Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah POLBAN Politeknik Negeri Bandung 2019/2020

Pendaftaran Online – Biaya Kuliah POLBAN Politeknik Negeri Bandung – Politeknik Bandung atau Polban merupakan salah satu perguruan tinggi advokasi yang berdiri sejak tahun 1982. Namun, pada saat itu, politeknik ini masih bernama Politeknik ITB. Pada tahun 1999 barulah politeknik ini berganti nama menjadi Politeknik Bandung. Apabila tertarik untuk berkuliah di politeknik ini, informasi biaya kuliah POLBAN adalah salah satu hal yang harus diketahui.
Sebelum membahas mengenai biaya kuliah Politeknik Negeri Bandung, ada satu hal penting yang wajib diketahui oleh siapa saja yang ingin mendaftarkan diri di perguruan tinggi negeri ini. Yaitu terkait ketentuan jalur masuknya. Tidak seperti perguruan tinggi umumnya, politeknik Bandung tidak mengadakan seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Proses seleksi mahasiswa baru diselenggarakan oleh pihak POLBAN sendiri. Para lulusan pelajar yang ingin mendaftar di politeknik Bandung bisa mendaftar melalui jalur ujian tulis atau reguler. Nantinya, para pendaftar diharuskan membayar biaya formulir pendaftaran yang nominalnya ditentukan oleh pihak POLBAN.
Pendaftar yang telah mengikuti rangkaian tes dari Politeknik Bandung selanjutnya harus membayarkan biaya perkuliahan sesuai dengan ketentuan biaya kuliah POLBAN. Walaupun dalam proses penerimaan mahasiswa barunya politeknik ini menerapkan cara yang berbeda dengan perguruan tinggi negeri lain, penentuan biaya perkuliahan untuk mahasiswa POLBAN tetap sama seperti PTN lain. Politeknik Bandung juga menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Sesuai ketentuan UKT untuk mahasiswa DII Non Rekayasa, DIII Rekayasa, DIV Rekayasa, dan DIV Non Rekayasa, biaya kuliah Politeknik Negeri Bandung memiliki nominal yang belum tentu sama. Selain itu, pembagian kelompok UKT juga lebih banyak yaitu hingga 8 level. Untuk kelompok 1 dan 2, satuan UKT masih sama pada DIII dan DIV. Sementara itu, mulai dari kelompok 3 hingga 8, nominal biaya sudah mulai berubah. Pada UKT kelompok 3 misalnya, mahasiswa DIII non rekayasa diwajibkan membayar biaya senilai Rp 3 juta. Sementara itu, mahasiswa DIII rekayasa diharuskan membayar biaya 1 juta rupiah lebih besar dibandingkan DIII non rekayasa, yaitu Rp 4 juta.
Semakin besar level UKT, semakin besar pula selisih antara mahasiswa rekayasa dan non rekayasa. Sebagai contoh, pada kelompok UKT 8, biaya kuliah POLBAN yang harus dibayarkan oleh mahasiswa DIV non rekayasa adalah Rp 8,5 jutaan. Selisih antara biaya DIV non rekayasa dengan DIV rekayasa adalah sekitar Rp 1,5 jutaan karena UKT DIV rekayasa adalah Rp 10 jutaan. Padahal, pada kelompok 3 UKT antara keduanya hanya berselisih Rp 1 jutaan dimana nominal DIV non rekayasa adalah Rp 3,5 jutaan dan DIV rekayasa adalah Rp 4,5 jutaan.

Penentuan kelompok UKT sendiri dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal. Sebagai contoh, untuk biaya kuliah POLBAN kelompok 1 dan 2, mahasiswa harus berasal dari keluarga kurang mampu berpenghasilan rendah serta orangtuanya berpendidikan maksimal S1/D4.

Biaya Kuliah POLBAN Politeknik Negeri Bandung

Biaya UKT POLBAN (Politeknik Negeri Bandung)

Pendaftaran Online POLBAN Politeknik Negeri Bandung

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online POLBAN sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk POLBAN Jalur Mandiri.
Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa POLBAN : SPMB POLBAN, Pendaftaran Mahasiswa Baru POLBAN, Pendaftaran POLBAN Online, Pendaftaran Online POLBAN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru POLBAN, Cara dan Panduan Pendaftaran POLBAN, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri POLBAN.

Seleksi Masuk POLBAN Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di POLBAN secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website http://smb.polban.ac.id/.

Sekian informasi biaya kuliah POLBAN yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di POLBAN ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus POLBAN. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain. Seperti biaya kuliah ITB, biaya kuliah UPI, biaya kuliah IPB, biaya kuliah POLMAN, biaya kuliah UIN Bandung, biaya kuliah UNPAD dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat bagi anda semua.
biaya masuk polban, biaya kuliah polban, syarat masuk polban, biaya polban, biaya kuliah smb polban, uang semwster di polban, biaya politeknik bandung, harga satu semester kuliah di polban, jurusan dan buaya di polban, pendaftaran polban bandung 2019

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah POLBAN Politeknik Negeri Bandung 2019/2020"