diplomat yang tersedia. Namun jangan khawatir karena prospek kerja lulusan HI bukan hanya menjadi diplomat saja melainkan masih banyak pekerjaan lain. Berikut ini ulasan singkat mengenai peluang kerja lulusan Hubungan Internasional yang perlu anda cermati.

Bekerja di Perusahaan

Tamatan Hubungan Internasional bisa bekerja di perusahaan swasta sebagai pegawai, peneliti pasar dan lainnya. Perusahaan yang berskala internasional atau besar adalah pilihan yang menjanjikan untuk perkembangan karir dan menawarkan gaji amat tinggi. Misalnya perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia, misalnya Ford, Honda, Samsung, dan lain-lain.

Bekerja di Instansi Pemerintahan
Prospek kerja jurusan HI adalah Diplomat, instansi pemerintahan yang membutuhkan diplomat ialah Kementrian Luar Negeri yang termasuk didalamnya yaitu Kedutaan Besar, Konsulat, dan Atase. Selain itu juga bisa berada di lembaga pemerintahan yang memiliki relasi langsung dengan lembaga-lembaga di luar negeri yakni badan penanaman modal.

Bekerja sebagai Dosen, Akademisi dan Peneliti

Peluang kerja sebagai dosen dan akademisi bagi seorang lulusan jurusan Hubungan Internasional umumnya ada di lembaga pemerintah atau perguruan tinggi dan tenaga seorang dosen Hubungan Internasional juga bisa menjadi akademisi setelah mengambil pendidikan pascasarjana.

Pekerjaan Hubungan Internasional sangat Luas

Bidang pekerjaan lain yang untuk lulusan Hubungan Internasional misalnya sebagai Birokrat, Jurnalis Media Massa, Bankir, Pelaku bisnis Transnasional, Politisi atau asisten politisi, Konsultan Internasional, Pegawai Bank, dan Wirausaha.
Untuk program studi Hubungan internasional sendiri banyak berada di Universitas baik negeri maupun swasta, seperti Hubungan Internasional UI, HI UGM, Hubungan Internasional Unpad, dan masih banyak lagi.
Demikian informasi mengenasi prospek kerja lulusan hubungan internasional yang perlu anda ketahui dan mungkin akan anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk membagikan ini baik lewat facebook, twitter, maupun media lainya.

Tidak ada komentar untuk "Peluang Kerja dan Prospek Bagi Lulusan Hubungan Internasional"