Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNIPA Universitas Negeri Papua 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UNIPA Universitas Negeri Papua – Universitas Negeri Papua yang biasah disingkat dengan UNIPA merupakan sebuah Perguruan Tinggi yang berada didaerah Jl. Gunung Salju, Amban, Manokwari, Papua Barat, Indonesia. Universitas ini awal berdiri pada tanggal 10 November 1962 akan tetapi waktu itu masih sebagai FPPK UNCEN, pada tanggal 07 September 1982 di ubah lagi menjadi FAPERTA UNCEN.
Atas nama Menteri Pendidikan Nasional, pada hari sabtu tanggal 28 Juli 2011 FAPERTA UNCEN di ubah dan diresmikan menjadi Perguruan Tinggi Universitas Papua. Berdasarkan dengan Peraturan presiden (PERPRES) Republik Indonesia Nomor 155 Tahun 2014 Universitas negeri Papua resmi bernama Universitas Papua, Universitas Papua merupakan salah satu pengembangan dari Fakultas pertanian Universitas Cendrawasih.
Dalam perkembangannya Universitas Papua memiliki tiga Kampus Unggulan yang tersebar di Provinsi Papua barat, yang terdiri dari,
  • Kampus Utama, kampus utama ini berada di Kelurahan Amban kabupaten manokwari. Berjarak sekitas 5 Km sebelah utara Kota manokwari, berhadapan langsung dengan Samudera pasifik dengan ketinggian sekitas 110 meter di atas permukaan laut. UNIPA memiliki lahan seluas 603,9 ha.
  • Kampus Kedua, kampus ini merupakan hail dari kerja sama antara pihak UNIPA dan Pemerintah kabupaten Sorong yang diresmikan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 10 Mei 2014 di Aimas kabupaten Sorong. Kampus ini memiliki lahan seluas 200 ha.
  • Kampus ketiga, kampus ini merupakan Universitas Papua yang berkonsentrasi pada perikanan, kelautan,, dan Pariwisata. Kampus ini berada di daerah Waisai, kabupaten kepulauan Raja Ampat dengan lahan seluas 20 ha.
  •  
Dalam penerimaan calon mahasiswa baru di Universitas Papua (UNIPA) membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru, yang terdiri dari:
  1. Jalur SNMPTN, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi siswa/siswi yang ber prestasi yang mengacu pada nilai rapor dan prestasi yang relevan.
  2. Jalur SBMPTN, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia yang bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa yang kualitas unggul.
  3. Jalur Bidikmisi, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa yang hanya diperutukkan bagi siswa/siswi kurang mampu dalam hal ekonomi akan tetapi memiliki nilai akademik yang bagus dan mempunyai niat untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di UNIPA.
  4. Jalur Sesama UNIPA, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru dengan mengikuti ujian seleksi yang bertujuan untuk memberi kesempatan kesemua calon mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di UNIPA.

Biaya Kuliah UNIPA Universitas Negeri Papua

Pendaftaran Online UNIPA Universitas Negeri Papua

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online UNIPA sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNIPA Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNIPA : SPMB UNIPA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIPA, Pendaftaran UNIPA Online, Pendaftaran Online UNIPA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru [KAMPUS], Cara dan Panduan Pendaftaran UNIPA, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri UNIPA.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)
Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Masuk UNIPA Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di UNIPA secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website http://unipa.ac.id.
Sekian informasi biaya kuliah UNIPA yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di UNIPA ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus UNIPA. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain. Semoga bermanfaat bagi anda semua.
biaya kuliah unipa, pendaftaran beacukai manokwari papua barat, UNIPA, unipa manokwari, biaya kuliah unipa 2018, daftar kampus yang masih buka pendaftaran di papua, tabel biaya spp fakultas uncen per satu semester, uang masuk kuliah di unipa sorong, biaya kuliah papua, biaya kuliah di unipa

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNIPA Universitas Negeri Papua 2019/2020"