Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNAND Universitas Andalas 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UNAND Universitas Andalas – Sebelum membahas jalur masuk dan biaya kuliah UNAND, sebaiknya kita mengetahui sejarah UNAND itu sendiri. UNAND atau Universitas Andalas adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Sumatera Barat. Jika kita melihat kilas balik sejarah berdirinya UNAND kita akan mengetahui bagaimana perjuangan para anak bangsa dalam meraih hak pendidikannya. Keinginan untuk mendirikan perguruan tinggi ini berawal sejak diproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, namun ide ini baru terealisasi pada tahun 1948 dengan dibangunnya 6 akademi pertama di Bukit Tinggi. Atas keberhasilan kinerja 6 akademi tersebut, pihak yayasan pendidikan Sriwijaya kemudian mendirikan Balai Perguruan Tinggi Hukum Pancasila atau BPTHP yang ada  di Padang, tanggal 17 Agustus 1951.

Kemudian seiring berjalannya waktu BPTHP menyerahkan wewenangnya kepada pemerintah. Oleh pemerintah BPTHP berganti menjadi Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat. Selanjutnya, pemerintah menambahkan 4 fakultas lain, yang berada dalam naungan Perguruan Tinggi Negri Pertanian pada tanggal 30 November 1954. Kelima fakultas inilah yang menjadi cikal bakal dari Universitas Andalas (UNAND), yang secara resmi didirikan pada tanggal 13 September 1956. Namun baru dibuka secara resmi pada tahun 1958 oleh Wakil Presiden, Drs. Mohammad Hatta. Nah, itulah sejarah singkat mengenai USU, selanjutnya kita akan membahas mengenai mekanisme penerimaan mahasiswa dan biaya kuliah UNAND.
Hingga saat ini, UNAND terus berkomitmen untuk ikut serta dalam membangun negri melalui pintu pendidikan. Setiap tahun Universitas Andalas selalu membuka penerimaan mahasiswa baru. Bagi Anda yang berminat kuliah disini, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui menyangkut alur penerimaan mahasiswa dan biaya kuliah UNAND. Sebagai salah satu perguruan tinggi negri di Indonesia, UNAND membuka penerimaan mahasiswa baru melalui beberapa jalur, diantaranya:

Jalur SNMPTN & SBMPTN
Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan SNMPTN, jalur ini merupakan tahap seleksi tanpa tes tertulis, karena mekanisme penerimaannya hanya menggunakan prestasi akademik dari nilai rapor para calon mahasiswa baru. Jadi untuk lolos seleksi ini, Anda harus bersaing dengan calon mahasiswa lain melalui peringkat nilai rapor akademik. Jadi pastikan nilai Anda bagus. Seandainya Anda tidak lolos jalur SNMPTN, Anda masih bisa masuk UNAND melalui jalur SBMPTN. Jalur ini ditempuh dengan tahap ujian tertulis skala nasional. Jadi, tidak heran jika biaya kuliah Universitas Andalas melalui jalur ini lebih terjangkau.

Pendaftaran KBI (Kelas Berbahasa Inggris)
Jalur selanjutnya adalah Pendaftaran KBI. KBI sendiri dirancang khusus untuk program kelas reguler, dimana proses pembelajarannya menggunakan bahasa Inggris. Namun untuk mata kuliah tertentu seperti agama, Pancasila dan bahasa Indonesia tidak menggunakan bahasa inggris sebagai pengantarnya.

Bidikmisi UNAND
UNAND sendiri juga menyelenggarakan program bidikmisi bagi calon mahasiswa baru yang dirasa memenuhi syarat, yaitu dari golongan yang tidak mampu. Melalui program ini, Anda akan mendapatkan bantuan biaya kuliah UNAND dan biaya hidup selama kuliah. Jadi jika Anda lolos, tidak perlu memikirkan biaya kuliah Universitas Andalas lagi.

Biaya Kuliah UNAND Universitas Andalas

Biaya UKT UNAND (Universitas Andalas)

Pendaftaran Online UNAND Universitas Andalas

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online UNAND sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNAND Jalur Mandiri.
Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNAND : SPMB UNAND, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNAND, Pendaftaran UNAND Online, Pendaftaran Online UNAND, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNAND, Cara dan Panduan Pendaftaran UNAND, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri UNAND.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Seleksi Masuk UNAND Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di UNAND secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website http://pmb.unand.ac.id/.
Sekian informasi biaya kuliah UNAND yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di UNAND ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus UNAND. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain.

biaya kuliah universitas baiturrahmah, biaya kuliah andalas, biaya kuliah baiturrahmah 2018, biaya kuliah fakultas hukum unand, ukt pendidikan dokter universitas andalas, biaya kuliah universitas baiturrahmah padang 2019, biaya kuliah mandiri unand 2019, biaya kuliah jalur snptn unand fakultas hukum, biaya kuliah fakultas kedokteran unand, Biaya kedokteran UNAND D3 2019

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNAND Universitas Andalas 2019/2020"