Senin, 24 September 2018

Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNILA Universitas Lampung 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UNILA Universitas Lampung – Terdapat sedikit perbedaan antara biaya kuliah UNILA dengan biaya di universitas lain meskipun masih sama-sama menggunakan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal). Sebelum membahas mengenai perbedaan tersebut marilah kita mengenal sejarah di belakang berdirinya UNILA. UNILA atau merupakan kepanjangan dari Universitas Lampung merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Universitas Lampung adalah perguruan tinggi di provinsi Lampung yang paling tua. Universitas Lampung memulai sejarah kehidupannya sejak tahun 1959.
Sejarah UNILA berawal dari pembentukan P3SL (Panitia Pendirian dan Perluasan Sekolah Lanjutan). Setahun berselang dibukalah Sekretariat Fakultas Ekonomi Hukum Sosial atau FEHS. FEHS mulai melebarkan sayap dengan menjadi cabang FH Unsri sesuai dengan SK Presiden Universitas Sriwijaya. Setelah bertahun-tahun berada dibawah Universitas Sriwijaya, pada tahun 1965 kesempatan datang kepada masyarakat Lampung. Sesuai dengan SK Menteri Nomor 195 tahun 1965 tepatnya pada tanggal 23 September 1965 Universitas Lampung resmi dibuka. Saat itu UNILA berdiri dengan memiliki dua buah fakultas. biaya kuliah Universitas Lampung dari dua fakultas tersebut tentu saja berbeda.
Jika biaya kuliah UNILA memiliki perbedaan yang mencolok dengan Universitas lain di Indonesia tidak berarti dengan sistem pendaftaran mahasiswa baru di UNILA. Sistem pendaftaran yang digunakan masih sama dengan yang lain yaitu dengan menggunakan sistem SNMPTN dan SBMPTN serta ujian mandiri. SNMPTN dilakukan secara serentak seluruh Indonesia yaitu sebelum ujian nasional dilaksanakan. Pendaftarannya pun dilakukan oleh pihak sekolah bukan sang calon mahasiswa baru sendiri.

Seleksinya dilakukan di pusat pemerintah berdasarkan hasil rapor. SBMPTN masih sama dilakukan serentak seluruh Indonesia namun dengan sistem yang berbeda. Seleksi dilakukan dari hasil tes masing-masing calon mahasiswa. Terakhir adalah dengan seleksi UML atau Ujian Masuk Lokal.
Biaya Kuliah Universitas Lampung sedikit berbeda dengan yang lain. Jika universitas lain hanya menjalankan sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal yang dibayarkan tiap semester, UNILA mempunya satu sistem lagi yaitu BKT atau Biaya Kuliah Tunggal. BKT adalah sejumlah biaya kuliah UNILA yang harus dibayarkan pada awal perkuliahan. Besaran jumlah nilai yang harus dibayar tergantung dari fakultas masing-masing. Fakultas dengan biaya BKT terendah adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan nilai Rp 4.214.000,-. Sedangkan fakultas dengan nilai tertinggi adalah Fakultas Kedokteran dengan nilai BKT Rp 12.694.000,-
Selanjutnya adalah UKT atau Uang Kuliah Tunggal. UKT ini merupakan biaya kuliah UNILA yang dibayarkan setiap semesternya secara berkala hingga lulus kuliah. UKT memiliki beberapa golongan yaitu golongan I-V. Golongan yang paling rendah adalah golongan I dengan biaya Rp 0,- alias gratis. Sedangkan golongan tertinggi adalah golongan V dengan nominal hingga Rp 12.380.000,- sesuai dengan kebijakan pada fakultas masing-masing calon mahasiswa.

Biaya Kuliah UNILA Universitas Lampung

Biaya UKT & BKT UNILA (Universitas Lampung)


Pendaftaran Online UNILA Universitas Lampung

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online UNILA sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNILA Jalur Mandiri.
Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNILA : SPMB UNILA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNILA, Pendaftaran UNILA Online, Pendaftaran Online UNILA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNILA, Cara dan Panduan Pendaftaran UNILA, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri UNILA.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Seleksi Masuk UNILA Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di UNILA secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website http://registrasi.unila.ac.id/.
Sekian informasi biaya kuliah UNILA yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di UNILA ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus UNILA. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain.

biaya kuliah di unila, kalender fakultas hukum unila 2019, ukt um mandiri unila, pendaftaran universitas Unila tahun 2019, biyaya universitas lampung, Biaya kuliah unila 2019 jalur sbmptn, biaya kuliah kedokteran universitas lampung, biaya kuliah jalur mandiri unila 2019, biaya kuliah di universitas lampung, biaya jalur mandiri fakultas kedokteran unila

loading...