Widget HTML Atas

Peluang Kerja dan Prospek Bagi Lulusan Biologi

Peluang Kerja Lulusan Biologi – Biologi adalah ilmu alam yang mempelajari makluk hidup yang ada di alam beserta struktur, fungsi, penerapan, dan berbagai taksonomi yang ada. Dan biologi merupakan ilmu yang ada dalam kehidupan sehari – hari kita, seperti dalam tubuh kita, alam yang ada disekitar kita, dan masih banyak lagi.
Banyak orang menganggap program studi ini hanya sebagai pengajar/guru biologi, namun sebenarnya banyak sekali lowongan kerja di bidang lain. Selain jurusan biologi banyak peminatnya, ternyata prospek dan peluang kerja lulusan biologi ini sangat luas sekali. Berikut ini merupakan beberapa prospek kerja lulusan biologi yang perlu anda ketahui.

1. Dosen Biologi

Lulusan biologi tentu masih sangat dibutuhkan sebagai pengajar di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di Indonesia. Dengan minimal lulus program S2 terlebih dahulu maka bisa mendaftar menjadi dosen.

2. Perusahaan

Untuk lulusan biologi bisa juga bekerja di perusahaan industri pangan seperti PT Campina,PT Nestle Indonesia, PT. Indofood, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk, PT MEMTITO Indonesia, dan masih banyak lagi.

3. Peneliti

Peneliti bisa dikerjakan oleh para lulusan biologi, baik dalam penelitian kesehatan, pertanian, penelitian pengobatan dan bahkan terhadap industri pangan. Dengan berbagai penelitian yang dihasilkan akan bisa mendapatkan penghargaan dan mendapatkan gaji yang besar.

4. Pemerintahan

Di lembaga pemerintahan lulusan biologi masih dibutuhkan diberbagai bidang kementrian, seperti Kementrian Perikanan, Kementrian Pertanian, dan masih banyak lagi. Misalnya di Badan Lingkungan Hidup (BLH), LIPI, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan lain – lain.

5. Wirausaha Biologi

Dengan kemampuan yang dimiliki oleh seorang lulusan biologi, tak heran jika dengan mendirikan berbagai lapangan pekerjaan bisa dilakukan oleh lulusan jurusan biologi. Misalnya mendirikan sebuah usaha perikanan, usaha restoran, dan masih banyak lagi.

Tempat Kuliah Biologi

Untuk program studi biologi sendiri, biasanya setiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta menyelenggarakan jurusan ini terdapat di fakultas MIPA, bahkan jurusan ini ada yang terdapat di Fakultas Biologi. Misalnya Biologi UI, Biologi Unpad, Biologi IPB, Biologi ITS dan masih banyak lagi.
Demikian informasi mengenai peluang kerja lulusan biologi yang perlu anda ketahui, walaupun sebenarnya masih banyak prospek kerja dari sarjana biologi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, terima kasih dan jangan lupa untuk membagikan lewat facebook twitter dan media sosial lainya.

Tidak ada komentar untuk "Peluang Kerja dan Prospek Bagi Lulusan Biologi"