Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah UIN SGD Sunan Gunung Djati Bandung 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah UIN SGD Sunan Gunung Djati Bandung – Bandung yang terkenal akan julukannya sebagai kota fashion memiliki banyak universitas berkualitas. Pentingnya kuliah di universitas berkualitas adalah agar lulusan menjadi bibit unggul dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional. Apabila menginginkan PTN yang berkualitas, silakan mendaftarkan diri di UIN Bandung. Terkenal akan biaya kuliah UIN Bandung yang sangat terjangkau, universitas ini sangat diminati oleh para lulusan SMA. Dilihat dari sejarahnya, PTN ini memang telah berdiri cukup lama. Ia telah dibangun sejak tanggal 8 April 1968. Berdirinya universitas ini tidak terlepas dari peran tokoh islam dan cendekiawan muslim serta masyarakat.
Bisa dikatakan, universitas ini takkan berdiri tanpa perjuangan tokoh-tokoh terdahulu. Salah satu toko yang memprakarsai ialah K.H Anwar Musaddad. Biaya kuliah Universitas Islam Negeri Bandung ini takkan memberatkan Anda. Sebab, biaya yang dibebankan untuk tiap mahasiswa yang berhasil diterima tidaklah berat. Bisa dikatakan biaya kuliah UIN Bandung tergolong murah diantara perguruan tinggi di Bandung. Sebelum mengetahui kisaran biaya universitas ini, wajib hukumnya mengetahui sejarah sekaligus cara seleksi penerimaan murid baru. Universitas yang kini diberi nama UIN Bandung ini dahulu diberi nama IAIN Sunan Gunung Djati.
Namun, setelah ada penambahan sarana dan prasarana serta pengembangan universitas, akhirnya diubahlah menjadi UIN Bandung. Pada awalnya hanya ada beberapa fakultas di universitas ini yaitu Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ushuludin dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Namun, seiring berjalannya waktu ditambah fakultas-fakultas lain seperti Fakultas Adab dan Fakultas Dakwah.

Selain biaya kuliah UIN Bandung murah, ada 5 cara yang bisa ditempuh untuk bisa kuliah di kampus favorit ini. Keempat cara merupakan tes nasional dan lainnya merupakan tes regular atau mandiri. Jalur nasional yang pertama adalah SPAN PT KIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jalur kedua adalah SNMPTN yaitu dengan menggunakan rapor sekolah.
Untuk jalur yang ketiga yaitu SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan tes tertulis dan terakhir adalah UM PT KIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Untuk jalur regular ini terbagi menjadi 3 jalur yaitu alur prestasi seni dan olahraga, jalur tahfidz Al Qur’an dan ujian Mandiri CBT.

Biaya kuliah Universitas Islam Negeri Bandung bervariasi. Penetapan biaya kuliah mahasiswa di UIN Bandung ini tidaklah sama antar mahasiswa. Hal ini disesuaikan dengan program studi yang diambil. Saat ini, sistem pembayaran per semesternya telah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal yang mana tidak memberatkan mahasiswa. Bahkan, Anda yang berasal dari keluarga tak mampu bisa mengajukan beasiswa bidik misi di sini. Calon mahasiswa kini tak perlu pusing dengan biaya kuliah UIN Bandung yang terbaru.

Biaya Kuliah UIN SGD Sunan Gunung Djati Bandung

Biaya Kuliah Fakultas Ushuluddin

Biaya Kuliah di Fakultas Ushuluddin
Program Studi Biaya
Aqidah dan Filsafat Rp. 1.387.000
Perbandingan Agama Rp. 1.387.000
Tafsir dan Hadits Rp. 1.387.000
Tasawuf Psikoterafi Rp. 1.387.000

Biaya Kuliah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Biaya Kuliah di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Program Studi Biaya
Kependidikan Islam Rp. 1.387.000
Pendidikan Agama Islam Rp. 1.387.000
Pendidikan Bahasa Arab Rp. 1.387.000
Pendidikan Bahasa Inggris Rp. 1.450.000
Pendidikan Matematika Rp. 1.637.000
Pendidikan Biologi Rp. 1.637.000
Pendidikan Fisika Rp. 1.637.000
Pendidikan Kimia Rp. 1.637.000
Pendidikan Guru MI Rp. 1.387.000
Pendidikan Guru RA Rp. 1.387.000

Biaya Kuliah Fakultas Syariah dan Hukum

Biaya Kuliah di Fakultas Syariah dan Hukum
Program Studi Biaya
Al-Ahwal Al-Syakhsiyah Rp. 1.387.000
Mu’amalah Rp. 1.387.000
Siyasah Rp. 1.387.000
Perb.Madzhab dan Hukum Rp. 1.387.000
Ilmu Hukum Rp. 1.450.000
Hukum Pidana Islam Rp. 1.387.000
Manajemen Keuangan Syari’ah Rp. 1.450.000

Biaya Kuliah Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Biaya Kuliah di Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Program Studi Biaya
Bimbingan dan Penyuluhan Islam Rp. 1.387.000
Komunikasi dan Penyiaran Islam Rp. 1.387.000
Manajemen Dakwah Rp. 1.387.000
Pengembangan Masyarakat Islam Rp. 1.387.000
Ilmu Komunikasi Jurnalistik Rp. 1.450.000
Ilmu Komunikasi Humas Rp. 1.450.000

Biaya Kuliah Fakultas Humaniora dan Budaya

Biaya Kuliah di Fakultas Humaniora dan Budaya
Program Studi Biaya
Sejarah dan Peradaban Islam Rp. 1.387.000
Bahasa dan Sastra Arab Rp. 1.387.000
Bahasa dan Sastra Inggris Rp. 1.450.000
D3 Terjemah Bahasa Inggris Rp. 1.666.000

Biaya Kuliah Fakultas Psikologi

Biaya Kuliah di Fakultas Psikologi
Program Studi Biaya
Psikologi Rp. 1.637.000

Biaya Kuliah Fakultas Sains dan Teknologi

Biaya Kuliah di Fakultas Sains dan Teknologi
Program Studi Biaya
Matematika Rp. 1.637.000
Biologi Rp. 1.637.000
Fisika Rp. 1.637.000
Kimia Rp. 1.637.000
Teknik Informatika Rp. 1.637.000
Pertanian Rp. 1.637.000
Teknik Elektro Rp. 1.637.000

Biaya Kuliah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Biaya Kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi Biaya
Administrasi Negara Rp. 1.450.000
Manajemen Rp. 1.450.000
Sosiologi Rp. 1.450.000

Pendaftaran Online UIN SGD (Sunan Gunung Jati) Bandung

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online UIN SGD Bandung sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UIN SGD Bandung Jalur Mandiri.
Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UIN SGD Bandung : SPMB UIN SGD Bandung, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN SGD Bandung, Pendaftaran UIN SGD Bandung Online, Pendaftaran Online UIN SGD Bandung, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN SGD Bandung, Cara dan Panduan Pendaftaran UIN SGD Bandung, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri UIN SGD Bandung.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)
Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Masuk UIN SGD Bandung Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di UIN SGD Bandung secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website https://pmb.uinsgd.ac.id/.

Sekian informasi biaya kuliah UIN SGD Bandung yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di UIN SGD Bandung ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus UIN SGD Bandung. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain. Seperti biaya kuliah ITB, biaya kuliah UPI, biaya kuliah IPB, biaya kuliah POLBAN, biaya kuliah POLMAN, biaya kuliah UNPAD, biaya kuliah UNSIKA, biaya kuliah UNSIL, biaya kuliah POLINDRA dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat bagi anda semua.
uin sgd 2019, biaya uin bandung, biaya masuk uin bandung 2019, biaya pmb uin sgd, biaya pendaftran uin jurusn pertanian, biaya mandiri uin bandung, biaya kuliah uin bandung jurusan psikologi, biaya jalur mandiri uin bandung, biaya fakultas ilmu komunikasi humas UIN Bandung, biaya di uin bandung

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah UIN SGD Sunan Gunung Djati Bandung 2019/2020"