Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNSAM Universitas Samudera 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UNSAM Universitas Samudera – Satu lagi sebuah lembaga pendidikan tinggi yang ada di daerah Aceh. Universitas Samudra adalah sebuah universitas yang bermula dari sebuah universitas swasta di Kota Langsa, Aceh Timur. Universitas ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Samudra. Sebelum akhirnya menjadi sebuah universitas negeri segala sistem pendidikan dan sistem pembayaran biaya kuliah UNSAM tentu saja bergantung pada kebijakan yayasan. Pendirian Universitas ini mulai dirintis sejak tahun 1963 ketika AL-Jamiatul Wasliyah Aceh Timur mendirikan lembaga perguruan tinggi. Lembaga itu masih berupa Fakultas Ekonomi yang juga berafiliasi pada Universitas Al Washliyah Medan.
Hingga kemudian beberapa tokoh masyarakat yang juga bekerja sama dengan pemerintah daerah memutuskan untuk membuka sebuah perguruan tinggi dengan langkah awal mendirikan Yayasan Perguruan Tinggi Samudra. Sebagai sebuah perguruan tinggi yang berada di bawah naungan yayasan, pembayaran uang kuliah UNSAM tentu berbeda dengan universitas lain. Apalagi waktu itu, sistem pembayaran uang kuliah masih belum diefektifkan seperti sekarang ini. Selanjutnya, yayasan kemudian juga melakukan kerja sama dengan Universitas Syiah Kuala diawali dengan konsultasi antara rektornya. Untuk kebutuhan pengembangan, yayasan juga menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Sumatera Utara.

Hasil dari kerja sama ini adalah dibolehkannya 66 orang mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikannya dan menjadi sarjana pertama Fakultas Ekonomi. Tahun selanjutnya, yaitu tahun 1976, dua sekolah tinggi kembali dibuka. Dua sekolah tinggi tersebut adalah Sekolah Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (STHPM) dan Sekolah Tinggi Ekonomi (STE). Hingga akhirnya dua sekolah tinggi tersebut melebur menjadi Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi.

Setelah beberapa kali penambahan fakultas melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, akhirnya pada tahun 2013 berdasarkan PerPres No 37 tahun 2013 ditetapkanlah Universitas Samudra sebagai perguruan tinggi negeri. Setelah ditetapkan sebagai perguruan tinggi negeri, tentu saja semua sistem dalam lembaga pendidikan tinggi ini pun berubah. Mulai dari sistem penerimaan mahasiswa baru, sistem perkuliahan hingga sistem pembayaran biaya kuliah UNSAM pun turut berubah. Dalam sistem penerimaan mahasiswa baru misalnya, sesuai instruksi dari pemerintah pusat, bahwa penerimaan mahasiswa baru harus dilakukan dalam beberapa tahap dan jalur penerimaan.

Jalur penerimaan tersebut antara lain jalur SNMPTN yang menjadikan prestasi akademik sebagai bahan acuan. Lalu ada juga jalur SBMPTN yang dilakukan melalui tes tertulis dan dilaksanakan serentak secara nasional hingga yang terakhir adalah jalur masuk mandiri yang berbeda tergantung universitas. Pembayaran biaya kuliah Universitas Samudra secara otomatis juga mengikuti.
Pembayaran biaya kuliah UNSAM yang awalnya ditetapkan berdasarkan kebijakan yayasan kini mulai berubah. Sebagai Universitas Negeri, pembayaran biaya kuliah Universitas Samudra tentu saja harus menyelaraskan dengan sistem yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu dengan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Yang mana, setiap mahasiswa hanya bisa melakukan pembayaran uang kuliah sekali dalam satu semester.

Biaya Kuliah UNSAM Universitas Samudera

Biaya UKT UNSAM (Universitas Samudera)

Pendaftaran Online UNSAM Universitas Samudera

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online UNSAM sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNSAM Jalur Mandiri.
Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNSAM : SPMB UNSAM, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSAM, Pendaftaran UNSAM Online, Pendaftaran Online UNSAM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSAM, Cara dan Panduan Pendaftaran UNSAM, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri UNSAM.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Seleksi Masuk UNSAM Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di UNSAM secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website https://pmb.unsam.ac.id/.
Sekian informasi biaya kuliah UNSAM yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di UNSAM ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus UNSAM. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain.

Seperti biaya kuliah UNRI, biaya kuliah UNJA, biaya kuliah UNIB, biaya kuliah UNSRI, biaya kuliah UNIMED, biaya kuliah UNAND, biaya kuliah UNILA, biaya kuliah USU, biaya kuliah UBB, biaya kuliah UTU, biaya kuliah UNSAM, biaya kuliah UNIMAL, biaya kuliah UNSYIAH dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat bagi anda semua.
pengumuman ukt unsam, biaya jalur mandiri di unsam, cara cek biaya uang kuliah unsam, http /ukt unsam ac id, ukt un

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNSAM Universitas Samudera 2019/2020"