Widget HTML Atas

Peluang Kerja dan Prospek Bagi Lulusan Teknik Pertambangan [Mining Engineering]

Peluang Kerja Lulusan Teknik Pertambangan [Mining Engineering]. Teknik Pertambangan merupakan salah satu ilmu teknik yang mempelajari bahan galian/sumberdaya mineral, minyak, gas bumi, dan batubara serta cara mengeksplorasi dan mengeksploitasi bahan tambang.
Dalam kehidupan sehari – hari barang tambang sangat diperlukan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga seperti besi, minyak, pasir, dan masih banyak lagi. Sehingga tak heran banyak orang menginginkan kuliah di teknik pertambangan karena gajinya yang sangat besar. Berikut ini merupakan ulasan singkat tentang peluang kerja dari lulusan teknik pertambangan yang perlu anda ketahui.

Lulusan Pertambangan di Instansi Pemerintahan dan BUMN

Lulusan program studi teknik pertambangan bisa bekerja di Kementrian Perdagangan dan Perindustrian, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementrian Dalam Negeri, dan lain-lain. Selain itu lulusan ini bekerja di BUMN yang bergerak dalam bidang pertambangan antara lain Perum Gas Negara, PT. ANTAM Aneka Tambang), PT.Bukit Asam, Pertamina, PLN, PT. Timah.

Lulusan Pertambangan sebagai Peneliti/Dosen

Saat ini perguruan tinggi yang membuka jurusan teknik pertambangan masih sedikit dan kebutuhan bahan tambang di Indonesia masih jauh dari sedikit, karena itu lulusan teknik tambang untuk menjadi dosen di berbagai perguruan tinggi di Indonesia masih sangat banyak.

Teknik Pertambangan di Perusahaan Pertambangan Swasta

Perusahaan swasta yang menawarkan gaji besar yang bergerak di pertambangan di Indonesia adalah Persero Batubara, Mobil Oil, PT. Berau Coal, PT. Tambang Aspal Buton KODECO, Exon Mobile, Petrochina, Union Oil Indonesia, PT. INCO, PT. Semen Tonasa, PT. Bosowa Mining, PT. Hemako, PT. Freeport, Santa Fee, United Tractors, PT. Newmont, PT. Tanito Harum, PT. Adaro, PT. Hemako, PT.NAL, PT Berau Coal, dan masih banyak lagi.

Wiraswasta Teknik Tambang

Lulusan teknik pertambangan juga bisa mengembangkan usahanya sendiri dengan kemampuan yang dimiliki seperti membuka perusahaan pengolahan minyak dan gas bumi.
Untuk tempat perguruan tinggi jurusan ini berada antara lain di teknik pertambangan ITB, Sekolah Tinggi Energi & Mineral, teknik pertambangan unsri [Universitas Sriwijaya], teknik pertambangan UPN dan masih banyak lagi.
Demikian informasi mengenai peluang kerja jurusan teknik pertambangan yang perlu anda ketahui. Sebenarnya masih banyak sekali peluang kerja teknik pertambangan ini. Semoga bermanfaat dan berguna untuk teman – teman pembaca serta jangan lupa untuk membagikan lewat facebook maupun twitter.

Tidak ada komentar untuk "Peluang Kerja dan Prospek Bagi Lulusan Teknik Pertambangan [Mining Engineering]"